Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permintaan

Permintaan

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Thareq Kemal
Demand Theory
Demand Theory

More info:

Published by: Thareq Kemal on Oct 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
Nama : Muhammad Thareq KemalNIM : 1001101010035
1
Permintaan :
Utilitas dan Pilihan
Teori pilihan (theory of choice)
adalah hubungan timbal balik antara preferensi(pilihan) dan berbagai kendala yang menyebabkan seseorang menentukan pilihan-pilihannya. Hal-hal yang menjadi kendalanya adalah, waktu, pendapatan, danbanayak faktor lain dalam menentukan pilihannya.
Utilitas
 
Utilitas
merupakan kesenangan, kepuasan, atau pemenuhan kebutuhan yangdiperoleh seseorang dari aktivitas ekonominya.
Asumsi
Ceteris Paribus
Untuk menyederhanakan masalah, ekonom memfokuskan pada faktor-faktorekonomi dasar yang dapat dihitung saja, dan melihat bagaimana orang-orangmentukan pilihannya. Sehingga banyak analisis ekonomi yang didasarkan pada
asumsi
 ceteris paribus
(faktor-fator lain dianggap sama). Kita dapatmenyederhanakan analisis keputusan konsumsi seseorang dengan mengasumsikanbahwa kepuasannya hanya dipengaruhi oleh pilihan yang dibuat di antarabeberapa alternatif, dan faktor-faktor lain dianggap tidak berubah (konstan).Dengan demikian, kita dapat membatasi faktor ekonomi yang mempengaruhiperilaku konsumsi.
Utilitas dari Konsumsi Dua Barang
Pada masalah individu dalam memilih kuantitas dua barang yang dikonsumsi(untuk berbagai tujuan kita menyederhankannya menjadi baran
g “X” dan “Y”).
Kita mengasumsikan bahwa orang akan menerima utilitas/kepuasan dari barang-barang ini dan kita dapat menunjukkan utilitas ini dalam notasi fungsi :
Utilitas = U(X, Y; barang lain)
[2.1]Notasi ini menyatakan bahwa utilitas seorang individu dari konsumsi dua barangX dan Y selama beberpa periode waktu tergantung pada kuantitas konsumsi
 barang X dan Y itu, dan kuantitas konsumsi “barang lain”.
Jika salah satu dari
faktor “barang lain” terse
but berubah, utilitas dari sejumlah tertentu barang X dan
 
Nama : Muhammad Thareq KemalNIM : 1001101010035
2
Y mungkin akan sangat berbeda daripada utilitas sebelumnya. Denganmengasumsikan bahwa semua fator lain yang mempengaruhi utilitas dianggapkonstan (tidak berubah), maka fungsi utilitas menjadi :
Utilitas = U (X,Y)
[2.2]
Mengukur Utilitas
Untuk mengukur utilitas, kita dapat melengkapi pelajaran tentang teori pilihanekonomi tanpa mengukur tingkat utilitas aktual. Untuk itu, kita hanya perlumengasumsikan bahwa seseorang memiliki preferensi yang benar sehinggamereka dapat dengan jelas memutuskan pilihan antara situasi A dengan situasi B.Kita juga harus mengasumsikan bahwa preferensi-preferensi tersebut sesuaidengan beberapa aturan sederhana (akan dibahas pada bagian selanjutnya).Meskipun para ekonom masih berusaha menemukan cara lain untuk mengukurutilitas, kita dapat terus melanjutkan tanpa perlu ikut memecahkan masalah ini.
Asumsi-asumsi Mengenai Utilitas
 
Sifat-sifat Dasar Preferensi
 
Preferensi yang Lengkap :
asumsi bahwa para individu mampumenyatakan apa yang diinginkannya dari antara dua pilihan.
 
Transitivitas dari preferensi :
logika bahwa jika A lebih diinginkan dariB, dan B lebih diinginkan dari C, maka A harus lebih diinginkan dari C.
Gambar 2.1
Lebih banyak barang lebih disukai daripada sebaliknya
Bidang yang diarsirgelap menunjukkan
 
Nama : Muhammad Thareq KemalNIM : 1001101010035
3
kombinasi barang X dan barang Y yang menampakkan pilihan yang mendua(
unambigious
) pada kombinasi X*, Y*. Inilah mengapa barang-barang disebut
“barang (
goods
)”; individu lebih
memilih untuk mendapatkan barang yang lebihbanyak daripada sedikit. Kombinasi X*, Y* yang inferior, daerah dengan tanda tanya(?) mungkin lebih atau tidak lebih baik dari X*, Y*.
Pertukaran Sukarela dan Kurva Indiferens
Bidang dengan tanda tanya (?) pada Gambar 2.1, sulit untuk dibandingkan denganX*, Y*, karena menunjukkan konsumsi yang lebih banyak pada barang lainnya.Bilamana X*, Y* berpindah ke bidang lain, tidak jelas apakah utilitasnya akanmeningkat. Untuk dapat menyelidiki situasi ini, diperlukan beberapa perangkattambahan. Karena pengorbanan satu unit komoditas (misalnya uang) untuk mendapatkan unit tambahan dari komoditas lainnya (misalnya gula-gula),menimbulkan perdagangan dan pasar yang terorganisir, maka perangkat-perangkat baru ini menjadi dasar analisis permintaan.
Kurva Indiferens
Kurva indiferens adalah kurva yang menunjukkan seluruh kombinasi barang atau jasa yang memberikan tingkat kepuasan sama. Misalnya, Gambar 2.2menunjukkan kuantitas minuman ringan yang dikonsumsi oleh individu selamasatu minggu pada sumbu horizontal dan kuantitas hamburger yang dikonsumsipada sumbu vertikal di minggu yang sama.
Gambar 2.2
Kurva Indiferens

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->