Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hipo

Hipo

Ratings: (0)|Views: 99 |Likes:
Published by Erdendi Lesmana

More info:

Published by: Erdendi Lesmana on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
 
ERDENDI LESMANASHATRIA CESARYA3IA01UNIVERSITAS GUNADARMA
 
HIPO (Hierarchy plus Input-Process-Output)
HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan metodologi yang dikembangkan dandidukung oleh IBM. HIPO sebenarnya adalah alat dokumentasi program. Tetapi sekarang, HIPO jugabanyak digunakan sebagai alat desain dan teknik dokumentasi dalam siklus pengembangansistem. HIPO berbasis pada fungsi, yaitu tiap-tiap modul di dalam sistem digambarkan oleh fungsiutamanya.Sama seperti penggambaran levelisasi pada DFD, fungsi-fungsi utama digambarkan lebihdahulu, kemudian fungsi-fungsi utama tersebut dibagi ke dalam tingkatan yang lebih rendah. PadaHIPO dapat dilihat perpindahan input ke dalam output.
Pengertian HIPO
HIPO merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya untukmeningkatkan efisiensi usaha perawatan program. Dokumen ini dilaksanakan denganmempercepat lokasi dalam kode pada fungsi program yang akan dimodifikasi. Atau dapat dikatakanbahwa HIPO dikembangkan agar tersedia suatu teknik untuk mendokumentasikan fungsi program.Pembentukan HIPO ini dilakukan pada tahap pengembangan sistem informasi.
Tujuan HIPO
Tujuan HIPO antara lain adalah sebagai berikut :
 
Untuk memberikan struktur yang memungkinkan fungsi suatu sistem dapat dimengerti.
 
Untuk menguraikan fungsi-fungsi yang akan dikerjakan oleh sustu program, bukan untukmengkhususkan pernyataan program yang dipakai untuk melaksanakan fungsi-fungsitersebut.
 
Untuk memberikan deskripsi visual dari input yang akan dipakai serta output yang akandihasilkan oleh masing-masing fungsi pada tiap-tiap tingkat diagram.
 
Tujuan HIPO yang paling penting adalah untuk menghasilkan output yang benar dan dapatmemenuhi kebutuhan user.
 
Jenis Diagram dalam Paket HIPO
Terdapat 3 buah jenis Diagram dalam pake HIPO antara lain :
 
Daftar Isi Visual/ Visual Tabel of Contents (VTOC), yang terdiri dari satu diagram hirarkiatau lebih.
Visual tabel of contents menggambarkan seluruh program HIPO baik rinci maupunringkasan yang terstruktur. Pada diagram ini nama dan nomor dari program HIPOdiitentifikasikan. Struktur paket diagram dan hubungan fungsi juga diidentifikasikan dalambentuk hirarki. Keterangan masing-masing fungsi diberikan pada bagian penjelasan yangdiikutsertakan dalam diagram ini.
 
Diagram Ringkasan/ Overview Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional. Masing-masing diagram dihubungkan dengan salah satu fungsi sistem.
Diagram ringkasan menggambarkan fungsi dan referensi utama dari sistem. Fungsidan referensi ini diperlukan program untuk memperluas fungsi sampai uraian yang terkecil.Diagram ini berisi input, proses dan output dari fungsi khusus. Input pada diagram ini berisisitem-item data yang dipakai oleh proses, sedangkan proses merupakan urutan langkah-langkah yang menelaskan fungsi yang sedang dijalankan untuk menghasilkan suatu output.Output berisikan item-item data yang dihasilkan dan diubah oleh proses.Anak panah pada diagram ringkasan dari input ke proses menunjukan hubunganantara item data di input dan langkah-langkah proses, sedangkan anak panah dari proses keoutput menunjukan hubungan tahap-tahap proses dan item data output. Penjelasantentang tahap-tahap proses, item data input dan output diberikan pada bagian extendeddescription.
 
Diagram Rinci/ Detail Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional dan masing-masingdiagram dihubungkan dengan sebuah sub-fungsi sistem
Diagram rinci merupakan diagram yang paling rendah dalam diagram yang terdapatdalam paket HIPO. Diagram rinci berisi unsur-unsur paket dasar. Fungsi dari diagram iniadalah menjelaskan fungsi-fungsi khusus, menunjukan item-item output dan input yangkhusus dan menunjukan diagram rinci lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->