Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bentuk perlindungan konstitusi.doc

bentuk perlindungan konstitusi.doc

Ratings: (0)|Views: 22 |Likes:
Published by Hanna G. Fauzia

More info:

Categories:Types, Legal forms
Published by: Hanna G. Fauzia on Oct 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

 
BENTUK – BENTUK PERLINDUNGAN KONSTITUSITERHADAP WARGA NEGARA
Pasal 14
Presiden memberi grasi, amnesti, abolisi dan rehabilitasi.
Warga negara yang sedang menjalankan hukuman di penjara berhak mendapatkangrasi, amnesti, abolisi, dan rehabilitasi dari presiden apabila memenuhi syarat yangtelah ditetapkan.
Pasal 15
Presiden memberi gelaran, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan.
Warga negara yang berjasa bagi negara berhak mendapatkan gelaran, tanda jasa, atautanda kehormatan yang lain dari presiden.
Pasal 27 ayat 1
“Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum danpemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.“
Setiap warga negara berhak mendapatkan keadilan dalam hal hukum dan pemerintahankarena memiliki kedudukan yang sama. Tetapi, warga negara juga harus menjunjunghukum dan pemerintahan.
Pasal 27 ayat 2
Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagikemanusiaan.
Setiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak 
 
Pasal 28
Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dantulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-undang.
Setiap warga negara bebas untuk berpendapat namun tetap tidak mengganggukepentingan warga lain.
Pasal 28 A
Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dankehidupannya.
Setiap warga negara mempunyai hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan yangdimilikinya.
Pasal 28 B ayat 1
Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melaluiperkawinan yang sah.
Setiap warga negara berhak untuk menikah dan memiliki anak. Tetapi, menikah yangdimaksud adalah menikah secara sah secara agama dan sipil.
Pasal 28 B ayat 2
Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang sertaberhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
Anak - anak juga termasuk warga negara. Anak – anak memiliki hak untuk dapat hidup,tumbuh, dan berkembang sesuai usia mereka. Anak – anak juga berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi karena mereka masih memiliki masadepan yang panjang. Kekerasan dan diskriminasi akan merugikan fisik dan mental yangdapat merusak masa depan mereka.
 
Pasal 28 C ayat 1
Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhandasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmupengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitashidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.
Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Kita sebagaiwarga negara perlu mengikuti perkembangan itu untuk meningkatkan kualitas hidupdan mencapai kesejahteraan. Namun sebelumnya, tentu kita harus memenuhi kebutuhandasar kita terlebih dahulu.
Pasal 28 C ayat 2
Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknyasecara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.
Setiap orang berhak untuk meningkatkan kualitasnya dalam membela hak – haknya baik secara individu maupun kelompok untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik.
Pasal 28 D ayat 1
Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastianhukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.
Setiap orang mempunyai kedudukan yang sama di mata hukum sehingga semua orangmendapatkan pengakuan, jaminan, perlindungan, dan perlakuan yang sama di dalamhukum.
Pasal 28 D ayat 2

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->