Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Globalisasi Buah Impor

Globalisasi Buah Impor

Ratings: (0)|Views: 190 |Likes:
Published by Yuda EL Borneo

More info:

Published by: Yuda EL Borneo on Oct 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
Globalisasi dan Buah Impor: Dominasi Buah Impor diPasar Tradisional Indonesia
Abstract
 Indonesia is one of the actors of globalization. When the barrier of imported product wasopened since Indonesia
signed
the FTA deal with other countries, various product produced in foreign countries were marketed in Indonesia in large quantity including imported fruit.Globalization affects the flooding of imported fruits in the Indonesian traditional market. Many fruits produced by other countries could be found easily in Indonesian traditional market  following the government embracing the free market system. Indonesia's inability to competewith other producer countries, such as China, in terms of price and quality meant imported  fruit was beginning to dominate the domestic market. This study tried to answer the questionwhy imported fruits could be found easily in Indonesian traditional markets.
Keyword:
 globalization, imported fruit, traditional market.
Pendahuluan
Jika ditanya apa itu globalisasi maka semua orang akan menjawab dalam berbagaiversi, ada yang mengatakan globalisasi adalah modernisasi, yang lain mengatakan globalisasiadalah liberalisasi, bahkan ada yang mengatakan globalisasi adalah bentuk westernisasi danlain sebagainya. Jawaban-jawaban yang begitu banyak tersebut mungkin akanmembingungkan, manakah di antara jawaban tersebut yang paling tepat. Untuk mengetahuinya,sebelumnya marilah kita berkaca pada kisah tiga orang buta dengan seekor gajah. Alkisahketiga orang buta tersebut diperintahkan untuk menjelaskan rupa gajah. Orang buta pertamameraba telinga gajah hingga ia menyimpulkan bahwa gajah itu bentuknya pipih. Orang butakedua meraba belalai gajah hingga ia menggambarkan bahwa gajah itu panjang seperti ular.Dan orang buta ketiga meraba badan gajah sehingga ia menyimpulkan bahwa gajah itu besar.Kisah ini menunjukkan bahwa seseorang hanya dapat memahami sesuatu sesuai dengan pengalamannya. Sama halnya dengan memahami globalisasi. Makna globalisasi yang memiliki berbagai macam versi diakibatkan dari perbedaan pengalaman dari orang yang memaknainya. Namun tetap jika melihat dengan kacamata yang luas maka jawaban-jawaban tersebutsemuanya adalah benar.
 
Dalam tulisan ini penulis tidak akan menjelaskan secara luas dan panjang lebar menyangkut makna dari globalisasi. Cukup dengan mengambil salah satu bagian dariglobalisasi, penulis berusaha menjelaskan fenomena membanjirnya produk buah impor pada pasar tradisional Indonesia dalam kacamata globalisasi yang berkaitan dengan dimensiliberalisasi. Menurut Jan Art Scholte pengertian globalisasi mencakup lima dimensi yangmasing-masingnya mempengaruhi mempengaruhi karakteristik interaksi aktor-aktor dalamekonomi politik internasional.
1
Salah satunya adalah dimensi
liberalization.
Globalisasimengandung arti adanya proses liberalisasi atau pengurangan dan peniadaan hambatan tarif dannon-tarif yang dikenakan oleh negara terhadap aliran barang dan jasa dalam rangkamenciptakan perekonomian global yang terbuka dan dikendalikan oleh mekanisme pasar .
2
 
Buah Impor di Indonesia
Era globalisasi dan perdagangan bebas berimplikasi pada semakin ketatnya persainganantara produk-produk yang dihasilkan oleh negara-negara tidak terkecuali produk hortikulturasemisal buah. Masuknya Indonesia dalam World Trade Organization (WTO), AFTA, AANZ(
 Asean Australian New Zealand 
), Indonesia – Malaysia, IJ-EPA (
 Indonesian Japan
 
