Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANCA INDRA 1.docx

PANCA INDRA 1.docx

Ratings: (0)|Views: 227|Likes:
Published by Sanjaya Ketut
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: Sanjaya Ketut on Oct 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
PANCA INDRA
 
Alat indera adalah alat tubuh yang berguna untuk mengetahui keadaan di luar tubuh.Alat indera ada lima, yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Kelima alat indra itudisebut panca indera.
 
Pada setiap alat indera terdapat saraf. Saraf ini akan menerima rangsang dari luartubuh. Kemudian, saraf mengirim rangsang itu ke otak. Saat rangsang diterima otak denganbaik, maka kita dapat melihat, mendengar, membau, mengecap, atau meraba. Alatindera harus dirawat dengan baik. Jika alat indera rusak, tubuh kita tidak dapat bekerjadengan baik. Akibatnya kita tidak dapat menikmati keadaaan sekitar.
 
1.
 
Mata ( Indra Penglihat)
 
Mata adalah indra penglihat. Bentuk bola mata bulat seperti bola bekel atau bolapingpong. Diamternya lebih kurang 2 cm. Sebagian besar terletak didalam rongga tengkorak.Mata terdiri atas bagian-bagian terperan penting dalam proses penglihatan. Selain itu, matadisertai bagian-bagian yang melindungi mata.
 
Gambar Mata bagian dalam
 
a.
 
Bagian-bagian mata
 
Bagian yang melindungi mata adalah alis mata, kelopak mata, dan bulu mata. Alismata merupakan rambut ( bulu) yang terletak diatas mata bemata. Kelopak mata terdiri darikelopak atas dan kelopak bawah. Kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari benda-benda asing, misalnya debu, asap, dan keringat. Bulu mata merupakan rambut yang terletak di kelopak mata. Bulu mat juga berguna melindungi mata dari benda asing.
 
Mata juga dilengkapi dengan kelenjar air mata dan otot mata. Kelenjar air matamenghasilkan air mata. Air mata berfungsi untuk membasahi kornea mata agar tidak kering.air mata juga berfungsi sebagai pelumas agar mata mudah digerakkan . kelenjar airmata mengeluarkan air mata pada saat kita mengedipkan mata. Otot mata berguna untuk menggerakkan bola mata sehinga dapat bergerak ke kanan-kiri dan ke atas- bawah.
 
Adapun bagian-bagian mata yang berhubungan dengan fungsi penglihatan, yaitu :
 
1)
 
Kornea (selaput bening)
 
Kornea sangat penting bagi ketajaman penglihatan kita. Fungsi utama kornea mataadalah menerima cahaya yang masuk ke mata. Cahaya tersebut diteruskan ke bagian matayang lebih dalam dan berakhir di retina. Kerena fungsinya itu, maka korneamemiliki beberapa sifat yaitu tidak berwarna ( bening) dan tidak mempunyai pembuluhdarah. Kerusakan pada kornea dapat menyebabkan kebutaan. Kornea mata orang yang sudahmeninggal dapat disumbangkan untuk menyembuhkan orang lain dari kebutaan.
 
2)
 
Iris (selaput pelangi) dan pupil (anak mata)
 
Iris adalah selembar otot yang terletak di belakang kornea. Iris suatu jaringan yangkaya dengan pembuluh darah. Warna iris memberikan warna pada mata. Iris bekerja samadengan pupil untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata sehin gga sesuaidengan kebutuhan. Pupil adalah celah (lubang) bundar yang ada di tengah-tengah iris. Dalamcahaya terang, otot iris mengerut dan menyebabkan iris mengecil. Mengecilnya pupil akanmenghentikan cahaya agar tidak terlalu banyak masuk ke mata. Dalam cahaya redup, otot-otot iris akan menjadi relaks sehingga pupil melebar. Melebarnya pupil memungkinkancahaya semakin banyak masuk ke mata. Fungsi pupil sama dengan fungsi diafragma pada alatpotret atau kamera.
 
3)
 
Lensa
 
Lensa terletak di belakang anak mata ( pupil) dan selaput pelangi ( iris). Fungsi lensaadalah memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar tepat jatuh ke retina.Dengan demikian mata dapat melihat dengan jelas. Lensa mata mempunyai kemampuanuntuk mencembung dan memipih untuk memfokuskan jatuhnya cahaya. Kemampuan lensauntuk mengubah kecembungannya disebut daya akomodasi. Apabila kita mengamati bendayang letaknya dekat, maka mata berakomodasi dengan kuat. Akibatnya, lensa mata menjadilebih cembungdan bayangan dapat jatuh tepat di retina. Apabila kita mengamati benda yang
 
letaknya jauh, maka mata tidak berakomodasi. Akibatnya, lensa berbentuk pipih. Pada orangberusia di atas 50 tahun, daya akomodasi lensa mata mulai menurun. Akibatnya, orang tuamenjadi sulit melihat dengan jelas.
 
4)
 
Badan Bening
 
Badan bening ini terletak di belakang lensa. Bentuknya seperti agar-agar. Fungsibadan bening ialah meneruskan cahaya yang telah melewati lensa. Cahaya itu selanjutnyadisampaikan ke selaput jala.
 
5)
 
Retina ( selaput jala)
 
Selaput jala merupakan selaput yang terletak paling belakan . Selaput jala menerimacahaya yang diteruskan oleh bagian-bagian mata didepannya. Pada selaput jala terdapatujung-ujung saraf penerima.
 
6)
 
Saraf mata
 
Saraf mata terutama berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang diterima.Rangsang tersebut diteruskan ke sususnan saraf pusat yang berada di otak. Dengan demikian,kita dapat melihat suatu benda.
 
b.
 
Cara kerja mata
 
Mata bekerja saat melihat objek. Tanpa cahaya, mata tidak dapat menjalankanfungsinya. Cahaya memasuki cahaya melalui pupil. Lensa mata mengarahkan cahayasehingga benda jatuh pada retina. Kemudian, ujung-ujung saraf penerima yang ada di retinaemnyampaikan bayangan itu ke otak.setelah diproses di otak, kita dapat melihat benda itu.
 
c.
 
Memelihara kesehatan mata
 
Kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata adalah sebagai berikut :
 
1)
Miopi (rabun jauh
) adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. Kelainan ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa minus (lensacekung).
 
2)
Hipermiopi (rabun dekat
) adalah ketidakmampuan mata melihat benda dekat dengan jelas. Kelainan mata ini dapat diatasi dengan menggunakan kacamata berlensa plus (lensacekung).
 
3)
Presbiopi ( mata tua)
adalah ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang dekat dan jauh dengan jelas. Kelaianan ini dapat diatasi dengan kacamata berlensa ganda, yaitu minusdan plus.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->