Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Nonbahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang

Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Nonbahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang

Ratings: (0)|Views: 1,517|Likes:
Published by Cahaya Senja

More info:

Published by: Cahaya Senja on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/06/2013

pdf

text

original

 
Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Nonbahasa danSastra Indonesia Universitas Islam Malang
 
 Budi Santoso
 
Abstrak:
Bahasa Indonesia yang bermutu ialah bahasa Indonesia yang bersih darikesalahan, baik kesalahan kaidah, logika maupun budaya. Dari beberapa skripsi yangdianalisis oleh penulis, ternyata mahasiswa tidak terlepas dari kesalahan kaidah tatabahasa. Untuk itu penulis menganggap perlu melakukan analisis yang berhubungandengan
 
“Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Skipsi Mahasiswa Jurusan Nonbahasadan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang”
dengan tujuan untuk mengidentifikasidan memperbaiki kesalahan dalam penyusunan kalimat efekif.Analisis ini mengkaji bagaimanakah bentuk kesalahan berbahasa dalam skripsimahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang dalam halpenyusunan kalimat efektif: (1) syarat kelengkapan, (2) syarat kesejajaran, (3) syaratkebernalaran, (4) syarat kecermatan, dan (5) syarat kegramatikalan. Adapun tujuan tujuankhusus penulisan artikel ini untuk mengkaji pemenuhan kelima syarat di atas.Pendekatan yang digunakan dalam analisis ini ialah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis analisisnya adalah analisis dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan metodedeskriptif dari segi penyajiannya dan metode isi dari segi analisis. Hasil analisis berupaperian dan perbaikan kesalahan penggunaan kalimat efektif yang telah dianalisis padabagian pembahasan. Sedangkan Saran yang disampaikan dalam artikel ini meliputi: (1)saran yang berkaitan dengan analisis selanjutnya, (2) saran yang berkaitan denganmahasiswa, dan (3) saran yang berkaitan dengan calon guru, guru atau dosen pengajarbahasa Indonesia.
Kata-kata Kunci: kalimat efektif, kelengkapan, kesejajaran, kebernalaran,kecermatan, kegramatikalan
 
PENDAHULUAN
 
Latar Belakang
Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulis. Artinya bahwa bahasaadalah suatu alat untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kemauan yang murnimanusiawi dan tidak instingtif, dengan pertolongan sistem lambang-lambang yangdiciptakan dengan sengaja (Prastyoningsih, 2001:22). Penyampaian informasi atau pesantersebut tentunya dengan menggunakan kalimat. Maka, agar pesan yang disampaikanoleh penutur dapat diterima oleh penerima hendaknya perlu memperhatikan penyusunankalimat efektif.Mahasiswa sebagai orang terpelajar telah mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk mempelajari penggunaaan kalimat efektif. Hal ini memiliki konskuensi, bahwa merekaharus mampu menggunakan bahasa baku dalam berbagai kepentingan yang bersifat resmi
 
