Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ipa Manfaat Dan Bahaya

Ipa Manfaat Dan Bahaya

Ratings: (0)|Views: 42 |Likes:
Published by Reza Abdillah

More info:

Published by: Reza Abdillah on Nov 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan
cara mencari tahu (
inquiry
)
 tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaankumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsipsaja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolahmenengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajaridiri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalammenerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan padapemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar pesertadidik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPAdiarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri danalam sekitar.Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajaruntuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputiketerampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahansecara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatankerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, sertamengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilahinformasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkanmasalah sehari-hari.
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Biologi telah menolong manusia untuk mengatasi berbagai permasalahan sepertipenyakit dan kelaparan. Biologi berperan penting dalam hal kesehatan, penyediaanpangan, papan, juga dalam kehidupan sosial. Berikut ini beberapa penemuan dalambidang biologi yang berguna bagi umat manusia.a) Teknik transgenik, yaitu teknik penyisipan gen ke dalam sel lain untuk menghasilkan tumbuhan atau hewan yang lebih unggul.b) Fertilisasi in vitro untuk hewan ternak.c) Fertilisasi in vitro (bayi tabung) untuk pasangan suami istri yang sulit mendapatkanketurunan.d) Teknik superovulasi, yaitu teknik penyuntikan hormon reproduksi agar hewanternak lebih subur sehingga dihasilkan embrio lebih dari satu dalam satu induk.e) Bank sperma, teknik penyimpanan sperma dalam jangka waktu tertentu padanitrogen cair.f) Teknik inseminasi buatan.g) Penemuan berbagai antibiotik, misalnya penemuan penisilin oleh AlexanderFlemming.h) Penemuan teknik kultur jaringan untuk menghasilkan tumbuhan baru dalam wakturelatif cepat dan jumlah banyak.
 
Pengetahuan mengenai mahluk hidup dimanfaatkan untuk memecahkanberbagai macam masalah untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Berbagaimasalah yang berkaitan dengan sandang, pangan, papan, energi, lingkungan kesehatanbahkan sosial dapat diatasi dengan ilmu biologi. Beberapa contoh manfaat biologidalam kehidupan adalah :
1. Pemanfaatan Biologi Dalam Bidang Pertanian
 Dewasa ini telah banyak ditemukan bibit unggul dengan mengadakan hibridisasisehingga mendapatkan varietas baru yang diinginkan. Melalui teknik hibridisasi telahdidapatkan varietas unggul seperti kacang-kacangan dan serealia. Varietas padi yangbersifat unggul memiliki rasa yang enak, tahan penyakit, daya simpan lama danberumur pendek.Pengendalian hama dewasa ini telah dikembangkan melalui pengendalian hama secarabiologis, karena penggunaan pestisida dapat menyeabkan hama menjadi resisten, sisapestisida dapat mencemari lingkungan dan residunya tersimpan dalam tanaman yangakan menimbulkan berbagai masalah bagi kehidupan manusia. Pengendalian hama dpatdilakukan dengan berbagai cara antara lain :- memanfaatkan predator alamiah, contoh : hama lebah penyengatuntuk kupu-kupuartona yang merusak kelapa.- memutuskan siklus hidup hama, misalnya dengan mengadakan rotasi tanaman- menggunakan bibit unggul tahan lama, misalnya VUTW ( Varietas Unggul TahanWereng )Penyediaan bahan makanan khususnya perbanyakan bibit tanaman dikembangkanteknik kultur jaringan untuk perbanyakan tanaman perkebunan yang diperbanyak secaravegetatif dan menghasilkan banyak tanaman klon dari sejumlah jaringan awal
2. Pemanfaatan Biologi Dalam Bidang Kesehatan
 Ditemukannya antibiotik dari jamur. Penicillium memungkinkan dihasilkannyapenisilin dalam jumlah banyak dengan cara mengkulturkan penicillium dalam tangkifermentasi yan berisi larutan untuk pertumbuhannya. Juga ditemukan vaksin yangdigunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh orang yang divaksinasi sehinggamenimbulkan perlindungan pada tubuh dari serangan virus dan bakteri tertentumisalnya : vaksinasi terhadap heptitis dan vaksinasi terhadap batuk rejan ( infeksi olehbakteri ).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->