Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
54Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan salep

Laporan salep

Ratings: (0)|Views: 1,358 |Likes:
Published by Gynaa Terakhirr

More info:

Published by: Gynaa Terakhirr on Nov 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

 
Laporan Kimia Farmasi
Penentuan Senyawa Obat dalam Sediaan Salep Page
 
 1
 
I.
 
Tujuan
1.
 
Mengetahui dan memahami prinsip penetapan kadar dengan metodeSpektrofotometri2.
 
Mengetahui dan memahami penerapan metode Spektrofotometri dalam bidangfarmasi3.
 
Mampu menetapkan kadar sediaan obat dalam bentuk salep secaraSpektrofotometri
II.
 
Dasar TeoriA.
 
Pengertian Salep
Salep adalah sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topikal padakulit atau selaput lendir. Dasar salep yang digunakan sebagai pembawa dibagi dalamempat kelompok yaitu dasar salep senyawa hidrokarbon, dasar salep serap, dasar salepyang dapat dicuci dengan air dan dasar salep larut dalam air. Salep obat menggunakansalah satu dari dasar salep tersebut (FI IV, hal. 18).
 B.
 
Penggolongan SalepBerdasarkan Kerja Farmakologi (Art of Compounding, hal 339), ada 3 golongan:
1.
 
Salep Epidermik 
 
Salep ini dimaksudkan hanya bekerja dipermukaan kulit untuk menghasilkan efek lokal. Diharapkan tidak diserap dan hanya berlaku sebagai pelindung, antiseptik,astringen melawan rangsangan (yaitu sebagai anti radang) dan parasitida. Dasar salepyang sering dipakai adalah vaselin.2.
 
Salep Endodermik 
 
Dimaksudkan untuk melepaskan obat ke kulit tetapi tidak menembus kulit, diserapsebagian saja. Salep ini dapat berlaku sebagai emolien, stimulan dan lokal iritan.Dasar salep terbaik yang digunakan adalah minyak tumbuhan dan minyak alami.3.
 
Salep Diadermik 
 
Salep ini dimaksudkan untuk melepaskan obat menembus kulit dan menimbulkan efek konstitusi (efek terapi yang diinginkan). Namun hal ini tidak lazim digunakan dan termasuk 
 
Laporan Kimia Farmasi
Penentuan Senyawa Obat dalam Sediaan Salep Page
 
 2
 
pemakaian khusus obat-obat seperti senyawa raksa, iodida dan belladona. Dasar salep yangterbaik digunakan adalah lanolin, adeps lanae dan oleum cacao.
Berdasarkan Penetrasi (RPS 16, 1518-1519), salep dikelompokkan menjadi :
1.
 
Mempunyai efek permukaanMempunyai efek permukaan, memiliki aktivitas membentuk lapisan film yangbertujuan untuk mencegah hilangnya kelembaban (sebagai protektif), efek membersihkan ataupun sebagai antibakteri. Pembawa (basis) harus dapatmemudahkan kontak dengan permukaan dan melepaskan zat aktif ke sasaran.2.
 
Mempunyai efek pada stratum korneumContoh salep dengan efek ini adalah sediaan sunscreen yang mengandung asam p-amino benzoat yang berpenetrasi ke stratum korneum.3.
 
Mempunyai efek epidermalPada salep ini obat/zat aktif dapat penetrasi kelapisan kulit yang paling dalam.
Menurut konsistensinya salep dibagi menjadi :
1.
 
Unguenta : adalah salep yang mempunyai konsistensi seperti mentega, tidak mencairpada suhu biasa tetapi mudah dioleskan tanpa memakai tenaga.
 
2.
 
Cream : adalah salep yang banyak mengandung air, mudah diserap kulit. Suatu tipeyang dapat dicuci dengan air.
 
3.
 
Pasta : adalah suatu salep yang mengandung lebih dari 50% zat padat (serbuk). Suatusalep tebal karena merupakan penutup atau pelindung bagian kulit yang diberi.
 
4.
 
Cerata : adalah suatu salep berlemak yang mengandung persentase tinggi lilin(waxes), sehingga konsistensinya lebih keras.
 
5.
 
Gelones Spumae : (Jelly) adalah suatu salep yang lebih halus. Umumnya cair danmengandung sedikit atau tanpa lilin digunakan terutama pada membran mukosasebagai pelicin atau basis. Biasanya terdiri dari campuran sederhana minyak danlemak dengan titik lebur yang rendah.
 
 
Laporan Kimia Farmasi
Penentuan Senyawa Obat dalam Sediaan Salep Page
 
 3
 
Menurut Efek Terapinya, salep dibagi atas :
1.
 
Salep Epidermic (Salep Penutup)
:
Digunakan pada permukaan kulit yang berfungsihanya untuk melindungi kulit dan menghasilkan efek lokal, karena bahan obat tidak diabsorbsi. Kadang-kadang ditambahkan antiseptik, astringen untuk meredakanrangsangan. Dasar salep yang terbaik adalah senyawa hidrokarbon (vaselin).
 
2.
 
Salep Endodermic
:
Salep dimana bahan obatnya menembus ke dalam tetapi tidak melalui kulit dan terabsorbsi sebagian. Untuk melunakkan kulit atau selaput lendirdiberi lokal iritan. Dasar salep yang baik adalah minyak lemak.
 
3.
 
Salep Diadermic (Salep Serap) : Salep dimana bahan obatnya menembus ke dalammelalui kulit dan mencapai efek yang diinginkan karena diabsorbsi seluruhnya,misalnya pada salep yang mengandung senyawa Mercuri, Iodida, Belladonnae. Dasarsalep yang baik adalah adeps lanae dan oleum cacao.
 Menurut Dasar Salepnya, salep dibagi atas :
1.
 
Salep hydrophobic yaitu salep-salep dengan bahan dasar berlemak, misalnya:campuran dari lemak-lemak, minyak lemak, malam yang tak tercuci dengan air.
 
2.
 
Salep hydrophillic yaitu salep yang kuat menarik air, biasanya dasar salep tipe o/watau seperti dasar hydrophobic tetapi konsistensinya lebih lembek, kemungkinan jugatipe w/o antara lain campuran sterol dan petrolatum.
 Berdasar fisik-konsistensi (viskositas = kekentalan)
1.
 
Cairan kental/encer : linimentum2.
 
Setengah padat : cream
 – 
unguentum
 – 
pasta3.
 
Lebih bersifat padat : sapo medicatus, emplastrum
Dasar Salep
 Menurut FI. IV, dasar salep yang digunakan sebagai pembawa dibagi dalam 4 kelompok,yaitu dasar salep senyawa hidrokarbon, dasar salep serap, dasar salep yang dapat dicucidengan air, dasar salep larut dalam air. Setiap salep obat menggunakan salah satu dasarsalep tersebut.1.
 
Dasar Salep HidrokarbonDasar salep ini dikenal sebagai dasar salep berlemak, antara lain vaselin putih dansalep putih. Hanya sejumlah kecil komponen berair yang dapat dicampurkan

Activity (54)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Maryunita Yusmar liked this
Budi Setiawan liked this
Dewi Candra liked this
Mis Nagata Aroy liked this
Mis Nagata Aroy liked this
Pramita Putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->