Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bro3

bro3

Ratings: (0)|Views: 235|Likes:
Published by Arshavin Rudy

More info:

Published by: Arshavin Rudy on Oct 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2013

pdf

text

original

 
 
PengendapanEndapan adalah zat yang memisahkan diri sebagai suatu fase padat keluar dari larutan. Endapan mungkin berupakristal (kristalin) atau koloid, dan dapat dikeluarkan dari larutan dengan penyaringan atau pemusingan (centrifuge).Endapan terjadi, karena dari dua larutan tidak mungkin membentuk dua senyawa baru pasti hanya salah satu yangterbentuk. Contohnya : Ag
+
lebih cocok dengan Cl¯ , namun NO
3
 ¯ dan H
+
tidak sehingga yang menjadi endapan itu AgCl. Tetapi H
+
dan NO
3
 ¯ masih menjadi ion dalam larutan tersebut.
NO Nama senyawa Rumus molekul1 Klorida Cl¯2 Bromida Br¯3 Iodida 4 Fluorida 5 Nitrat NO
3
¯6 Klorat ClO
3
 7 Bromat BrO
3
¯8 Iodat IO¯9 Perklorat ClO
4
¯10 Borat BO
33-
,B
4
O
72-
,BO
2-
 11 Sulfat SO
42-
 12 Peroksodisulfat S
2
O
82-
 13 Silikat SiO
32-
 14 ortofosfat PO
43-
 
 Analisis kualitatif adalah untuk mengetahui keberadaan suatu senyawa. Atau bisa juga, untuk memastikan benar atau tidaknya suatu senyawa berada dalam larutan tersebut.
Pengertian penelitian kualitatif lainnya:
 
 
Penelitian kualitatif adalah kategori yang didefinisikan secara longgar dari desain penelitianatau model, yangsemuanya menimbulkan verbal, visual, sentuhan, penciuman, dan gustatorydata dalam bentuk narasi deskriptif seperti catatan lapangan, rekaman, atau transkripsi lainnyadari audio dan video dan lain yang ditulis catatan dangambar-
gambar atau film “
-Judith Preissle Adapun antara kualitatif dan kuantitaif esensinya sama, tapi metode kualitatif lebih menunjukan cara melakukanpenelitiannya, sedang pendekatan kualitatf lebih menitik beratkan pada tataran filosofisnya..
Perbedaan klasik antara kualitatif dan kuantitatif
Penelitian Kuantitatif &Penelitian Kualitatif :
 
Fenomenologi
 
Induktif 
 
Holistik
 
Subjektif / insider berpusat
 
Berorientasi proses
 
 Antropologi pandangan dunia
 
Relatif kurangnya kontrol
 
Tujuan: memahami pandangan aktor realitas dinamis
 
Diasumsikan; “potongan kehidupan”
 
 
Penemuan berorientasi
 
Jelas
 
Positivistik
 
Hipotetiko / deduktif 
 
 Artikularistik Tujuan .* Metode kualitatif cenderung subyektif dalam menentukan masalah dan perumusan masalah dan dalam deskripsilebih banyak menggunakan data yang bersifat trend. Kepada pemula sebaiknya dalam meneliti gunakan metodekuantitatif dengan syarat tidak mengurangi hasil penelitian untuk mendapatkan korelasi, karena penelitian ilmiahintinya adalah pendeskripsian data dari ukuran-ukuran hitung secara empiris.Metode kualitatif bisa dilaksanakan oleh mereka yang berpengetahuan luas dan mandiri dalam penulisan ilmiahnya.* Penelitian kualitatif juga disebut dengan:
 
Interpretive research,
 
Naturalistic research,
 
Phenomenological research (meskipun ini disebut sebagai jenis dari penelitian kualitaif yang dipakaipenelitian deskriptif)
 
  Analasis kualitatif anorganik merupakan salah suatu metode dalam kimia analitik yang bertujuan untuk mengetahuiada atau tidaknya suatu spesi (baik logam, ion, maupun senyawa) anorganik tanpa memperhatikan jumlah spesitersebut.
Pengambilan Data dan Angka Penting
pada dasarnya, angka penting tidak jauh beda dengan angka pasti.untuk lebih memperjelas, ini sedikit penjelasan. Ada tiga hal penting yang berkaitan dengan pengukuran, yaitu: pengambilan data, pengolahan data dan penggunaanalat ukur. Ketiga hal ini dapat kalian cermati pada penjelasan berikut.
1. Pengambilan Data dan Angka Penting
 Pernahkah kalian melakukan kegiatan pengambilan data? Proses pengukuran hingga memperoleh data hasilpengukuran itulah yang dinamakan pengambilan data. Apakah hasil pengukuran dapat memperoleh nilai yang tepat?Proses pengukuran banyak terjadi kesalahan. Kesalahan bisa terjadi dari orang yang mengukur, alat ukur ataulingkungannya. Untuk memuat semua keadaan itu maka pada hasil pengukuran dikenal ada angka pasti dan angkataksiran. Gabungan kedua angka itu disebut
angka penting 
.
Angka penting 
adalah angka yang didapat dari hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan angka taksiran.Nilai setiap hasil pengukuran merupakan angka penting. Seperti keterangan di atas angka penting terdiri dari duabagian. Pertama angka pasti yaitu angka yang ditunjukkan pada skala alat ukur dengan nilai yang ada. Kedua angkataksiran yaitu angka hasil pengukuran yang diperoleh dengan memperkirakan nilainya. Nilai ini muncul karena yangterukur terletak diantara skala terkecil alat ukur. Dalam setiap pengukuran hanya diperbolehkan memberikan satuangka taksiran. Untuk memahami angka penting ini dapat kalian cermati contoh berikut.Penting Angka taksiran pada pengukuran massa benda Gambar 1.2 juga boleh sebesar 0,9 atau 0,7 yang penting adalah 1angka taksiran. Tidak boleh 0,85 atau 0,95 karena ada 2 angka penting.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->