Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah+Leasing

Makalah+Leasing

Ratings: (0)|Views: 378|Likes:
Published by bayudj

More info:

Published by: bayudj on Oct 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti harus bisa mempertahankan dirinyamasing – masing. Banyak cara yang ditempuh manusia untuk mempertahankanhidupnya. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mempertahankan hidupnya adalahdengan menjalankan bisnis. Bisnis bisa diartikan sebagai organisasi yang menyediakanbarang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba (keuntungan).Seiring dengan perkembangan zaman, dunia bisnis pun menjadi semakin marak.Dengan berkembangnya dunia bisnis ini, kebutuhan dana menjadi hal yang tak dapatdielakkan lagi baik oleh kalangan usahawan perseorangan maupun usahawan yangtergabung dalam suatu badan hukum di dalam mengembangkan usahanya maupun didalam meningkatkan mutu produknya, sehingga dapat dicapai suatu keuntungan yangmemuaskan maupun tingkat kebutuhan bagi kalangan lainnya.Untuk memenuhi kebutuhan dana tersebut, saat ini semakin banyak orang yangmendirikan suatu lembaga pembiayaan yang bergerak di bidang penyediaan danaataupun barang yang akan dipergunakan oleh pihak lain di dalam mengembangkanusahanya. Lembaga pembiayaan tersebut merupakan lembaga keuangan nonbank.Yang membedakan lembaga pembiayaan dengan bank adalah bank mengambil danasecara lansung dari masyarakat sedangkan lembaga pembiayaan tidak mengambildana secara langsung dari masyarakat.Salah satu lembaga pembiayaan yang berkembang pesat saat ini adalah sewaguna usaha atau biasa disebut juga dengan Leasing. Saat ini, leasing merupakan salahsatu cara perusahaan memperoleh asset atau kepemilikan tanpa harus melalui prosesyang berkepanjangan. Semuanya telah diatur oleh perusahaan leasing yang disediakan
1
 
oleh berbagai perusahaan. Leasing juga merupakan salah satu langkah penghindaranresiko tinggi yang saat ini sudah disadari oleh para usahawan yang ada.Bila dilihat dari propspek kebutuhan pembangunan, usaha leasing jelas dapatberkembang pesat dan memainkan peranan aktif sebagai lembaga keuangan baru,yang khusus bergerak dalam penyediaan barang modal, sebagai alternative sumber pembiayaan suatu perusahaan bisnis dan mempunyai harapan untuk memenuhikebutuhan pasarnya yang luas.Potensi bisnis leasing di Indonesia sudah lama diamati oleh para penanam modal.Sebelum tahun 1980, jumlah perusahaan leasing yang beroperasi 5 buah. Kemudianmelalui kampanye penggalangan usaha di bidang leasing oleh pemerintah, animoinvestor terus meningkat. Tahun 1988 di Jakarta saja sudah tercatat 83 buahperusahaan leasing yang sudah menjalankan operasinya, bahkan sudah dibentuk Asosiasi Leasing Indonesia (ALI). Beberapa perusahaan besar juga bergabung dalam Asosiasi Leasing Indonesia, seperti Adira Finance dan Adira Kredit.
1.2 Tujuan Penulisan
Makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta memperkenalkankepada pembaca sekalian salah satu lembaga pebiayaan yaitu sewa guna usaha /leasing. Penulis juga membuat makalah ini dengan tujuan untuk memenuhi tugas matakuliah hukum bisnis.
2
 
BAB IILANDASAN TEORI
2.1 Lembaga Pembiayaan2.1.1 Pengertian Lembaga Pembiayaan
Dalam Keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1988 tangga 20 Desember 1988,dan dijabarkan leih lanjut melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1251/KMK.013/1988 tanggal 20 Desember 1988 tentang Ketentuan dan Tata CaraPelaksanaan Lembaga Pembiayaan, Pasal 1, dijelaskan bahwa yang dimaksudkandengan lembaga pembiayaan adalah suatu badan usaha yang di dalam melakukankegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal dengan tidakmenarik dana secara langsung dari masyarakat.
2.1.2 Bidang usaha lembaga pembiayaan
 Adapun bidang – bidang usaha yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan antaralain meliputi bidang – bidang seperti :
Sewa guna usaha / leasing;
Modal ventura/venture capital; Adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentukpenyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuanpembiayaan untuk jangka waktu tertentu.
Perdagangan surat berharga/securities company; Adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentukperdagangan surat berharga.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->