Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam

Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam

Ratings: (0)|Views: 377|Likes:
Published by Samantha Boyle

More info:

Published by: Samantha Boyle on Nov 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Secara kodrati anak memerlukan pendidikan atau bimbingan dari orang dewasa.Dasar kodrati ini dapat dimengerti dari kebutuhan-kebutuhan dasar yang dimiliki olehsetiap anak yang hidup didunia ini.
Menurut al „abdari,
anak dimulai didik dalam arti sesungguhnya setelah berusia 7tahun. Karena itu beliau mengeritik orang tua yang menyekolahkan anaknya pada usiayang masih terlalu muda, yaitu sebelum usia 7 tahun.Menurut pasal 1 ayat 4 UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikannasional, peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkandirinya melalui proses pendidikan pada jalur jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
anak didik merupakan “raw material” (bahan mentah) didalam proses transformasi y
angdisebut pendidikan. Berbeda dengan komponen-komponen lain dengan sistem pendidikan
karena kita menerima “material” ini sudah setengah jdi sedangkan komponen
-komponenlain dapat dirumuskan dan disusun sesuai dengan keadaan vasilitas dan kebutuhan yangada.
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa yang dimaksud dengan peserta didik dalam pendidikan islam?2.
 
Bagaimana Hakikat peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan islam?3.
 
Bagaimana Sifat-sifat dan kode etik peserta didik dalam pendidikan islam?
C.
 
Tujuan
1.
 
Agar kita mengetahui apa yang dimaksud denga peserta didik dalam pendidikan islam2.
 
Agar kita memahami hakikat peserta didikdan implikasikyan dalam pendidikan islam3.
 
Agar kita mengetahui sifat-sifat dan kode etik peserta didik dalam pendidikan islam
 
2
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Pengertian Peserta Didik
Sebelum memasuki pembahasan tentang peserta didik dalam pendidikan islamlebih lanjut,maka kita harus tahu dulu apa itu yang dinamakan pendidikan islam. Pendidikan islam secaraumum adalah suatu proses edukatif yang mengarah keoada pembentukan akhlak ataukepribadian. Sedangkan pendidikan islam menurut marimba adalah bimbingan jasmani danrohani berdasarkan hukum-hukum agama islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utamamenurut ukuran islam.
1
 Dalam istilah
tasawuf 
, peserta didik seringkali disebut dengan murid atau thalib. Secara
etimologi, murid berarti “orang yang menghendaki”.
Sedangkan
thalib
secara bahasa berartiorang yang mencari, sedang menurut istilah tasawuf 
adalah “penempuh jalan spiritual, dimana ia berusaha keras menempah dirinya untuk mencapai derajat sufi”.
 Tetapi pengertian Secara umum peserta didik adalah anak didik yang mendapat pengajaranilmu. Secara terminologi peserta didik adalah anak didik atau individu yang mengalamiperubahan, perkembangan sehingga masih memerlukan bimbingan dan arahan dalammembentuk kepribadian serta sebagai bagian dari struktural proses pendidikan. Dengan kata lainpeserta didik adalah seorang individu yang tengah mengalami fase perkembangan ataupertumbuhan baik dari segi fisik dan mental maupun fikiran.Sedangkan dalam prespektif pendidikan islam, peserta didik merupakan subjek dan objek.Oleh karena itu aktvitas kependidikan tidak akan terlaksana tanpa keterlibatan peserta didik didalamnya. Tanpa pemahaman yang utuh dan komprehensif terhadap peserta didik, sulitrasanya bagi pendidik untuk menghantarkan peserta didiknya kearah tujuan pendidikan yangdiinginkan.Dalam paradigma pendidikan islam, peserta didik merupakan orang yang belum dewasa danmemiliki sejumlah potensi (kemampuan) dasar yang masih perlu dikembangkan. Melaluiparadigma itulah peserta didik merupakan subjek dan objek pendidikan yang memerlukanbimbingan orang lain (pendidik) untuk membantu mengarahkannya untuk mengembangkan
1
Ahmad D marimba,
 pengantar filsafat pendidikan islam
, (bandung: al ma‟arif, 1980) hal 131
 
 
3potensi yang dimilikinya serta membimbingnya menuju kedewasaan. Hakikat peserta didik danimplikasinya terhadap pendidikan islam :
 
a.
 
Peserta didik bukan merupakan
miniature
orang dewasa, akan tetapi dia memiliki duniasendiri. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar perlakuan terhadap mereka dalam proseskependidikan tidak disamakan dengan pendidikan orang dewasa baik dalam aspek metodemengajar, materi yang diajarkan, sumber bahan yang digunakan, dll.b.
 
Peserta didik adalah manusia yang memiliki deferensiasi periodesasi perkembangan danpertumbuhan. Pemahaman ini cukup perlu diketahui agar aktivitas kependidikan islamdisesuaikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang pada umumnya dilaluioleh setiap peserta didik. Alasannya karena kadar kemampuan peserta didik ditentukan olehfactor usia dan periode perkembangan atau pertumbuhan potensi yang dimilikinya.c.
 
Peserta didik adalah manusia yang memiliki kebutuhan, baik yng menyangkut kebutuhanrohani maupun jasmani yang harus dipenuhi.d.
 
Peserta didik adalah makhluk Allah yang memiliki perbedaan individual, baik yangdisebabkan oleh faktor pembawaan maupun lingkungan dimana dia berada. Pemahamantentang differensiasi individual disini sangat penting karena menyangkut bagaimanapendekatan yang perlu dilakukan pendidik dalam memahami ragam sikap dan perbedaantersebut dalam suasana dinamis tanpa harus mengorbankan salah satu pihak atau kelompok.e.
 
Peserta didik merupakan resultan dari dua unsure utama, yaitu jasmani dan rohani.f.
 
Peserta didik adalah manusia yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan danberkembang secara dinamis. Dan tugas pendidik disini adalah membantu mengembangkandan mengarahkan perkembangan tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan yang diinginkantanpa melepas tugas kemanusiaannya.
B.
 
Tugas dan Kewajiban Peserta Didik
Agar pelaksanaan proses pendidikan Islam dapat mencapai tujuan yang diinginkan makapeserta didik hendaknya senantiasa menyadari tugas dan kewajibannya. Menurut Asma HasanFahmi diantara tugas dan kewajiban yang perlu dipenuhi peserta didik adalah:a)
 
Peserta didik hendaknya senantiasa membersihkan hatinya sebelum menuntut ilmu.b)
 
Tujuan belajar hendaknya ditujukan untuk menghiasi ruh.c)
 
Memiliki kemauan yang kuat untuk mencari dan menuntut ilmu diberbagai tempat.d)
 
Setiap peserta didik wajib menghormati pendidiknya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->