baik tulis maupun lisan. Dalam hal ini, untuk menghasilkan karya ilmiah yang baik seperti skripsi, mahasiswa perlu menguasai penggunaan kalimat efektif. Hal ini wajarkarena tanpa kalimat yang efektif gagasan dan pikiran yang akan disampaikan penuliskepada pembaca bisa salah tafsir.Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yangmengungkapkan pikiran yang utuh (Alwi, 2003:311). Selanjutnya Werdiningsih(2006:77-78) menjelaskan bahwa kalimat adalah serangkaian kata yang tersusun secarabersistem sesuai dengan kaidah yang berlaku untuk mengungkapkan gagasan, pikiran,atau perasaan yang ralatif lengkap. Kesatuan kalimat dalam bahasa tulis dimulai daripenggunaan huruf kapital pada awal kalimat dan diakhiri dengan pengunaan tanda titik,tanda seru, atau tanda tanya pada akhir kalimat.Dalam pengertian itu, ciri bersistem dan lengkap sangatlah penting karena kehilangan ciriini akan menyebabkan rangkaian kata yang tersusun tidak memenuhi syarat sebuahkalimat. Rangkaian kata yang demikian tidak bisa mendukung gagasan, pikiran, atauperasaan yang akan disampaikan oleh penulis kepada orang lain. Dengan demikian,kalimat yang tersusun menjadi tidak efektif.Beberapa skripsi yang dianalisis penulis, ternyata mahasiswa tidak terlepas darikesalahan-kesalahan yang menyangkut penyusunan kalimat efektif baik syaratkelengkapan, kesejajaran, kebernalaran, kecermatan maupun kegramatikalan. Kesalahan-kesalahan ini dapat menimbulkan gangguan komunikasi. Lebih-lebih bila gagasan tidak terserap oleh pembaca akibat buruknya kalimat-kalimat yang ditulisnya.Selanjutnya Sumowijiyo dalam Widjayanti (2006:3-4) menjelaskan bahwa menguasaisuatu bahasa tentunya akan memahami kalimat-kalimat bahasa tersebut, karena berbahasaitu pada hakekatnya mengucapkan kalimat-kalimat. Kalimat yang diucapkan tadi harusdisusun menurut kaidah tata kalimat akan mudah dipahami oleh orang lain sebab kalimattersebut tersusun secara teratur dan masuk akal.Di sisi yang lain Samsuri dalam Sumowijoyo (1985:13) mengungkapkan bahwa dalamberbahasa mengucapkan kalimat-kalimat, untuk dapat berbahasa dengan baik, kita harusdapat menyusun kalimat yang baik. Untuk dapat menyusun kalimat yang baik, kita harusmenguasai kaidah tata kalimat (sintaksis). Hal ini disebabkan tata kalimat mendudukiposisi paling penting dalam ilmu bahasa.
Rumusan Masalah
 Penyusunan kalimat efektif perlu dipelajari secara optimal dikalangan mahasiswa selakuorang terpelajar. Sehingga, mereka dapat menggunakan kalimat efektif khususnya dalampenulisan skripsi agar maksud yang akan disampaikan mudah dipahami oleh pembaca.Kenyataan di lapangan masih banyak mahasiswa dalam menyusun skripsi tidak terlepasdari kesalahan-kesalahan yang menyangkut penyusunan kalimat efektif baik syaratkelengkapan, kesejajaran, kebernalaran, kecermatan maupun kegramatikalan. Kesalahan-
 
kesalahan ini dapat menimbulkan gangguan komunikasi. Lebih-lebih bila gagasan tidak terserap oleh pembaca akibat buruknya kalimat-kalimat yang ditulisnya.Analisis ini secara umum mengkaji bagaimanakah bentuk kesalahan berbahasa dalamskripsi mahasiswa jurusan nonbahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang.Sedangkan secara khusus bagaimanakah bentuk kesalahan berbahasa dalam skripsimahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang dalam halpenyusunan kalimat efektif: (1) syarat kelengkapan, (2) syarat kesejajaran, (3) syaratkebernalaran, (4) syarat kecermatan, dan (5) syarat kegramatikalan.
Tujuan
Secara umum tujuan analisis ini untuk mengkaji bentuk kesalahan kalimat dalam skripsimahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang.Sedangkan tujuan secara khusus dalam penulisan artikel ini antara lain: (1) untuk mengkaji bentuk kesalahan kelengkapan kalimat dalam skripsi mahasiswa jurusannonbahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang, (2) untuk mengkaji bentuk kesalahan kesejajaran kalimat dalam skripsi mahasiswa jurusan nonbahasa dan sastraIndonesia Universitas Islam Malang, (3) untuk mengkaji bentuk kesalahan kebernalarankalimat dalam skripsi mahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra Indonesia UniversitasIslam Malang, (4) untuk mengkaji bentuk kesalahan kecermatan kalimat dalam skripsimahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang, (5) untuk mengkaji bentuk kesalahan kegramatikalan kalimat dalam skripsi mahasiswa jurusannonbahasa dan sastra Indonesia Universitas Islam Malang.
METODE
 Dalam bagian ini dikemukakan berturut-turut tentang: (1) pendekatan dan jenis analisis,(2) objek analisis, (3) instrumen analisis, (4) pengumpulan data, (5) prosedurpengumpulan, dan (6) analisis data.
Pendekatan dan Jenis Analisis
 
Pendekatan Analisis
 Pendekatan merupakan cara mendekati, mengamati, menganalisis, dan menjelaskan suatufenomena yang berhubungan erat dengan tujuan penelitian (Widjayanti, 2006:28).Pendekatan yang digunakan dalam analisis ini adalah pendekakatn kualitatif. Pendekatankualitatif menyarankan bahwa analisis yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkanpada fakta yang ada pada skripsi mahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra IndonesiaUniversitas Islam Malang.
 Jenis Data
 Data yang ada pada skripsi mahasiswa jurusan nonbahasa dan sastra IndonesiaUniversitas Islam Malang merupakan suatu dokumen. Data inilah yang akan dikaji.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
paporiis liked this
Al Hufron liked this
Gina Mirati liked this
Ayuzawa Ovi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->