Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KTI-SAMPAH

KTI-SAMPAH

Ratings: (0)|Views: 1,006|Likes:
Published by Sinta Anggraeni

More info:

Published by: Sinta Anggraeni on Oct 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/16/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan
hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi “PR” besar bagi
bangsa Indonesia adalah faktor pembuangan limbah sampahplastik. Kantong plastik telah menjadi sampah yang berbahayadan sulit dikelola. Manusia memang dianugerahi Panca Inderayang membantunya mendeteksi berbagai hal yang mengancamhidupnya. Namun di dalam dunia modern ini muncul berbagaibentuk ancaman yang tidak terdeteksi oleh panca indera kita,yaitu berbagai jenis racun yang dibuat oleh manusia sendiri.Lebih dari 75.000 bahan kimia sintetis telah dihasilkanmanusia dalam beberapa puluh tahun terakhir. Banyak darinyayang tidak berwarna, berasa dan berbau, namun potensialmenimbulkan bahaya kesehatan. Sebagian besar dampak yangdiakibatkannya memang berdampak jangka panjang, sepertikanker, kerusakan saraf, gangguan reproduksi dan lain-lain.Sifat racun sintetis yang tidak berbau dan berwarna, dandampak kesehatannya yang berjangka panjang, membuatnyalepas dari perhatian kita. Kita lebih risau dengan gangguan yanglangsung bisa dirasakan oleh panca indera kita.Hal ini terlebih dalam kasus sampah, di mana gangguan bauyang menusuk dan pemandangan (keindahan/kebersihan)sangat menarik perhatian panca indera kita. Begitu dominannyagangguan bau dan pemandangan dari sampah inilah yang telahmengalihkan kita dari bahaya racun dari sampah, yang lebihmengancam kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita.
 
2
B.
 
Tujuan
Mengetahui Bahaya Racun-Racun dari Sampah
Saat ini sampah telah banyak berubah. Setengah abadyang lalu masyarakat belum banyak mengenal plastik. Merekalebih banyak menggunakan berbagai jenis bahan organis. Dimasa kecil saya (awal dasawarsa 1980), orang masihmenggunakan tas belanja dan membungkus daging dengandaun jati. Sedangkan sekarang kita berhadapan dengansampah-sampah jenis baru, khususnya berbagai jenis plastik.Sifat plastik dan bahan organis sangat berbeda. Bahan organismengandung bahan-bahan alami yang bisa diuraikan oleh alamdengan berbagai cara, bahkan hasil penguraiannya bergunauntuk berbagai aspek kehidupan.Sampah plastik dibuat dari bahan sintetis, umumnyamenggunakan minyak bumi sebagai bahan dasar, ditambahbahan-bahan tambahan yang umumnya merupakan logam berat(kadnium, timbal, nikel) atau bahan beracun lainnya sepertiChlor. Racun dari plastik ini terlepas pada saat terurai atauterbakar.Penguraian plastik akan melepaskan berbagai jenis logamberat dan bahan kimia lain yang dikandungnya. Bahan kimia initerlarut dalam air atau terikat di tanah, dan kemudian masuk ketubuh kita melalui makanan dan minuman.Sedangkan pembakaran plastik menghasilkan salah satu bahanpaling berbahaya di dunia, yaitu Dioksin. Dioksin adalah salahsatu dari sedikit bahan kimia yang telah diteliti secara intensif dan telah dipastikan menimbulkan Kanker. Bahaya dioksin seringdisejajarkan dengan DDT, yang sekarang telah dilarang diseluruh dunia. Selain dioksin, abu hasil pembakaran juga berisiberbagai logam berat yang terkandung di dalam plastik.
 
3
C.
 
Perumusan Masalah
1.
 
Apakah yang di maksud dengan sampah?2.
 
Apa saja bagian
bagian sampah?3.
 
Bagaimana dampak sampah bagi kehidupan?4.
 
Bagaimana bahaya sampah plastik bagi?? kesehatan danlingkungan?5.
 
Bagaimana cara mengurangi sampah?6.
 
apa yang di maksud dengan prinsip produksi bersih?

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Aiiu Asmaniar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->