Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HAP BAB II

HAP BAB II

Ratings: (0)|Views: 13 |Likes:
Published by Yulian Yippi

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Yulian Yippi on Nov 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

 
BAB IIITINJAUAN PUSTAKAIII.1. PENDARAHAN ANTEPARTUMA. Definisi
Pendarahan antepartum adalah pendarahan yang terjadi setelah kehamilan 22minggu. Biasanya lebih banyak dan lebih berbahaya daripada pendarahan kehamilansebelum 22 minggu. Pada umumnya pasien mengalami pendarahan pada triwulanketiga, atau setelah kehamilan 28 minggu. Pendarahan sebelum, sewaktu dansesudah bersalin adalah kelainan yang tetap berbahaya dan mengancam jiwa ibu.
1
B. Klasifikasi
Klasifikasi klinis pendarahan antepartum dibagi menjadi sebagai berikut :
Plasenta previa
Solusio plasenta
Pendarahan antepartum yang belum jelas sumbernya, mungkin juga karena plasenta letak rendah atau vasa previa.
1
C. Gambaran Klinik 
Penderita seringkali mengalami pendarahan pada triwulan ketiga atau setelahkehamilan 28 minggu. Pendarahan antepartum tanpa rasa nyeri merupakan tandakhas plasenta previa. Apalagi bila disertai tanda-tanda lainnya seperti bagianterbawah janin belum masuk ke dalam pintu atas panggul atau kelainan letak janin,karena tanda pertamanya adalah pendarahan. Pada umumnya, penderita akan segeradatang untuk mendapatkan pertolongan karena disanngkanya sebagai tanda permulaan persalinan biasa baru setelah pendarahan banyak, mereka datang untuk mendapatkan pertolongan.
1
7
 
Berbeda dengan solusio plasenta, kejadiannya tidak ditandai segera dengan pendarahan pervaginam, sehingga mereka tidak segera datang untuk mendapatkan pertolongan. Gejala pertamanya ditandai dengan rasa nyeri pada kandungan yangmakin lama makin hebat dan berlangsung secara terus menerus, rasa nyeri yangterus menerus ini sering kali diabaikan, atau disangka sebagai tanda permulaan persalinan biasa. Baru setelah penderita pingsan karena pendarahan retroplasenter yang banyak atau setelah tampak pendarahan pervaginam mereka datang untuk meminta pertolongan, pada keadaan demikian biasanya janin telah meninggal dalamkandungan.
1
III.2. FISIOLOGI PLASENTA
Plasenta adalah organ yang dibentuk selama kehamilan untuk memberikannutrisi, membuang hasil metabolism dan menghasilkan hormone untuk mempertahankan kehamilan. Umumnya plasenta telah lengkap pada kehamilankurang lebih 16 minggu dengan ruang amnion telah mengisi seluruh cavum uteri.Letak plasenta umumnya di depan atau di belakang dinding uterus, agak ke ataskearah fundus uteri. Hal ini adalah fisiologis karena permukaan bagian atas korpusuteri lebih luas, sehingga lebih banyak tempat untuk berimplantasi.
2
8
 
 gambar 1. plasenta dan bagian-bagiannya, serta posisi plasenta yang normal 
III.3. PLASENTA PREVIAA. Definisi
Plasenta previa adalah plasenta yang letaknya abnormal yaitu pada segmen bawah uterus sehingga dapat menutupi sebagian atau seluruh pembukaan jalan lahir.Pada plasenta previa, telah terjadi implantasi yang tidak normal yaitu letaknya yangrendah sekali hingga menutupi seluruh atau sebagian ostium internum. Implantasiyang normal ialah pada dinding depan dan dinding belakang uterus agak ke ataskearah fundus uteri (bagian atas uterus).
2
Sejalan dengan bertambah besarnya uterus dan meluasnya segmen bawah uteriikut berpindah mengikuti perluasan segmen bawah uteri seolah plasenta itu bermigrasi. Ostium uteri yang secara dinamik mendatar dan meluas dalam persalinan kala satu bisa mengubah luas pembukaan serviks yang tertutup oleh plasenta. Hal ini sangat berpengaruh pada derajat atau klasifikasi dari plasenta previa ketika pemeriksaan dilakukan baik dalam masa antenatal maupun dalam masaintranatal, baik dengan pemeriksaan USG (ultrasonografi) maupun digital. Oleh9

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->