Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Iklim

Iklim

Ratings: (0)|Views: 387|Likes:
Published by bayuseptyantara

More info:

Published by: bayuseptyantara on Oct 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
Teori & Metode Perancangan Arsitektur 3
Karakter Bangunana Menurut IklimKarakter Bangunana Menurut Ikkim 2012
 
IKLIMIklim
adalah kondisi rata-ratacuacadalam waktu yangpanjang. Studi tentang iklim dipelajari dalammeteorologi. 
 
Iklim di bumi sangat dipengaruhi olehposisimatahariterhadapbumi.Terdapat beberapaklasifikasi iklimdibumiini yang ditentukan oleh letak geografis.Secara umum kita dapat
 
menyebutnya sebagai iklimtropis,lintangmenengah
 
danlintangtinggi. Ilmu yang mempelajari tentang iklim
 
adalahklimatologi. 
 
Jenis iklimIklim terbagi 4 jenis berdasarkan garis lintang sebagai berikut:
 
Iklim tropis(23,5°LU-23,5°LS)
 
Iklim subtropis(23,5°LU-40°LU dan 23°LS-40°LS)
 
Iklim sedang(40°LU-66,5°LU dan 40°LS-66,5°LS)
 
Iklim kutub(66,5°LU-90°LU dan 66,5°LS-90°LS)Tropika adalah daerah di permukaanBumi,yang secara geografis berada di sekitarekuator,yaitu yang dibatasi oleh duagaris lintang23.5 derajat LS dan 23.5 derajat LU:Garis Balik Utara(GBU,
Tropic of Cancer 
) di utara
 
Tropic of Capricorn
) di selatan. Tropisadalah bentuk ajektivanya.Area ini terletak di antara 23.5° LU dan 23.5° LS, dan mencakup seluruh bagian Bumi yang dalam setahunmengalami dua kali saat Matahari tepat berada di atas kepala (di utara GBU dan di selatan GBS Matahari tidak pernah mencapai ketinggian 90° atau tepat di atas kepala). Kata
tropika
berasal daribahasa Yunani, 
tropos
yangberarti "berputar", karena posisi Matahari yang berubah antara dua garis balik dalam periode yang disebuttahun. Tumbuhan dan hewan tropis adalah spesies yang hidup di daerah tropis tersebut. Istilah tropis juga kadangkaladigunakan untuk menyebut tempat yang hangat dan lembap sepanjang tahun, walaupun tempat itu tidak terletak di antara dua garis balik. Tumbuhan daerah tropis biasanya berdaun lebar danhijau abadi(tidak menggugurkan
 
daun), atau jika memiliki perilakupeluruhmereka tidak dipengaruhi oleh suhu atau durasi radiasi Matahari
 
melainkan oleh ketersediaan air di tanah. Wilayah tropis di seluruh dunia dikenal dalambiogeografisebagaiwilayah
 pantropis
("seluruh tropis"), untuk dipertentangkan dengan wilayah per benua, seperti Amerika tropis,atau Asia tropis.
 
Teori & Metode Perancangan Arsitektur 3
Karakter Bangunana Menurut IklimKarakter Bangunana Menurut Ikkim 2012
 
Arsitektur TropisArsitektur Tropis adalah suatu konsep bangunan yang mengadaptasi kondisi iklim tropis. Letak geografisIndonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia memiliki dua iklim, yakni kemarau danpenghujan. Pada musim kemarau suhu udara sangat tinggi dan sinar matahari memancar sangat panas. Dalamkondisi ikim yang panas inilah muncul ide untuk menyesuaikannya dengan arsitektur bangunan gedung maupunrumah yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya.
Pada iklim ini terjadi sedikit sekali perubahan “musim” dalam satu tahun, satu
-satunya tanda terjadi pergantianmusim adalah banyak atau sedikitnya hujan, dan terjadinya angin besar. Karakteristik warm humid climate(iklim panas lembab) adalah sebagai berikut (Lippsmiere. 1980:28) :
 
Landscap, rain forest (hutan hujan) terdapat sepanjang pesisir pantai dan dataran rendah daerah ekuator.
 
Kondisi tanah, merupakan tanah merah atau coklat yang tertutup rumput.
 
Tumbuhan, zona ini tumbuhan sangat bervariasi dan lebat sepanjang tahun.Tumbuhan tumbuh dengancepat karena pengaruh curah hujan yang tinggi dan suhu udara yang panas.
 
Musim. Terjad
i sedikit perbedaan musim. Pada bulan “panas” kondisi panas dan lembab sampai basah.Pada belahan utara, bulan “dingin” terjadi pada Desember 
-
Januari, bulan”panas” terjadi pada Meisampai Agustus. Pada belahan selatan bulan “dingin” terjadi pada April sampai Juli, bulan “panas”
terjadi pada Oktober sampai Februari.
 
