Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KATUP (Pneumatik)

KATUP (Pneumatik)

Ratings: (0)|Views: 27 |Likes:
Published by DwiSaputra

More info:

Published by: DwiSaputra on Oct 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
Dwi Nurul SaputroNIM: D400080036
KATUP
Gambar di samping merupakan simbol dasar dari katup. Katup ini merupakankatup 5/2. Yaitu katup yang memiliki 5 koneksi dan 2 posisi. Arah panahmerupakan arah aliran udara pada katup.
Katub 3/2
Gambar di samping merupakan katup3/2 yang memiliki 3 saluran dan 2posisi. Katup 1 digunakan untukmemasukkan udara bertekanan, katup2 digunakan sebagai keluaran, dankatup nomor 3 digunakan sebagaisaluran pembuangan udarabertekanan.Gambar di samping menunjukkan suatu sistem sebuah katup 3/2. Katupnomor 1 sebagai masukan untuk udara bertekanan, katub nomor 2digunakan untuk keluaran yang apabila diberi tekanan yang lebih besar daritekanan spring maka akan mampu mendorong spring mundur. Padagambar posisi dari katup tidak sedang dioperasikan. Kita lihat pada katupnomor 1 masih tertutup, jadi udara dari katub 2 dikeluarkan melalui katupnomor 3. Apabila katup nomor 1 kita buka, maka udara akan masuk kekatup nomor 2 dan pada kondisi tertentu (tekanan dari katup nomor 2 lebih besar dari tekananspring) maka spring akan terdorong mundur.
Beberapa macam jenis katup yaitu :
 
mono-stable, katup yang hanya memiliki 1 posisi stabil. Karena katup hanya memiliki 1posisi stabil, maka katup semacam ini juga memiliki posisi default. Ketika katup tidak sedangdioperasikan maka posisi katup kembali pada posisi default.
 
Bi-stable, katup seperti ini memiliki 2 posisi stabil. Ketika katup tidak sedang dioperasikanpada kedua sisinya, maka pada posisi katup terakhir itu ditetapkan posisi default sampaidengan katup dioperasikan.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Riz Ki liked this
DwiSaputra liked this
DwiSaputra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->