Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Mobilitas Sosial

Makalah Mobilitas Sosial

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 3,605 |Likes:
Published by YokoSimanjuntak

More info:

Published by: YokoSimanjuntak on Oct 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/19/2014

pdf

text

original

 
OBILITAS SOSIAL 01
KATA PENGANTAR 
 
Puji dan Syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkatdan karunia
-
 Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Kamijuga berterima kasih kepada orang sekitar kami yang selalu memberikan motivasi dandukungan dalam setiap langkah yang penulis jalani.
 
Kami mempersembahkan sebuah makalah yang membahas tentang MobilitasSosial, guna untuk memenuhi tugas sosiologi kami dan mempersingkat bab yang akankami pelajari.
 
Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan.Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan agar makalah inidapat diperbaiki dan dikembangkan lagi dikemudian hari. Penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
 
Palembang, Oktober 2011
 
Kelompok 9
 
 
OBILITAS SOSIAL 02
1.
 
Mobilitas Sosial
 
Berasal dari bahasa Latin
mobilis
yang artinya mudah dipindahkan, banyak gerak,atau bergerak. Jadi, mobilitas sosial adalah gerak yang menghasilkan perpindahan yaitu perpindahan dari lapisan satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensiyang lain. Istilah mobilitas sosial diartikan pada perpindahan sosial, istilah gerak sosialatau gerakan sosial.
 
2.
 
Jenis
-
Jenis Mobilitas
 
2.1
 
Mobilitas vertikal
 
Mobilitas vertikal adalah perpindahan individu atau objek sosial dari satukedudukan sosial ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat. Dibagi menjadi dua,yaitu
 a.
 
Mobilitas Vertikal Naik 
 
Dibagi ke dalam dua bentuk:
 1.
 
Masuknya individu yang mempunyai kedudukan rendah ke dalam kedudukanlebih tinggi yang telah tersedia (ex: seorang bpati terpilih menjadi gubernur,seorang manager diangkat menjadi direksi)
 2.
 
Pembentukan kelompok baru yang ditempatkan pada derajat lebih tinggi darikedudukan pembentuk kelompok tersebut(ex: dewan pengurus suatuorganisasi yang dibentuk melalui rapat anggota.
 
Faktor yang menyebabkan adalah kemajuan industri, banyaknya peserta didik,komunikasi massa, urbanisasi, dan mobilitas geografis.
 b.
 
Mobilitas sosial vertical turun
 
Dibagi ke dalam dua bentuk:
 1.
 
Perpindahan kedudukan individu ke kedudukan yang lebih rendah derajatnya(ex: seorang hakim menjadi narapidana karena kasus penyuapan, DPR yangdipecat karena korupsi)
 2.
 
Turunnya derajat sekelompok individu berupa disintegrasi kelompok sebagaikesatuan.
 
Faktor penyebab : pendidikan yang tidak memadai, menikah terlalu muda,meningkatnya jumlah keluarga besar, dan dilahirkan dalam suatu keluarga yangsangat besar.
 
2.2
 
Mobilitas Horizontal
 
Mobilitas horizontal adalah peralihan individu atau objek 
-
objek sosial darisatu kelompok ke kelompok lain yang sederajat. (ex : guru SMK menjadi guruSMA, petani neralih profesi menjadi pedagang hasil pertanian).
 
 
OBILITAS SOSIAL 03
2.3
 
Mobilitas intragenerasi dan antargenerasi
 
Mobilitas intragenerasi adalah perpindahan dari satu lapisan atau kelompok sosial ke lapisan atau kelompok sosial lainnya yang dialami seseorang dalam masahidupnya (ex: guru biasa jadi kepsek, karyawan biasa menjadi manager  perusahaan).
 
2.4
 
Mobilitas Geografis
 
Mobilitas geografis adalah perpindahan individu/ kelompok dari suatu daerah kedaerah lain. Mobilitas geografis sering disebut juga perpindahan penduduk. Mobilitas penduduk dibedakan menjadi dua yaitu mobilitas penduduk permanen dan mobilitas penduduk nonpermanen.
 
A.
 
Mobilitas Penduduk Permanen
 
Mobilitas penduduk permanen disebut juga migrasi. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan menetap. Macam
-
macammigrasi internal (nasional) antara lain urbanisasi, ruralisasi, dan transmigrasi.
 1)
 
Urbanisasi
adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan untuk mencari kerja dan menetap di kota, serta untuk mendapat pendidikan yang tinggi.Sebagai contoh: banyak pemuda
-
 pemuda di Sumatera yang pindah ke Jakarta dankota
-
kota besar untuk mencari pekerjaan atau meneruskan pendidikan
2)
 
Ruralisasi
adalah perpindahan penduduk dari kota kembali ke desa. Sebagaicontoh, penduduk kota yang tadinya berasal dari desa kembali ke desa setelahmasa pensiun.
 3)
 
Transmigrasi
adalah perpindahan penduduk dari satu daerah/ pulau yang padat penduduknya ke daerah/ pulau lain yang masih jarang penduduknya. Sebagaicontoh: penduduk pulau Jawa dan Bali yang sudah padat ke pulau Sumatera danKalimantan.
 
Macam
-
macam migrasi internasional antara lain: imigrasi, emigrasi, remigrasi,dan evakuasi internasional.
 1.
 
Imigrasi
adalah perpindahan penduduk dari negara lain ke negara tertentu untuk menetap, contoh tenaga ahli dari negara asing yang bekerja di Indonesia.
 2.
 
Emigrasi
adalah perpindahan penduduk dari negaranya sendiri ke negara lain untuk tinggal dan menetap di sana, contoh TKI yang bekerja di perusahaan elektronik diJepang.
 
3.
 
Remigrasi
adalah perpindahan penduduk dari suatu negara kembali ke negara asalnya, contoh TKI illegal yang dipulangkan ke tanah air.
 
4.
 
Evakuasi Internasional
adalah pengungsian atau pemindahan penduduk daridaerah
-
daerah berbahaya, contoh: perang atau bencana alam.
 B.
 
Mobilitas non permanen
 
Mobilitas penduduk non permanen dibedakan menjadi ulang
-
alik dan sirkuler.
 

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
Fattah Rambe liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Vasco Soares liked this
Endri Tiyo liked this
Sugeng Pray liked this
Alex Sandra liked this
Haphy Cerya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->