Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Arti Dan Tujuan Pendidikan Indonesia

Makalah Arti Dan Tujuan Pendidikan Indonesia

Ratings: (0)|Views: 74 |Likes:
Published by Endang Sulistyorini

More info:

Categories:Types, Letters
Published by: Endang Sulistyorini on Oct 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2012

pdf

text

original

 
1BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang MasalahIlmu pengetahuan adalah suatu uraian yang sistematis dan metodis tentang suatu halatau masalah. Setelah melihat pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa syarat ilmupengetahuan sebagai berikut:1.
 
Ilmu pengetahuan harus ada obyeknya2.
 
Adapun obyek ilmu pengetahuan adalah obyek material dan formal. Obyek matrialadalah bahan yang menjadi sasaran suatu ilmu pengetahuan sedangkan obyek formaladalah sudut pembahasan suatu ilmu pengetahuan, misal: ilmu jiwa dan ilmu manusiayang kwdua macam ilmu pengetahuan itu mempunyai obek material sama (manusia),akan tetapi obyek formalnya berbeda. Oleh karena itu obyek material ilmupengetahuan dapat sama sedang obyek formalnya berbeda.3.
 
Ilmu pengetahuan harus metodis4.
 
Ilmu pengetahuan dalam mengdakan pembahasan serta penyelidikan untuk suatuilnmi pengrtahuan harus menggunakan metode yang ilmiah.5.
 
Ilmu pengetahuan harus sistematis.6.
 
Harus mempunyai dinamika : ilmi pengetajhuan harus tumbuh dan berkembang untuk mepunyai kesempuranaan.7.
 
Harus praktis : ilmi pengetahuan harus berguna dan dipraktekkan dalam kehidupansehari-hari.8.
 
Harus diabadikan untuk kesejahteraan manusia.Kedudukan ilmu pendidikan itu berada di tengah-tengah ilmu yang lain. Ilmupendidiakan ialah suatu llmu pengetahuan yang membahas masalah yamg behubungandengan pendidikan,syarat ilmu pendidikan adalah bersifat teoritis,praktis,dan normatif.Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya sadar dari suatu masyarakat danpemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan kehidupan generasipenerusnya. Selaku warga masyarakat,warga bangsa dan negara,secara berguna danbermakna serta mampu mengantisipasi hari depan mereka yang selalu terkait dengan
 
2konteks dinamika budaya,bangsa,negara dan hubungan international, maka pendidikantinggi tidak dapat mengabaikan realita kehidupan yang mengglobal yang digambarkasebagai perubahan kehidupan yang penuh dengan paradoksal dan ketidak keterdugaan.Dalam kehidupan kampus di seluruh perguruan tinggi indonesia,harus dikembangkanmenjadi lingkungan ilmiah yang dinamik, berwawasan budaya bangsa,bermoralkeagamaan dan berkepribadian indonesia.B.
 
Rumusan Masalah1.
 
Bagaimanakan arti Pendidikan di Indonesia ?2.
 
Bagaimanakah batasan Pendidikan di Indonesia ?3.
 
Bagaimanakah tujuan Pendidikan di Indonesia ?4.
 
Apa saja Visi dan Misi Pendidikan di Indonesia ?5.
 
Bagaimanakah strategi yang dubuat untuk mencapai tujuan Pendidikan di Indonesia ?C.
 
Tujuan penulisan1.
 
Mendeskripsikan arti Pendidikan di Indonesia.2.
 
Mendeskripsikan batasan Pendidikan di Indonesia.3.
 
Mendeskripsikan tujuan Pendidikan di Indonesia.4.
 
Mendeskripsikan Visi dan Misi Pendidikan di Indonesia.5.
 
Mendeskripsikan strategi yang dibuat untuk mencapai tujuan Pendidikan di Indonesia.D.
 
Manfaat Penulisan1.
 
Bagi PemerintahBisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan diIndonesia.2.
 
Bagi GuruBisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para peserta didiknya dapatberprestasi lebih baik dimasa yang akan datang.3.
 
Bagi MahasiswaBisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasidiri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
 
3BAB IIPEMBAHASANA.
 
Arti PendidikanDengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengansignifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dankaku menjadi lebih moderan. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuanpendidikan di Indonesia.Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan caramengungkapkan konsep dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuanpendidikan yang sesungguhnya.Pendidikan adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar atau disengaja gunauntuk menambah pengetahuan, wawasan serta pengalaman untuk menentukan tujuanhidup sehingga bisa memiliki pandangan yang luas untuk kearah depan lebih baik dandengan pendidikan itu sendiri dapat menciptakan orang-orang berkualitas. Pendidikan juga merupakan suatu usaha untuk mengembangkan intelektualitas supaya cepat dan tepatdalam mencerna semua gejala yang ada. Pendidikan itu sendiri juga dapat dilakukan baik dari keluarga, lingkungan, dan sekolah. Namun dengan adanya pendidikan itu sendiridapat menciptakan suasana penuh gejolak untuk lebih maju karena suasana prosespembelajaran secara sehat sehingga memunculkan persaingan dalam meningkatkanpengetahuan atau persaingan sehat.Pendidilan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilaiagama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.Untuk mewujudkan cita-cita ini, diperlukan perjuangan seluruh lapisan masyarakat.Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, Pendidikan berasal dari kata
"didik" 
, Lalu kataini mendapat awalan kata
"me" 
sehingga menjadi
"mendidik" 
artinya memelihara danmemberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran,tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->