Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH SOSIOLOGI

MAKALAH SOSIOLOGI

Ratings: (0)|Views: 138 |Likes:
Published by Paijo Han

More info:

Published by: Paijo Han on Oct 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
MAKALAH SOSIOLOGIBAB IIPERILAKU MENYIMPANG, SIKAP ANTISOSIALDAN PERILAKU PENGENDALIAN SOSIALKELAS X . 2Yang disusun oleh :1.
 
ARBI PUTRI LAVUNIA2.
 
ATIK PURWATISARI3.
 
DESI MAULANA SILVIA4.
 
EKA DEDE ROSYANA5.
 
LUCY INDRI SETIARINA6.
 
NOVIA APRILIANTI7.
 
NOVIA MARSETIANI8.
 
NUR ATIPAH9.
 
ROSY INDRIYANTI10.
 
RITA ANGGREANI11.
 
OKNI RIZKIYANIMULYANI12.
 
SAKINAH13.
 
SRI NIRA HAYUNINGSIH14.
 
UMI URIPAH
 
 BAB VPERILAKU MENYIMPANGI.
 
PENDAHULUANDalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia di batasi oleh aturan (norma ) untukberbuat dan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang di anggap baik oleh masyarakat. Namundemikian di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih kita jumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan aturan-aturan ( norma ) yang berlaku pada masyarakat.II.
 
ISIA.
 
Pengertian Perilaku MenyimpangDi tengah kehidupan, sering kali dijumpai perbuatan
 –
perbuatan yang tidak sesuai dengannorma berlaku dalam masyarakat. Perilaku yang tidak sesuai dengan norma atau perilakumenyimpang deviasi social. Namun tidak semua perilaku menyimpang itu negative. Berikut inibeberapa definisi penyimpangan social dari para ahli sosiologi.(1)
 
James W. VanderzadenPenyimpangan social adalah perilaku yang oleh sejumlah besar rang di anggap sebagaihal yang terceladan diluar batas toleransi.(2)
 
Robert M.Z LawangPenyimpangan social adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma yangberlaku dalam masyarakat dan menimbulkan usaha dari yang berwenang dalamsystem itu memperbaiki perilaku menyimpang tersebut.(3)
 
Paul B. HortonPenyimpangan social adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaranterhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.(4)
 
Kartini KartonoPenyimpangan merupakan tingkah laku yang menyimpang dari tendensi sentral atauciri-ciri karakteristik rata-rata dari rakyat kebanyakan.(5)
 
Bruce J. CohenDia berpendapat bahwa perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidakberhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompoktertentu dalam masyarakat.
 
Ciri-ciri Perilaku MenyimpangMenurut
pendapat dari ahli sosiologi ‘ Paul B. Hordon ‘ perilaku menyimpang memiliki ciri
-cirisebagai berikut :1.
 
Penyimpangan harus didefinisikan.2.
 
Penyimpangan bias diterima bias juga di tolak.3.
 
Penyimpangan relatif dan penyimpangan mutlak.4.
 
Penyimpangan terhadap budaya nyata ataukah budaya ideal.5.
 
Terdapat norma-norma penghindaran dalam penyimpangan.6.
 
Penyimpangan social bersifat adaptif ( menyesuakan ).B.
 
Sebab
 –
sebab Perilaku Menyimpanga)
 
Ketidaksamaan Menyerap Norma-norma KebudayaanSeseorang yang tidak sanggup menyerap norma-norma kebudayaan kedalamkepribadiannya , ia tidak dapat membedakan hal yang pantas dan tidak pantas. Keadaanitu terjadi akibat dari proses sosialisasi yang tidak sempurna.b)
 
Proses Belajar yang MenyimpangSeseorang yang tidak melakukan tindakan menyimpang karena seringnya membaca ataumelihat tayang tentang perilaku menyimpang. Hal itu disebabkan karena proses belajaryang menyimpang.c)
 
Ketegangan antara kebudayaan dan struktur socialTerjadi ketegangan antara kebudayaan dan struktur social dapat menyebabkan perilakumenyimpang. hal itu terjadi dalam upaya mencapai suatu tujuan seseorang memperolehpeluang.d)
 
Ikatan Sosial Yang BerlainanSetiap orang umumnya berhubungan dengan beberapa kelompok. Jika pergaulanmempunyai pola
 –
pola perilaku yang menyimpang , maka kemungkinan ia juga akanmencontohnya.e)
 
Akibat Proses Sosialisasi nilai-nilai Sub-Kebudayaan Yang Menyimpang.Seringnya media massa menampilkan berita atau tayangan tentang tindak kejahatanmenyebabkan anak secara tidak sengaja menganggap bahwa perilaku menyimpangtersebut sesuatu yang wajar.Seringnya media massa menampilkan cerita atau tayangan tentang tindak kejahatanmenyebabkan anak secara tidak sengaja menganggap bahwa perilaku menyimpang tersebutsesuatu yang wajar.C.
 
Jenis-Jenis Perilaku Menyimpung1)
 
Berdasarkan kekerapannyaa.
 
Penyimpangan social primer

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->