Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah

makalah

Ratings: (0)|Views: 32 |Likes:
Published by Masfan Jauhari

More info:

Published by: Masfan Jauhari on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

 
 0
MAKALAHMAKALAHMAKALAHMAKALAH
SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)
PADA MAN 1 KOTA SUKABUMIPADA MAN 1 KOTA SUKABUMIPADA MAN 1 KOTA SUKABUMIPADA MAN 1 KOTA SUKABUMI
DI SUSUN OLEH : SURYADI
MAN 1 KOTA SUKABUMI
Jln. Pramuka No. 04 Telp (0266) 227354 Kota Sukabumi
 
 1
PENERAPAN SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Dijaman era globalisasi dan perdagangan bebas yang akan segera diterapkan, sumberdaya manusia yang berkualitas menjadi syarat pokok untuk dapat bersaing .Dan untuk mendapatkan sumberdaya manusia yang berkualitas,lembaga Pendidikanmempunyai peran yang sangat vital dalam mencetak sumber daya manusia yangberkualitas dan mampu bersaing dijaman era globalisasi dan Perdagangan Bebas.Untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas memerlukan suatu sistempelayanan pendidikan yang berkualitas dan untuk itu semua pihak baik Pemerintah,Pemerintah daerah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan Masyarakat sekolah (stake holder ) harus bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya diMAN 1 Kota Sukabumi.Berdasarka peratuaran Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan Khususnya Standar Sarana dan Prasarana pasal 46 ayat (1) menjelaskanbahwa “ satuan pendidikan yang memiliki peserta didik, pendidik, dan/atau tenagakependidikan yang memerlukan layanan khusus, wajib menyediakan akses ke saranaprasarana yang sesuai dengan kebutuhan mereka”Untuk itu sekolah harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada siswa dan orangtua siswa seperti orang tua siswa/ wali murid dan siswa harus mendapatkan informasitentang perkembangan (proses belajar mengajar) siswa secara cepat, tepat dan akurat.Semakin cepat informasi sampai kepada orang tua atau walimurid dan siswa, makaakan semakin cepat juga perbaikan mutu (koreksi) pendidikan siswa. Untuk dapatmemberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat, sekolah memerlukan sebuahsistem informasi terpadu manajemen sekolah yang berkualitas.Dan untuk mendapatkan sistem yang terintegrasi seperti itu tidaklah cukup kalaudilakukan secara manual. Pembangunan suatu Sistem Informasi Manajemen (SIM)berbasis komputer adalah solusi yang paling tepat.
B.
 
PENGERTIAN SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)
Kehadiran Sistem Informasi Terpadu Sekolah (SITS) merupakan salah satu bentuk kontribusi informasi teknologi yang diberikan kepada masyarakat khususnya duniapendidikan di MAN 1 Kota Sukabumi.Sistem Informasi Terpadu yang layak digunakan untuk diterapkan didunia pendidikanadalah Sistem Informasi yang harus memperhatikan beberapa aspek seperti aspek teknologi, biaya implementasi, sumber daya dan kemampuan untuk beradaptasi denganperkembangan jaman. Sistem Informasi yang tambal sulam dan sudah tidak dapatdiabaikan dan perlu segera dilakukan otomatis secara menyeluruh.Sistem Informasi Terpadu Sekolah (SITS) suatu usaha untuk meningkatkankeberhasilan penerapan Sistem Informasi di Sekolah bergantung dari komitmen seluruhpersonil yang ada didalam manajemen sekolah, dan untuk itu akan melibatkan sekolah
 
 2dalam pembuatan sistem informasi manajemen tersebut sehingga Sistem InformasiManajemen tersebut akan sesuai dengan kondisi kebutuhan aplikasi Sistem InformasiTerpadu Manjemen Sekolah (SITS) yang dikembangkan secara bertahap.Lingkup palayanan perencanaan yang dilaksanakan dalam implementasi SITS disekolah antara lain :-
 
Survey ( User Requitment)-
 
Alokasi staff dan aktivitas-
 
Pembuatan Master Plan-
 
Konsultasi dalam hal penerapan Sistem Informasi Terpadu Sekolah-
 
Pelatihan kepada user-
 
Supervisi (pendampingan) dalam Implementasikan sistem Informasi Sekolah-
 
Maintenance (pemeliharaan)
C.
 
KEUNGGULAN SISTEM INFORMASI TERPADU SEKOLAH (SITS)
Keunggulan yang dimiliki oleh Sistem Informasi Terpadu Sekolah (SITS) adalahsebagai berikut :
I.
 
Arsitektur
1.
 
Tumbuh dan berkembang SITS mengunakan arsitektur berbasis obyek (OPP)yang mengganggap setiap entitas adalah obyek sehingga penambahan setiapobyek menjadi lebih mudah dan sederhana. Selain itu juga setiap sifat darisetiap entitas dapat ditentukan sehingga setiap entitas memiliki sifat (ataukondisi sifat) yang sesuai dengan kebutuhan.2.
 
Fleksibel, Arsitektur SITS adalah fleksibel dalam arti dapat disesuaikan dengankebutuhan perkembangan sekolah. Penambahan feature yang spesifik terhadapkebutuhan sekolah dapat dengan cepat dan mudah dilakukan.3.
 
Sistem yang terintergrasi, semua modul SITS adalah modul yang sudahdiintegrisasi sehingga dapat menghindari double entry yang biasa sering terjadipada komputerisasi manual.
II.
 
Fasilitas dan Keunggulan
1.
 
Multi Instalasi, SITS diciptakan dengan kumudahan penambahan modul baru.2.
 
Laporan yang fleksibel, bentuk laporan SITS dapat mudah disesuaikan denganbentuk form sekolah.3.
 
Training bertingkat untuk pengguna SITS : Tingkat User/Operator (Siswa,Guru, Staf, Kepala Sekolah) dan Supervisor. Masing-masing tingkat memilikitingkat pengetahuan yang berbeda dan hak akses sistem SITS yang berbedasehingga pelatihannya pun akan berbeda.4.
 
Aplikasi yang berbasis Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar yangmemudahkan pengguna untuk lebih memahami cara penggunaan SITS.5.
 
Biaya Implementasi yang terjangkau, biaya implementasi untuk SITSterjangkau untuk sekolah karena SITS memang didesaign dengan standarisasiuntuk kebutuhan sekolah secara generic.6.
 
User friendy dalam penggunaan dan simple, user atau operator yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan komputer (IT) dapat menjalankan aplikasiSITS.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->