Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
In Vertebra Ta

In Vertebra Ta

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:
Published by Fitri Doank

More info:

Published by: Fitri Doank on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

 
Para saintis menempatkan hewan pada dua katergori utama, yaitu: invertebrata (in =tanpa, vertebrae = tulang belakang) dan vertebrata (bertulang belakang).Invertebrata adalah hewan tingkat rendah dan tidak memiliki tulang belakang.Invertebrata terdiri dibagi dalam beberapa filum, yaitu :1. Porifera2. Coelentrata3. Platyhelminthes4. Nemathelminthes5. Annelida6. Mollusca7. Arthropoda8. Echinodermata .9. Chordata
1. Filum Porifera
 Porifera berasal dari kata porus = lubang-lubang kecil, danfera = mengandung. Jadi, porifera berarti hewan yang memiliki pori-pori. Dalamkehidupan, porifera belum memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pada beberapa negaramaju, misalnya Amerika, porifera dimanfaatkan untuk memproduksi spons.Spons tersebut dimanfaatkan sebagai alat penggosok tubuh pada waktu mandi dan alatuntuk membersihkan kaca.
Ciri-ciri umum Porifera 
 1. Porifera merupakan hewan metazoa yang paling sederhana.2. Tubuh terdiri atas banyak sel.3. Bentuk tubuhnya seperti tabung atau jambangan yang berpori dan di dalamnyaterdapat rongga tubuh.4. Biasanya hidup di laut, mulai dari daerah perairan pantai yang dangkal hinggadaerah berkedalaman 5,5km.5. Tubuhnya melekat pada suatu dasar dan tidak dapat berpindah tempat (sesil).6. Struktur tubuhnya memiliki dua lapisan sel (dipliblastik), yaitu lapisan luar danlapisan dalam.7. Makanan porifera berupa plankton atau bahan organik yang masuk bersamaaliran air melewati pori.8. Tidak memiliki sistem saluran pencernaan makanan. Sistem pencernaannyaberlangsung secara intraseluler.
 
2. Filum Coelenterata
 Coelenterata berasal dari kata Yunani, koilos = rongga, dan enteron = usus. Jadi,coelenterata adalah hewan yang berrongga. Kebanyakan hewan coelenteratamenguntungkan manusia, misalnya ubur-ubur. Aurelia dapat dimanfaatkan sebagaitepung ubur-ubur dan untuk bahan kosmetik. Bbrp jenis hewan tertentu, kerangkatubuhnya dapat dimanfaatkan untuk hiasan, misalnya karang merah.Bbrp kerangka tubuh coelenterata dapat membentuk karang pantai yang dapatmelindungi pantai dari ombak shg dapat mencegah terjadinya erosi di pantai.
Ciri-ciri umum Coelenterata 
 1. Kebanyakan hidup di laut, hanya bbrp jenis yang hidup di air tawar.2. Termasuk hewan metazoa yang bersifat diploblastik.3. Bentuk tubuhnya simetri radial.4. Tidak memiliki anus, shg sisa makanan dikeluarkan dari mulut dengan caradimuntahkan.5. Reproduksi berlangsung secara seksual dan aseksual.
3. Filum Platyhelmintes
 Platyhelmintes merupakan kelompok cacing yang tubuhnya berbentuk pipih (platy =pipih, dan helmintes = cacing). Kelompok cacing pipih ini memiliki struktur tubuh palingsederhana dibandingkan susunan tubuh cacing pada filum lainnya.
Ciri-ciri Platyhelmintes 
 1. Memiliki struktur tubuh pipih, ada yang berbentuk seperti pipa, lunak, dan takbersegmen.2. Susunan tubuhnya simetri bilateral.3. Merupakan hewan triploblastik aselomata.4. Tidak memiliki sistem peredaran darah dan respirasi.5. Alat pencernaannya belum sempurna, umumnya hanya mempunyai mulut dantidak memiliki anus.
4. Filum Nemathelmintes (Nematoda)
 Nemathelmintes berasal dari bahasa Yunani, Nematos = benang, nelmintes = cacing.Jadi, nemathelmintes berarti cacing benang. Tubuh nemathelmintes bergerak bulatpanjang dan tidak bersegmen sehingga cacing tersebut dikenal juga dengan sebutan
 
cacing gilig. Nemathelmintes ada yang hidup secara bebas dan ada juga yang hidupsbg parasit.
Ciri-ciri Nemathelmintes 
 1. Merupakan hewan triploblastik yang memiliki selom semu sehingga anggotanyadikenal sebagai hewan triploblastik pseudoselomata.2. Memiliki bentuk tubuh simetri bilateral.3. Dinding tubuhnya terdiri atas tiga lapisan, yaitu ektoderm, mesoderm, danendoderm.4. Semua anggotanya bereproduksi secara seksual.5. Cacing betina pada umumnya berukuran lebih besar dibandingkan cacing jantan.6. Tubuhnya tertutup dengan lapisan kutikula.
5. Filum Annelida
 Kata Annelida berasal dari bahasa Yunani, yaitu annulus yang berarti gelang atausegmen. Jadi, annelida dapat diartikan sebagai cacing yang tubuhnya bersegmen-segmen menyerupai cincin/gelang.
Ciri-ciri Annelida 
 1. Merupakan hewan triploblastik selomata.2. Pernafasan biasa dilakukan oleh seluruh permukaan tubuhnya.3. Ada yang bersifat hermafrodit dan ada yang monocious.4. Memiliki alat gerak berupa rambut atau seta yang terdapat di permukaan kulit.5. Kebanyakan ditemukan di daerah tanah gembur dan tumpukan sampah tumbuh-tumbuhan.
6. Filum Mollusca
 Mollusca berasal dari bahasa Latin, yaitu mollus berarti lunak. Jadi, mollusca berartihewan yang bertubuh lunak. Mollusca dapat digunakan sebagai bahan makanan dansumber protein hewan, misalnya kerang, cumi-cumi, beberapa siput air, dan bekicot.Mollusca juga dapat digunakan sebagai penghasil mutiara, yaitu tiram mutiara.
Ciri-ciri Mollusca 
 1. Merupakan hewan triploblastik.2. Tubuhnya lunak, simetris bilateral, dan tidak beruas-ruas.3. Mollusca memiliki mantel yang dapat membuat cangkok dari bahan kalsiumkarbonat dan kelenjar lendir.4. Bersifat kosmopolit, artinya dapat dijumpai di berbagai tempat, yaitu darat, air tawar, laut, daerah panas sampai daerah dingin.5. Mollusca sudah memiliki sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistemekskresi, sistem saraf, sistem reproduksi, dan sistem otot.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->