Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pasar Persaingan

Makalah Pasar Persaingan

Ratings: (0)|Views: 286|Likes:
Published by Dian Trisjayanti

More info:

Published by: Dian Trisjayanti on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/05/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 1.1 Latar BelakangPada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secaraleluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dankonsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaranmencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapatterutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu,kopra, dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil danpenyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa ( pertukangan, kerajinan ).
 
Dalam persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya, jumlahpembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya, sehingga masing-masing pembeli dan penjualtidak mampu mempengaruhi harga pasar. Dengan demikian masing-masing pembeli dan penjualtelah menerima tingkat harga yang terbentuk di pasar sebagai suatu datum atau fakta yang tidak dapat di ubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil darikeseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehinggabila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikan harga. Makapembeli akan lari penjual lainnya.1.2 Rumusan MasalahDari latar belakang di atas dapat di buat beberapa rumusan masalah yaitu antar lain:1.
 
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna.2.
 
Pemaksimuman keuntungan jangka pendek.3.
 
Keseimbangan dalam industri.4.
 
Kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.1.3 TujuanTujuan pembuatan karya tulis ini adalah:1.
 
Untuk mengetahui cirri-ciri pasar persaingan sempurna.2.
 
Untuk mengetahui pemaksimuman keuntungan jangka pendek.3.
 
Untuk mengetahui keseimbangan dalam industri.Untuk mengetahui kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.
BAB II
 
PEMBAHASAN MASALAH
 2.
1 Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
 Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimanaterdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak dapatmempengaruhi keadaan di pasar.
 
Ciri-ciri selengkapnya dari pasar persaingan sempurna adalah seperti yang diuraikandibawah ini :

Perusahaan adalah pengambil harga
 Pengambil harga atau
 price taker 
berarti suatu perusahan yang ada di dalam pasartidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan dalampasar, ia tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Hargabarang di pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhanpembeli. Seorang produsen terlalu kecil peranannya didalam pasar sehingga tidak dapatmempengaruhi penentuan harga atau tingkat produksi dipasar. Peranannya sangat keciltersebut disebabkan karena jumlah produksi yang diciptakan produsen merupakansebagian kecil saja dari keseluruhan jumlah barang yang dihasilkan dan diperjual-belikan.

Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk 
Sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industritersebut, langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsenyang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, produsen tersebut dapat denganmudah melakukan kegiatan yang diinginkannya tersebut. Sama sekali tidak terdapathambatan-hambatan, baik secara legal maupun dalam bentuk lain secara keuangan atausecara kemampuan teknologi, misalnya kepada perusahaan-perusahaan untuk memasukiatau meninggalkan bidang usaha tersebut.

 Menghasilkan barang serupa
Barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibeda-bedakan.Barang yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak terdapat perbedaan yang nyatadiantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan lainnya. Barang seperti itu dinamakandengan istilah barang
identical
atau
homogenous.
Karena barang-barang tersebut adalahsangat serupa para pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan produsen Aatau B atau produsen yang lainnya. Barang yang dihasilkan seorang produsen merupakanpengganti sempurna kepda barang yang dihasilkan oleh produsen-produsen lain. Sebagai

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->