Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
GEOLOGI-SEJARAH

GEOLOGI-SEJARAH

Ratings: (0)|Views: 62 |Likes:

More info:

Published by: Anna Alnita Pabubung on Oct 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
GEOLOGI SEJARAH
Geologi sejarah merupakan salah satu cabang geologi yang mempelajarisejarah terjadinya bumi dan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi. Tidak di ketahui
dengan pasti berapa juta tahun yang lalu bumi ini “dilahirkan”, demikian juga kapan
kulit bumi ini terbentuk.Untuk memperkirakan hal tersebut dengan didasarkan pada Ilmu pengetahuandan bertitiktolak dari gejala-gejala geologi yang terekam pada kulit bumi yangberhasil diamati, maka di coba disusun skala waktu geologi.Pembagian kurun dipelajari berdasarkan sisa-sisa kehidupan purba yang telahmembatu yang di sebut fosil atau didasarkan atas adanya perkembangan kehidupanyang nyata.
A. Skala Waktu Geologia.
 
Masa Arkeozoikum
 Arkeozoikum dapat diartikan sebagai masa tanpa kehidupan. Bumidigambarkan masih dalam keadaan cair pijar dan membara dengan suhu yangsangat tinggi.Menurut Soewarno Darsoprajitno (1997 : 3), sekitar satu milyard tahun yanglalu, bumi mulai membentuk kerak, dan beberapa ratus juta tahun kemudian suhubumi mulai menyusut dan seluruh permukaaan bumi sudah membeku. Keadaanini disusul pula oleh penyusutan suhu gas yang meliputi bumi hinggamengembunlah uap air dan jatuh ke bumi sebagai hujan lebat. Hujan ini yangdiduga membentuk lautan dan danau di berbagai bagian yang rendahdipermukaan bumi. Bersamaan dengan itu, pembentukan udara yang meliputi
 
bumipun makin sempurna, sehingga terlindung dari benturan berbagai bendaruang angkasa yang di sebut meteorit.
b. Masa Paleozoikum
 Diperkirakan masa berlangsung di mulai sejak 570 juta tahun yang lalu.Padamasa ini sudah ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan , berupa kerangka ataucangkang binatang purba yang telah membatu. Masa Paleozoikum terbagi atas 6zaman, yaiti :1
. Kambrium
, zaman ini berlangsung sejak 570 hingga 500 juta tahun yang laludan dicirikan oleh adanya fosil binatang laut yang primitif yang disebuttrilobit. Kambrium berasal dari nama suatu daerah di Inggris bernamaCambria. Di daerah ini ditemukan singkapan batuan yang di pakai sebagaiperconto yang bagus untuk umur Kambrium
.
 
2. Ordovisium
, nama zaman yang berasal dari nama suku bangsa Celtic yangdisebut Ordovices. Zaman ini berlangsung sejak 500 hingga 440 juta tahunyang lalu dan dicirikan dengan meningkatnya jumlah binatang lautinvertebrata.3.
Silur 
, namanya berasal dari suku bangsa primitif SILURES yang tinggal disuatu daerah di Inggris dan berlangsung sejak 440 hingga 395 juta tahun yanglalu. Fosil yang mencirikan zaman Silur yaiutu fosil binatang laut yangdisebut eurypterids, yaitu semacam kalajengking.4.
 Devon
, berasal dari nama daerah di Inggris Barat Daya dan zaman iniberlangsung sejak 395 hingga 345 juta tahun lalu. Batuan yang mengandungfosil ikan bintang merupakan salahsatu contoh batuan yang mencirikan zamanDevon.
 
5.
Karbon
, berlangsung sejak 345 hingga 280 juta tahun lalu.Nama zaman inimulai digunakan sejak 1822 pada saat ditemukan lapisan batuan yangmengandung batubara. Hal ini juga diyakinkan dengan banyaknya endapanbatubara yang terbentuk dari tumbuhan yang berasal dari zaman tersebut.6.
Perem
, zaman terakhir dari masa Paleozoikum, namanya berasal dari daerah diRusia bagian timur laut yaitu Perem. Di daerah ini ditemukan endapan lautpenuh fosil yang dapat dibakukan untuk mencirikan zamannya, yaitu fosilbersel satu yang disebut Fusulina. Zaman ini berlangsung sejak 280 sampai225 juta tahun lalu.
c.
 
Masa Mesozoikum
 Dalam sejarah, masa ini disebut juga masa pertengahan, berlangsung selama160 juta tahun sejak 225 sampai 65 juta tahun lalu. Pada masa ini ditandai olehhadirnya binatang reptil baik di darat, laut atau yang dapat melayang di udara.Masa Mesozoikum di bagi menjadi tiga zaman, yaitu :1.
Trias
, nama zaman ini berasal dari Jerman yang berarti tiga, berdasar suatulapisan batuan yang terdiri dari endapan batuan yang berwarna merah (bagianbawah), serpih laut dan batugamping (bagian tengah) dan endapan berwarnamerah (bagian atas). Zaman ini berlangsung sejak 225 sampai 190 juta tahunlalu.2.
 Jura
, zaman ini berlangsung selama 55 juta tahun sejak 190 sampai 136 jutatahun yang lalu. Namanya berasal dari nama pegunungan yang terletak dibatas Swiss dan Perancis, dimana endapan batuannya banyak mengandungfosil yang beraneka ragan dan dalam keadaan baik. Salahsatu Fosil yangditemukan berupa fosil binatang purba yang popular di sebut Dinosaurus.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->