Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Anatomi Perkembangan Tumbuhan-Penebalan Pada Dinding Sel Dan Pembelahan Sel

Laporan Praktikum Anatomi Perkembangan Tumbuhan-Penebalan Pada Dinding Sel Dan Pembelahan Sel

Ratings: (0)|Views: 734 |Likes:

More info:

Published by: Rifki Muhammad Iqbal on Nov 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI PERKEMBANGAN TUMBUHAN
“PEMBELAHAN SEL DAN PENEBALAN PADA DINDING SEL”
 
Tanggal Praktikum : 10 Oktober 2012Tanggal Pengumpulan : 17 Oktober 2012
Disusun Oleh:RIFKI MUHAMMAD IQBAL (1211702067)BIOLOGI III BJURUSAN BIOLOGIFAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG2012
 
PENEBALAN PADA DINDING SEL DAN PEMBELAHAN SELI.
 
TujuanAdapun tujuan dari praktikum ini adalah :-
 
Melihat dan mengenal adanya penebalan pada dinding sel.-
 
Mengenal benda-benda tidak hidup didalam sel (misal, amilum, butir aleuron, dan kristalCa-Oksalat).-
 
Mengenal dan mengetahui proses-proses pembelahan pada sel.II.
 
Teori DasarDinding sel merupakan bagian sel yang bersifat mati. Dinding sel menentukan bentuk selserta struktur sel serta tekstur jaringan, berfungsi sebagai penguat dan pelindung protoplasma.Dinding sel pada tumbuhan mempunyai tebal yang bermacam-macam tergantung pada umur dantipe sel. Berdasarkan perkembangan dan strukturnya dibedakan menjadi tiga bagian pokok yaitulamela tengah, dinding primer, dan dinding sekunder. Semua sel mempunyai lamela tengah dandinding primer, sedangkan adanya dinding sel sekunder hanya terdapat pada sel-sel tertentu.(Robby, 2006).Penebalan dinding sel dapat dibedakan berdasarkan arah penebalannyam yaitu penebalansentrifugal (penebalan ke arah luar) misalnya terdapat pada dinding luar serbuk sari bunga
 Hibisusrosa-sinensis
dan dinding spora berbagai jenis tumbuhan, sedangkan senripetal (penebalan kearahdalam) misalnya terdpat pada sel epidermis daun
Ficus benjamina
yang disebut litosis.(Woelaningsih, 1984).Cara terbentuknya lapisan penebalan dinding sel ada 2 cara yang dapat dikemukakan,yaitu :a.
 
Aposisi, yaitu cara terbentuknya lapisan penebalan yang baru yang seolah-olah melekat padadinding sel yang lama yang telah dibentuk pada lapisan penebalan pertama. Dengan carapelekatan tersebut maka dinding sel akan tampak berlapis-lapis seperti lamela-lamela,penebalan cara ini menjadikan ruang sel menjadi lebih sempit.b.
 
Intusussepsi, yaitu cara pembentukan lapisan penebalan yang tidak dilekatkan pada dindingatau membran lama, melainkan dengan cara disisipkan di antara penebalan-penebalan yangtelah ada. Cara penebalan ini tidak memperlihatkan susunan yang berlapis-lapis seperti padacara aposisi. (Yayan, 1992).Setiap organisme memulai kehidupan dari sebuah sel. Sel-sel baru berasal dari sel hiduplain. Sel berkembangbiak melalui pembelahan. Sel yang membelah merupakan sel induk.Sedangkan keturunannya merupakan sel anak. Sel induk memindahkan salinan informasigenetik ke sel anak yang merupakan generasi sel berikutnya. Untuk itu, materi genetik harusmelakukan replikasi sebelum membelah. Peristiwa tersebut dikenal dengan istilah mitosis danmiosis. (Sudjadi, 2012).
 
Mitosis hanya terjadi pada sel eukariotik dan tumbuhan termasuk makhluk hidup yangbersel eukariotik. Perkembangan dan pertumbuhan tumbuhan diawali dengan mitosis.Pertumbuhan ini terjadi dengan caea pembelahan sel-sel yang berkembang menjadi banyak.Mitosis memiliki beberapa proses, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Untuk mengetahui fase-fase tersebut menggunakan akar bawang merah karena memiliki sel-sel yangberukuran relatif besar sehingga mudah untuk diamati.Menurut Crowder (1988), secara garis besar ciri dari setiap tahap pembelahan mitosispada akar bawang merah adalah sebagai berikut :1.
 
ProfasePada tahap ini yang terpenting adalah benang-benang kromatin menebal menjadi kromosom danmulai menduplikasi menjadi kromatid. Ciri-cirinya :a.
 
Kromosom mengerut dan menebal. Pemendekan ini terjadi akibat dari berpilinnyakromosom.b.
 
Terlihat dua s
sister chromatid 
dan kromosom tampak rangkap dua. Kromatid-kromatiddihubungkan oleh sentromer.c.
 
Nukleolus menjadi kabur dan hilang oleh sentomer.d.
 
Selaput inti mulai menghilang.e.
 
Benang gelendong mulai terbentuk.f.
 
Kromosom mulai bergerak ke tengah atau equator dari sel.2.
 
MetafasePada tahap ini kromosom atau kromatid berjejer teratur dibidang pembelahan (bidang equator)sehingga pada tahap inilah kromosom atau kromatid mudah diamati atau dipelajari. Ciri-cirinya :a.
 
Benang-benang gelendong menjadi jelas pada permulaan metafase dan teratur sepertikumparan.b.
 
Masing-masing kromosom terletak berbaris pada bidang equator. Sentromer melekat padabenang gelendong. Beberapa benang geledong mencapai kutub tanpa melekat padasentromer.c.
 
Sentromer membelah dan masing-masing kromatid menjadi kromosomtunggal. Metafaseakhir.3.
 
AnafasePada fase ini kromatid akan tertarik oleh benang gelendong manuju kutub-kutub pembelahan sel.Ciri-cirinya :a.
 
Dua
sister chromatid 
(sekarang kromosom) begerak ke arah kutub yang berlawanan.Sentromernya tertarik karena kontraksi dari benang gelendong. Selain itu mungkin ada gayatolak menolak dari belahan sentromer itu.b.
 
Terjadi penyebaran kromosom dan DNA yang seragam di dalam sel.c.
 
Anafase adalah fase terpendek dari fase-fase mitosis.d.
 
Pada akhir anafase sekat sel mulai terbentuk dekat bidang equator.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->