Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aldehida Dan Keton

Aldehida Dan Keton

Ratings: (0)|Views: 113 |Likes:
Published by Muhammad Fiji

More info:

Published by: Muhammad Fiji on Oct 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
 
ALDEHID & KETON
Muhammad Fiji (03111403025)
FAKULTAS TEKNIKTEKNIK KIMIAUNIVERSITAS SRIWIJAYA2012
 
I.
 
Aldehida
Semua aldehida, kecuali untuk formaldehida, memiliki gugus karbonil (C = O) yang melekat padahidrogen di satu sisi dan sebuah gugus alkil atau aril di sisi lain. Formaldehida, aldehid palingsederhana, memiliki hidrogen di kedua sisi gugus karbonil.
Tata nama
Aldehida diberi nama menggunakan salah satu sistem umum atau sistem IUPAC. Nama umumAldehid berasal dari nama-nama umum dari asam karboksilat yang sesuai.
 
Sebagai contoh:Sistem IUPAC menggunakan serangkaian aturan untuk merumuskan nama senyawa. Aturanberikut ini menjelaskan bagaimana nama aldehida alifatik:1.
 
Memilih rantai karbon terpanjang yang mengandung gugus karbonil.2.
 
Nama asli berasal dari nama alkana yang nomor karbonnya sama.3.
 
Menghilangkan akhiran -na dari nama alkana dan menambahkan -nal.4.
 
Nomori rantai sehingga karbon karbonil memiliki angka yang serendah mungkin.5.
 
Namai substituen.Contoh berikut menggambarkan penamaan IUPAC:
 
 
Dalam sistem IUPAC, siklik, alifatik, dan aldehida aromatik diberi nama dengan menambahkankata carbaldehyde untuk nama sistem cincin.Kimiawan kebanyakan menggunakan benzaldehida nama bukan benzenecarbaldehyde.
 
Banyakteks dan artikel juga menggunakan nama alternatif.
Sifat fisik
Kedua aldehida dan keton, yang akan dijelaskan kemudian dalam bab ini, memiliki titik didih lebihtinggi dari hidrokarbon dengan panjang rantai yang sama karena tingkat polaritas yang lebih besardan interaksi dipol-dipol antarmolekul yang lebih besar.Gugus karbonil tidak dapat membentukikatan hidrogen antarmolekul yang kuat, sehingga kedua aldehid dan keton umumnya mendidihpada suhu lebih rendah dari analog alkohol mereka.
 
Namun, aldehid dan keton dengan beratmolekul rendah membentuk ikatan hidrogen yang kuat dengan air, yang menyebabkan kelarutanyang baik.
Struktur gugus karbonil
Dalam kedua aldehid dan keton, gugus karbonil, dengan atom hidrogen yang dilekatkan, gugusalkil, atau kelompok aril, terletak pada sebuah pesawat dengan semua sudut ikatan dekat dengan120 °.
 
Panjang ikatan ikatan karbon-oksigen rangkap secara signifikan lebih pendek dari panjangikatan rata-rata ikatan karbon-oksigen tunggal dalam alkohol atau eter.
 
Faktor ini membuat guguskarbonil polar. Kedua aldehid dan keton memiliki momen dipol yang secara substansial lebih besardaripada analog dengan karbon-karbon ikatan ganda.
 
Sebagai contoh, 1-butena menunjukkanmomen dipol sebesar 0,3 unit Debye (0,3 D), sedangkan propanol memiliki momen dipol sebesar2,5 D.
II.
 
Sintesis Aldehida
Aldehida dapat dibuat melalui sejumlah jalur.
 
Beberapa metode yang umum dijelaskan di sini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->