Kondisi langit, hampir sepanjang tahun keadaan langit berawan. Lingkungan awan berkisar 60%-90%.Luminance (lumansi) maksimal bisa mencapai 7000 cd/m2 sedangkan luminasi minimal 850cd/m2.
 
Radiasi dan panas matahari, pada daerah tropis radiasi matahari dikategorikan tinggi. Sebagiandipantulkan dan sebagian disebarkan oleh selimut awan,meskipun demikian sebagian radiasi yangmencapai permukaan bumi mempunyai dampak yang besar dalam mempengaruhi suhu udara.
 
Temperatur udara, terjad fluktuasi perbedaan temperatur harian dan tahunan.Rata-rata temperaturmaksimum tahunan adalah 30,50C. temperatur rata-rata tahunan untuk malam hari adalah 250C tetapiumumnya berkisar antara 21-270C. sedangkan selama siang hari berkisar 27-320c. kadang-kadanglebih dari 320C.
 
Curah hujan sangat tinggi selama satu tahun, umumnya menjadi sangat tinggi dalam beberapa tahuntertentu. Tinggi curah hujan tahunan berkisar antara 2000-5000 mm, pada musim hujan dapatbertambah. Sampai 500 mm dalam sebulan. Bahkan pada saat badai bisa mencapai 100 mm per jam.
 
Kelembaban, dikenal sebagai RH (Relative humidity), umumnya rata-rata tingkat kelembaban adalahsekitar 75%, tetapi kisaran kelembabannya adalah 55% sampai hampir 100%. Absolute humidity antara25-30 mb.
 
Pergerakan udara, umumnya kecepatan angin rendah, tetapi angin kencang dapat terjadi selama musimhujan. Arah angin biasanya hanya satu atau dua.
 
Karakteristik khusus, tingginya kelembaban mempercepat pertumbuhan alga dan lumut, bahanbangunan organik membusuk dengan cepat dan banyaknya serangga. Evaporasi tubuh terjadi dalam jumlah kecil karena tingginya kelembaban dan kurangnya pergerakan udara (angin). Rata-rata badaiadalah 120-140 kali dalam satu tahun.
Daerah dengan iklim tropis didunia terdiri 2 jenis, yaitu daerah dengan iklim tropis kering, sebagaicontoh adalah di negara-negara Timur Tengah, Meksiko, dan sekitarnya, serta daerah dengan iklimtropis lembab, yang terdapat pada sebagian besar negara-negara di Asia, termasuk Indonesia,walaupun untuk beberapa daerah di Indonesia, misalnya beberapa bagian pulau Nusa Tenggaramengarah pada kondisi tropis kering,
 
Teori & Metode Perancangan Arsitektur 3
Karakter Bangunana Menurut IklimKarakter Bangunana Menurut Ikkim 2012
 
Arsitektur Tropis KeringCiri-ciri iklim tropis kering:1.
 
Kelembaban rendah2.
 
Curah hujan rendah3.
 
Radiasi panas langsung tinggi4.
 
Suhu udara pada siang hari tinggi dan pada malam hari rendah (45o dan -10oCelcius)5.
 
Jumlah radiasi maksimal, karena tidak ada awan.6.
 
Pada malam hari berbalik dingin karena radiasi balik bumi cepat berlangsung (cepat dingin biladibandingkan tanah basah/lembab).7.
 
Menjelang pagi udara dan tanah benar-benar dingin karena radiasi balik sudah habis. Pada siang hariradiasi panas tinggi dan akumulasi radiasi tertinggi pukul 15.00. Sering terjadi badai angin pasir karenadataran yang luas.8.
 
Pada waktu sore hari sering terdengar suara ledakan batu-batuan karena perubahan suhu yang tiba-tibadrastis.9.
 
Di daerah benua atau daratan yang cukup luas, banyak terdapat gurun pasir karena di tempat itu jarangterjadi hujan, bahkan dapat dikatakan tidak terjadi sama sekali, karena angin yang melaluinya sangatkering, tidak mengandung uap air. Uap air yang terkandung di udara sudah habis dalam perjalananmenuju ke pedalaman benua itu, atau juga karena terhalang oleh daratan tinggi atau gunung, sehinggadaerah itu menjadi sangat panas dan tidak ada filter pada tanah dari sengatan sinar matahari, yangmengakibatkan bebatuan hancur menjadi pasir. Suhu di padang pasir dapat mencapai 50o C hingga 60oC di siang hari, dan di malam hari dapat mencapai -1o C.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->