Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERKEMBANGAN INDUSTRIALISASI

PERKEMBANGAN INDUSTRIALISASI

Ratings: (0)|Views: 60 |Likes:

More info:

Published by: Deta Novian Ariesandy on Nov 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
1
PERKEMBANGAN INDUSTRIALISASIPerkembangan industi yang pesat dewasa ini memang tidak terlepas dari proses perjalananpanjang penemuan-penemuan baru dalam bidang industry . dimana selain penemuan-penemuan barudi bidang industry masih ada lagi factor yang menyebabkan terjadi industrialisasi, diantaranya yaitupengaruh dari perkembangan revolusi hijau. Dimana revolusi hijau ini menyebabkan upaya untuk melakukan modernisasi yang berdampak pada perkembangan industrialisasi yang ditandai denganadanya pemikiran ekonomi rasional. Pemikiran tersebut akan mengarah pada kapitalisme. Denganindustrialisasi juga merupakan proses budaya dimana dibagun masyarakat dari suatu pola hidup atauberbudaya agraris tradisional menuju masyarakat berpola hidup dan berbudaya masyarakat industri.Perkembangan industri tidak lepas dari proses perjalanan panjang penemuan di bidang teknologi yangmendorong berbagai perubahan dalam masyarakat. Industrialisasi ini juga berhasil menjerat Indonesiauntuk masuk didalamnya, dimana Industrialisasi di Indonesia ditandai oleh :a. Tercapainya efisiensi dan efektivitas kerja.b. Banyaknya tenaga kerja terserap ke dalam sektor-sektor industri.c. Terjadinya perubahan pola-pola perilaku yang lama menuju pola-pola perilaku yang baru yangbercirikan masyarakat industri modern diantaranya rasionalisasi.d. Meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat di berbagai daerah khususnya di kawasan industri.e. Menigkatnya kebutuhan masyarakat yang memanfaatkan hasil-hasil industri baik pangan, sandang,maupun alat-alat untuk mendukung pertanian dan sebagainya.Dari hal diatas, pemerintah Indonesia mulain tertarik akan perkembangan industrialisasi diIndonesia. Untuk itu pemerintah berupaya untuk meningkatkan industrialisasi di Indoensia, upayayang dilakukan pemerintah diantaranya yaitu:a. Meningkatkan perkembangan jaringan informasi, komunikasi, transportasi untuk memperlancararus komunikasi antarwilayah di Nusantara.b. Mengembangkan industri pertanianc. Mengembangkan industri non pertanian terutama minyak dan gas bumi yang mengalami kemajuanpesat.d. Perkembangan industri perkapalan dengan dibangun galangan kapal di Surabaya yang dikelola olrhPT.PAL Indonesia.
 
2
e. Pembangunan Industri Pesawat Terbang Nusantara(IPTN) yang kemudian berubah menjadi PT.Dirgantara Indonesia.Pembangunan kawasan industri di daerah Jakarta, Cilacap, Surabaya, Medan, dan Batam.Dengan adanya tekhnologi baru dan revolusi industry, masyarakat dunia sekarang ikutmenikmati segala macam barang dan jasa yang bermutu dan jumlahnya pun semakin meningkat.Indonesia sebagai salah satu Negara berkembang turut menikmati kemajuan dari perkembanganindustry.a. Industry pertanian.Industry pertanian merupakan suatu upaya untuk mengolah sumber daya hayati denganbantuan tekhnologi industry. Tekhnologi industry itu dapat menghasilkan berbagai macam hasil yangmempunyai nilai lebih tinggi. Bentuk bentuk industry pertanian meliputi hal-hal sebagai berikut:· Industry pengolahan hasil tanaman pangan termasuk hortikultura.· Industry pengolahan hasil perkebunan seperti industry minyak kelapa, industry barang-barang karetdan sebagainya.· Industry pengolahan hasil perikanan seperti industry pengolahan udang, rumput laut, ubur-ubur danlain sebagainya.· Industry pengolahan hasil hutan seperti pengolahan kayu, pengolahan pulp, kertas dan ranyon, sertaindustry pengolahan rotan.· Industry pupuk, yaitu dengn memanfaatkan gas alam, serta eksploitsi sumber-sumber yang baru.· Industry pestisida yang dikembangkan terutama untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupunekspor.· Industry mesin dan peralatan pertanian.Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan industry pertanian agar lebih baik yaitu:Ø Melakukan panca usaha taniØ Penanganan pascapanenØ Menentukan harga yang layak bagi produsen dan konsumen.Ø Penyediaan sarana dan prasaranaØ Pengembangan dan pemanfaatan tekhnologi.Ø Pemanfaatan lahan kering, pekarangan dan rawa.
 
3
Pada dasarnya perekonom ian Indonesia bersifat agraris, bahkan hamper 80% wilayahIndonesia merupakan daerahpertanian dan sebagian besar penduduk indionesia bekerja di sectorpertanian.Hasil hasil pertanian yang meliputi hasil produksi pertanian, perkebunan, perikanan,peternakan, dan kehutanan merupakan bahan mentah untuk kegiatan industry, seperti industryfurniture, tekstil, kertas, rokok, dan lain sebagainya. Sudah tentu, pengolahan hasil produksi pertanianitu ditempuh melalui proses industry pabrtik. Beberapa pabrik industry pengolahan hasil pertanian ituantara lain pabrik ban mobil goodyear di bogor, pabrik kina di bandung, pabrik kertas di leces danpadalarang, pabrik pengolahan udang di semarang dan lain sebagainya.b. Industry nonpertanian.Industri nonpertanian adalah industri yang aktivitasnya di luar bidang pertanian, meliputiindustri maritim, industri elektronika, industri pariwisata, industri pertambangan dan energi, industrisemen, besi baja, perakitan kendaraan bermotor. Berbagai macam industri telah didirikan untuk meningkatkan produksinya. Pabrik semen di Gresik, Padang, Cibinong, dan Ujung Pandang. Untuk memperkuat struktur industri Indonesia yang masih lemah, mulai tahun 1984 pemerintah menyusunsuatu langkah strategis yang
disebut “Peta Rangka Landasan”
 
 bidang industri dengan sistem “Pusat
Pertumbuhan Industri (Industrial Growth
Center) “sebuah proyek percontohan di Lhok Seumawe
sebagai suatu wilayah terpadu dari pusat industri petrokimia, pupuk Urea, semen, kertas, dansebagainya. Upaya yang sama dilaksanakan di Palembang, Gresik, Kupang, dan Kalimantan Timur.· Industri Pertambangan dan EnergiIndustri pertambangan dan industri diarahkan pada pemanfaatan dan penyediaan bahan baku bagiindustri dalam negeri, dan meningkatkan ekspor.Contohnya adalah:Ø industri tambang batu bara di Sawahlunto;Ø industri tambang emas di Irian Jaya;Ø industri tambang minyak bumi di Balikpapan, Palembang;Ø industri tambang timah di Belitung;Ø industri semen di Gresik, Padang, Cibinong, Ujung Pandang· IndustriElektronika. Perkembangan elektronika di Indonesia semakin maju seiringbermunculan perusahaan elektronika Maspion, Polytron, LG, Panasonic (sekarang NationaldanPanasonic bergabung menjadi Panasonic).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->