Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Petroleum Systems of the Northwest Java Fix

Petroleum Systems of the Northwest Java Fix

Ratings: (0)|Views: 738|Likes:
Published by Suwinda Sabrina

More info:

Published by: Suwinda Sabrina on Nov 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
Laboratorium Geologi Migas 
 
Suwinda Sabrina 1
111.100.126Plug 2
Petroleum Systems of the Northwest Java Province,Indonesia
 
1)
 
Pendahuluan
 
The Northwest Java Basin terletak di perairan Indonesia dan termasuk beberapa daerahonshore Jawa Provinsi ini meliputi cekungan Sunda dan Asri di wilayah Sumatera lepas pantaitenggara dan meluas ke arah timur menyeberangi Laut Jawa untuk wilayah Basin Ardjuna danJatibarang Basin dan dekat kota Semarang di pantai utara Jawa(Gambar 1.danGambar. 2). Batas selatan provinsi adalah Jawa darat pada marjin utara Palung Bogor. Provinsi ini jugamencakup Basin Vera lepas pantai dan bagian dari Billiton Basin, Karimunjawa Arch, danTrough Banwean, yang semuanya berada di Paparan Sunda di bawah Laut Jawa (Gambar. 2).
 
Konsesi Onshore dioperasikan oleh Pertamina, nasional Indonesia perusahaan minyak,dan konsesi lepas pantai yang dioperasikan oleh perusahaan dalam produksi-sharing perjanjiandengan Pertamina. Konsesi mencakup daerah yang luas dan telah beroperasi selama bertahun-tahun, namun, beberapa bagian dari wilayah Laut Jawa tetap hampir belum diselidiki.
 
Laboratorium Geologi Migas 
 
Suwinda Sabrina 2
111.100.126Plug 2
2)
 
Kerangka Tektonik Regional North West Java Basin
 
Paparan Sunda dibatasi oleh oleh kerak samudera di sebelah timur dan pusat spreading, dari baratdengan kerak benua, dan ke selatan dengan kerak samudera. Sistem subduksi saat ini, terletak di lepaspantai selatan Jawa masa kini, dimulai pada Oligosen akhir (Hamilton, 1979). Stres tektonik dan ekstensi,yang dihasilkan dari utara pergerakan lempeng Australia dan India dan rotasi Kalimantan, membentuk perpecahan atau setengah graben pada kompleks sisi selatan dari Paparan Sunda (sekarang Sumatera danJawa) dalam Eosen ke waktu Oligosen (Gambar 3.) (Hall, 1997a, b, Longley, 1997, Sudarmono danlain-lain, 1997). Kompleks ini sejajar utara-selatan dan dipisahkan oleh dataran tinggi. Fitur strukturalOnshore terdiri cekungan bolak dan tertinggi struktural, dari barat ke timur ini adalah Tinggi Tangerang,Ciputat Basin, Rengasdengklok Tinggi, Pasir Putih Basin, Pamanukan-Kandanghaur Tinggi dan Horst,Jatibarang Basin, dan palung Ceribon (Gambar. 2) ( Reminton dan Pranyoto, 1985; Adnan dan lain-lain,1991). Struktur lepas pantai termasuk Sunda dan cekungan Asri, Platform Seribu, Ardjuna Basin, FTinggi, Vera Basin, Jatibarang Basin, Eastern Shelf, Billiton Basin, Karimunjawa Arch, dan palungBanwean (Ponto dan lain-lain, 1988; Adnan dan lain-lain, 1991) . Beberapa bukti menunjukkan sagsimetris gabungan dan setengah-graben sejarah ke tektonik awal Sunda dan cekungan Asri (Aldrich danlain-lain, 1995).
 
 
Laboratorium Geologi Migas 
 
Suwinda Sabrina 3
111.100.126Plug 2
Batuan Induk Formasi Banuwati
 – 
Oligocene / Miocene (382.401)
 
Eosen Akhir hingga awal Oligosen Banuwati endapan cekungan Sunda dan Asri diendapkan dianoxic, danau lingkungan (Gambar 4.) (Wicaksono dan lain-lain, 1992; Pertamina, 1996, Noble danlain-lain, 1997). Ini shale merupakan tingkat terbesar dari danau di akhir periode pengendapan FormasiBanuwati. Danau ini menempati kontemporer beberapa setengah-setengah graben dan terhubung-grabensistem di seluruh provinsi. Dua timur miring dan satu arah barat miring setengah-grabens adalahdepocenters untuk Shale Banuwati di Cekungan Sunda di mana basement 12,000-16,000 ft (3,648-4,864m) dalam (Wicaksono dan lain-lain, 1992). Satu timur miring setengah graben adalah tempatpengendapan Shale Banuwati di Cekungan Asri (Wicaksono dan lain-lain, 1995). Ini cokelat tua sampaihitam serpih lebih dari 400 kaki (121 m) tebal di bagian terdalam dari Cekungan Sunda setengah graben,namun menipis sampai 100 ft (30 m) di marjin shoaling (Wicaksono dan lain-lain, 1992; Pertamina,1996). Ini adalah minyak serpih-rawan (Tipe I) batuan dan segel untuk batupasir intraformational(Wicaksono dan lain-lain, 1992). Sumber-rock endapan danau serpih memiliki karbon organik total(TOC) nilai 1,87-8,0% berat, dan indeks hidrogen (HI) dari 573-637 miligram hidrokarbon / gram TOC(mg HC / g) (Pertamina, 1996). Pemodelan menunjukkan bahwa minyak rawan batuan sumber mencapaifase utama generasi minyak saat dikubur pada kedalaman antara 9.500 ft (2.888 m) (Wicaksono dan lain-lain, 1992) dan 11.800 ft (3.587 m) (Pertamina, 1996) 15-8 MA. Penemuan dari 1,2 miliar barel minyak (BBO) dipulihkan dan 65 BCFG dikaitkan dengan ini batuan induk (Aldrich dan lain-lain, 1995).Batubara dan serpih overbank dan serpih endapan danau dangkal Anggota Zelda dan Gita dari FormasiTalang Akar akan batuan sumber baik jika matang. Bara Gita yang kental dengan nilai-nilai TOC dari3,7-25% berat (Pertamina, 1996). Serpih laut dan napal dari Raja Batu dan Formasi Gumai mungkinmenghasilkan hidrokarbon jika dikubur dalam-cukup untuk menjadi matang (Pertamina, 1996).
Petroleum Occurrence
(Migrasi)
Formasi Banuwati
 – 
Oligocene / Miocene (382.401)
 
Unit Sunda / Asri penilaian terdiri dari dua cekungan lepas pantai, cekungan Sunda yang mencakupsetengah grabens beberapa cekungan Asri yang terdiri dari satu setengah-graben (Gambar. 1,Gambar 2.danGambar. 5).
 
cekungan ini telah digabungkan dalam sistem petroleum 382.401 karena sifat endapan danaudari batuan sumber di kedua, meskipun baskom masing-masing memiliki gaya struktural yang agak berbeda, sejarahpengendapan, dan usia.
 
Wilayah konsesi yang mencakup cekungan hanya lebih dari 11.000 km2 kedalaman (Wight

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->