Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I,2,3,4,5

BAB I,2,3,4,5

Ratings: (0)|Views: 4|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Sufri Hasbi MK on Oct 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
Studi prilaku organisasi adalah telaah tentang pribadi dan dinamikakelompok dan konteksorganisasi, serta sifat organisasi itu sendiri. Setiap kali orang  berinteraksi dalam organisasi, banyak faktor yang ikut bermain. Studi organisasi berusaha untuk memahami dan menyusun model-model dari faktor-faktor ini.Seperti halnya dengan semua ilmu sosial, perilaku organisasi berusahauntuk mengontrol,memprediksikan, danmenjelaskan. Namun ada sejumlah kontroversi mengenai dampak etis dari pemusatan perhatian terhadap perilaku pekerja. Karena itu, perilaku organisasi (dan studi yang berdekatan dengannya,yaitu psikologi industri) kadang-kadang dituduh telah menjadi alat ilmiah bagi pihak yang berkuasa. Terlepas dari tuduhan-tuduhan itu, Perilaku Organisasi dapatmemainkan peranan penting dalam  perkembangan organisasi
 
dan keberhasilankerja, yang diantaranya membahas tentang Kepribadian dan Emosi, kedua haltersebut sangat berkaitan erat dengan prilaku organisasi.Kepribadian dan emosi akan mempengaruhi individu didalam sebuahorganisasi. Maka dari itu sangat diperlukan seseorang untuk tahu dan mengerti apaitu kepribadian dan emosi baik dari segi pengertian, ciri ciri, dll. Dengan penguasaan materi tentang Kepribadian dan Emosi ini diharapkan setiap individuakan bisa menempatkan dirinya didalam sebuah organisasi setelah menguasaimateri tersebut. Keberhasilan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh setiapindividu di dalamnya.
 
2
1.2 Rumusan Masalah
Apakah definisi dari Kepribadian dan emosi, ciri – ciri, dimensi emosi,serta pengaruhnya terhadap prilaku dalam organisasi ?
1.3 Tujuan Penulisan
a. Untuk mengetahui definisi dari Kepribadian dan emosi secara psikologismaupun definisi sehari harinya, ciri – ciri, atribut kepribadian utama yangmempengaruhi prilaku oraganisasi, serta mengetahui kepribadian dan budaya nasional. b. Untuk mengetahui dimensi dimensi emosi dan batas ekternal emosi terhadap prilaku organisasi.
1.4 Manfaat Penulisan
a. Manfaatnya untuk Mahasiswa adalah sebagai panduan atau tunjangan dalammata kuliah Prilaku organisasi. b. Manfaatnya Untuk Fakultas adalah sebagai tambahan karya tulis untuk memperkaya materi mengenai Prilaku Organisasi.c. Manfaatnya untuk Masyarakata dan dunia kerja, jika seseorang telahmengerti apa itu kepribadian dan emosi dan tau cara mengendalikannyadalam dunia organisasi maka akan sangat berguna untuk kemajuan sebuah perusahaan dan masyarakat. 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
 
3
2.1 Pengertian Perilaku Organisasi
Menurut Thoha (2007:5) perilaku organisasi merupakan suatu studi yangmenyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi atau suatukelompok tertentu.Menurut Duncan dalam Thoha (2007:5) hal-hal yang perludipertimbangkan dalam suatu perilaku organisasi adalah sebagai berikut:a)Studi perilaku organisasi termasuk didalamnya bagian-bagian yang relevandari semua ilmu tingkah laku yang berusaha menjelaskan b)Tindakan-tindakan manusia didalam organisasi.c)Perilaku organisasi sebagaiman suatu disiplin ilmu mengenai bahwaindividu dipengaruhi oleh bagaimana pekerjaan diatur adan siapa yang bertanggung jawab untuk pelaksanaannya.d)Walaupun dikenal adanya keunikan pada individu, namun perilakuorganisasi masih memusatkan pada kebutuhan manajer untuk menjamin bahwa keseluruhan tugas pekerjaan yang bisa dijalankan.
2.2 Pengertian Kepribadian
Kepribadian merupakan pola khas seseorang dalam berpikir, merasakandan berperilaku yang relatif stabil dan dapat diperkirakan (Dorland, 2002).Kepribadian juga merupakan jumlah total kecenderungan bawaan atau hereditedengan berbagai pengaruh dari lingkungan serta pendidikan, yang membentuk kondisi kejiwaan seseorang dan mempengaruhi sikapnya terhadap kehidupan(Weller, 2005). Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwakepribadian meliputi segala corak perilaku dan sifat yang khas dan dapat

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->