Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul 3 bahasa indonesia

Modul 3 bahasa indonesia

Ratings: (0)|Views: 18 |Likes:
Published by noddme

More info:

Published by: noddme on Oct 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2013

pdf

text

original

 
44
 DESKRIPSI MODUL
Modul ini merupakan dasar bagi Anda yang ingin belajar mendalami bahanpustaka. Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Anda dapat menerapkan ”KiatBelajar Bahan Pustaka
(Art of Library)
”. Modul ini sangat penting untuk dikuasai,sebab jika Anda dapat menulis kutipan dari beberapa literatur di perpustakaan &menulis daftar rujukan dan presentasi dengan baik maka Anda akan mampu menuliskarya ilmiah hasil penelitian dengan tepat sesuai dengan bahan dan kajian ilmiahnya.Dengan begitu, akan dapat menunjang prestasi Anda sebagai mahasiswa dan calonilmuwan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pelajari modul ini sebaik-baiknya.Modul ini terdiri atas 4 kegiatan belajar yaitu, kegiatan belajar 1 membahas”Cara Membaca Katalog”, kegiatan belajar 2 membahas ”Cara Mengutip BahanPustaka”, kegiatan belajar 3 membahas ”Cara Menulis Rujukan/Kutipan Langsungdan Tidak Langsung”, dan kegiatan belajar 4 membahas “Cara Menulis DaftarRujukan/Daftar Pustaka”. Setiap akhir kegiatan belajar terdapat tes mandiri yangharus anda kerjakan, dan anda dapat mengoreksi sendiri hasil tes anda dengan caramencocokannya dengan kunci jawaban yang terdapat pada bagian belakang modulini.Modul ini dapat anda pelajarai selama 2x2 jam termasuk untuk mengerjakantes mandiri dan/atau tugas-tugas yang ada, untuk mempermudah belajar sebaiknyaanda menyediakan waktu luang. Selamat belajar, semoga materi modul ini dapatmenambah wawasan dan memotivasi Anda untuk selalu meningkatkan pengetahuanmembaca katalog di perpustakaan, mengutip bahan pustaka sesuai dengan kebutuhandalam kartu buku, menulis rujukan/kutipan langsung dan tidak langsung dariberbagai sumber dengan cara yang benar, dan menulis daftar rujukan/daftar pustakadari berbagai sumber dengan teknik penulisan yang telah disepakati. Selamat belajar,semoga modul ini dapat menambah wawasan dan memotivasi Anda untuk selalumeningkatkan profesionalisme.
 
45
CARA MEMBACA KATALOG
 
TUJUAN PEMBELAJARAN 
etelah selesai mempelajari kegiatan belajar pertama, peserta diharapkan dapatmenjelaskan cara membaca katalog, cara mengutip bahan pustaka, caramenulis rujukan/kutipan langsung dan tidak langsung, dan cara menulis daftarrujukan/daftar pustaka dan mampu mengaplikasikannya dalam penulisan karya tulisilmiah.
 MATERI POKOK 
 
Cara Membaca Katalog
 
 
Cara Mengutip Bahan Pustaka
 
Cara Menulis Rujukan/Kutipan
 
Cara Menulis Daftar Rujukan/Daftar PustakaDi perpustakaan perguruan tinggi dikenal katalog konvensional dan katalogdigital. Baik katalog konvensional maupun digital dipilah menjadi dua, yakni katalog judul dan katalog pengarang. Pada katalog digital lebih mudah menggunakannya,karena hanya dengan mengetik judul lengkap atau nama akhir dari pengarang, diikutidengan nama lengkapnya dari komputer katalog di perpustakaan, pengunjungdengan mudah mendapatkan informasi bahan pustaka/literature yang dicari. Secararinci langkah-langkah penggunaan katalog dijelaskan sebagai berikut:
Kegiatan
 
Belajar
1
S
 
46
1.
 
Langkah pertama dari komputer katalog, pilihlah kategori koleksi yang Andacari, klik pada jenis koleksi.2.
 
Pada
penelusuran
, pilih berdasarkan apa koleksi yang ingin Anda cari.Terdapat pilihan
 judul
dan
pengarang
.3.
 
Untuk kotak isi kata kunci, masukkan judul atau pengarang yang ingin Andacari. Sebagai informasi di sebelah kata kunci sudah ada kotak berisi contohisian untuk kata kunci, mulai dari judul, pengarang, hingga subjek sudahdiberikan contoh yang jelas. Jika sudah klik pada tombol Telusur.4.
 
Jika proses telusur selesai, akan muncul tampilan informasi detailnya.Perlu Anda ketahui bahwa
skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, danlaporan tugas akhir
,
oran, jurnal ilmiah, majalah, dan CD Room
merupakankoleksi referensi (R) yang berarti koleksi ini tidak bisa dibawa “keluar” dariperpustakaan, tetapi hanya boleh dibaca di dalam perpustakaan. Ada beberapaaturan yang harus dipahami sebelum meminjam koleksi referensi ®, sebagaiberikut:1.
 
Klik detail pada sebelah kanan judul koleksi (misalnya skripsi).2.
 
Catat judul, NIM, dan pengarang (jika berupa skripsi).3.
 
Untuk nama pengarang disesuaikan dengan yang tercantun di catalog,misalnya Pradopo, Slamet Djoko.4.
 
Serahkan catatan tersebut ke petugas.Untuk mendapatkan koleksi referensi yang lebih lengkap, Anda bisamenghubungi petugas untuk informasi lebih lanjut.Berbeda dengan catalog digital, katalog konvensional berupa kartu berukuranlebih kurang 10 x 15 cm. Bentuk catalog konvensional dapat dilihat pada contoh dibawah ini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->