 Economic Partnership Agreement 
) serta kesepakatan perdagangan bebas antara Cina dan ASEAN (China-ASEAN Free Trade Area/ACFTA) pada tahun 2004 dan mulai berlaku sejak 1 Januari 2010,adalah sebuah bentuk aplikasi nyata globalisasi yang diterapkan Indonesia. Kesepakatantersebut, pada dasarnya mempunyai komitmen untuk mengurangi hambatan perdagangan,mengurangi subsidi ekspor, mengurangi tarif impor, mengurangi bantuan domestik yangmendistorsi pasar. Dengan resminya Indonesia bergabung pada kesepakatan-kesepakatantersebut, Indonesia telah memantapkan diri mengintergrasikan pasar dalam negerinya kepada pasar yang lebih luas yakni pasar regional dan Internasional. Konsekuensi logis dari itu semuaadalah dibukanya kompetisi antara aktor-aktor terkait.Dengan dibukanya keran globalisasi dengan wujud perdagangan bebas, hal tersebutdapat menjadi tantangan dan sekaligus menjadi peluang yang besar bagi setiap negara termasuk Indonesia. Tantangan dan peluang tersebut juga berlaku bagi industri holtikultura di Indonesiayang salah satunya adalah buah. Salah satu masalah Indonesia yang masih mengemuka selama beberapa tahun belakangan ini adalah derasnya arus penetrasi buah impor. Ironis memang,ketika Indonesia yang terkenal sebagai negara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati
1
Aleksius Jemadu, Politik Global dalam Teori dan Praktik, 2008, Yogyakarta; Graha Ilmu,hal. 229.
2
Ibid. hal 229.
 
termasuk buah-buahan. Buah lokal di Indonesia memiliki keanekaragaman dengan nilaieksotika yang cukup tinggi baik dari bentuk buah, rasa maupun aroma, seperti buah manggis, pepaya, pisang, salak, dan mangga harus tenggelam cukup dalam di pasar lokal denganmembanjirnya buah-buah impor termasuk yang berasal dari negara subtropis.
3
Dari gambar 1.1dapat dilihat bahwa buah impor terbesar buah segar di Indonesia didominasi oleh buah jeruk,apel dan pir. Anehnya lagi buah-buah yang diimpor oleh Indonesia dan ternyata cukup besar  jumlahnya termasuk diantaranya adalah jenis buah yang merupakan buah lokal tropis seperti pisang, jambu biji, mangga, pepaya, dan durian.
4
 Data Kementerian Pertanian menyebutkan, pada 2005, impor buah-buahan Indonesiasebanyak 413.410,6 ton senilai US$234,07 juta. Sedangkan pada 2010 melonjak menjadi601.965,0 ton senilai US$591,68 juta.
5
 Seiring berlakunya Asean-China Free Trade Agreement(ACFTA) sejak awal 2010 lalu, impor buah dari China pun semakin pesat. Pada triwulanI/2011 ini, impor buah-buahan terutama untuk jenis jeruk mandarin dan pir dari Chinamelambung tinggi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor buah seperti jeruk mandarindari China di kuartal satu 2011 sekira US$85 juta atau melonjak 25 persen dari kuartal satutahun lalu sekira US$68 juta.
6
Impor pir dari China periode Januari-Maret 2010 nilainya sekitar 11 juta dolas AS. Ternyata periode yang sama tahun 2011 nilai impornya telah melonjak menjadi sekitar 30 juta dolar AS atau meningkat sekitar 170 persen.
7
Meskipun Indonesia juga mengekspor beberapa jenis buah lokal ke berbagai negara,namun jika melihat neraca perdagangan ekspor-impor, Indonesia selalu mengalami defisit perdagangan yang cukup besar (lihat Gambar 1.2). Contohnya saja sepanjang 2010 Indonesiamengalami kerugian dalam perdagangan buah-buahan dengan Cina, dengan defisit 600 jutadolar AS atau setara Rp5,4 triliun.
8
 Secara ekonomi jika terjadi defisit neraca perdagangan
3
Kristina Ananingsih, Mendongkrak Potensi Buah Lokal di Pasar Global (online),http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/6206218231_1411-7924.pdf, diakses pada 20 Juni2011.
4
Ibid.
5
_______, Buah Impor dan Rezim Ekonomi Pencitraan (online),http://www.kabarbisnis.com/read/2820381, diakses pada 20 Juni 2011.
6
Suwandi (eds), Indonesia Tak Pantas Ekspor Buah (online),http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=197867&Itemid=, diakses pada 20 Juni 2011.
7
Faisal, Harga Murah, Buah China Serbu Pasar Indonesia (online),http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/05/26/harga-murah-buah-china-serbu-pasar-indonesia, diakses pada 20 Juni 2011.
8
Win, Perdagangan Buah Indonesia Defisit Rp 5,4 T (online),http://3detik.com/perdagangan-buah-indonesia-defisit-rp54-t/, diakses pada 20 Juni 2011.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->