Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Dokumen dalam Penelitian Kualitatif

Metode Dokumen dalam Penelitian Kualitatif

Ratings: (0)|Views: 356 |Likes:
Published by guntherrem248
dokumen penelitian kualitatif
dokumen penelitian kualitatif

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: guntherrem248 on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2014

pdf

text

original

 
Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Sosial Semester 1
 
1
 
 
Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Sosial Semester 1
 
2
 
METODE PENGGUNAAN BAHAN DOKUMEN DALAM PENELITIAN:Review dari Berbagai Penulis Buku Metode Penelitian Sosial
Didi PramonoMahasiswa Prodi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarangdapat dihubungi melalui e-mail ddpramono248@gmail.comTulisan ini merupakan upaya dalam memahami lebih jauh tentang pemanfaatan dokumendalam tahap pencarian data penelitian. Hasil kajian terhadap beberapa penulis buku MetodePenelitian Sosial ditulis di sini, dengan pertimbangan bahwa ketika membaca tulisan kemudianmenuliskannya akan lebih membekas dalam memori otak.Tulisan ini diawali dari hasil kajian terhadap tulisan Sartono Kartodirdjo, kemudian secaraberurutan ditulis review tulisan Lexy J. Moleong dan Burhan Bungin. Karya-karya tersebut kebetulan ditulis berurutan berdasarkan tahun terbit. Ini memberi keuntungan, yakni dapat diketahui perkembangan teoretis tentang penggunaan bahan dokumen dalam penelitian.Berikut review dari penulis-penulis tersebut.
 A.
 
SARTONO KARTODIRDJO
Kartodirdjo merupakan akademisi yang berperspektif sejarah, tak heran jika dalam beberapatulisannya selalu dikaitkan dengan sejarah, termasuk tulisanya tentang penggunaan bahandokumen dalam penelitian sosial. Tulisan Kartodirdjo diawali dengan alasan perlunyapenggunaan bahan dokumen dalam penelitian sosial. Kartodirdjo mengemukakan bahwa datayang terdapat pada bahan dokumen tidak hanya digunakan bagi penelitian sejarah, tetapi jugasecara luas dapat digunakan dalam penelitian ilmu-ilmu sosial lainnya. Manusia dan masyarakat merupakan fakta yang memiliki dimensi temporal. Sitem sosial dalam masyarakat terdiri atasinteraksi yang telah berlangsung secara kontinyu, memiliki proyeksi atas masa depan (berupaanjuran dan angan-angan) dan juga proyeksi atas masa lampau (adat-istiadat, nilai-nilai budayadan pranatanya). Fakta yang ada saat ini merupakan titik kulminasi dan perkembangan danperubahan sosial yang terjadi pada masa lampau. Fakta-fakta historis yang perlu diperhatikanuntuk dapat memahami apa yang terjadi saat ini. Pernyataan ini dikuatkan oleh Durkheim
bahwa “ada dua tipe kondisi yang menggerakkan kehidupan
sosial, yakni hal yang terdapat dalam keadaan alam atau jumlah unit sosial dan hal yang terdapat dal
am masa historis”.
 Kartodirdjo berpendapat bahwa ada prosedur yang berbeda dalam penggunaan bahandokumenter, antara para ahli ilmu sosial dan ilmu sejarah. Yang perlu diperhatikan para ahliilmu sosial adalah sebelum mengolah fakta dan data sejarah sesuai dengan permasalahanmasyarakat yang hendak diteliti, dokumen tersebut perlu dianalisis terlebih dahulu secara kritismenurut metodologi sejarah: apakah dokumen itu asli? Siapa orang yang membuat dokumentersebut? Apakah fakta-fakta yang tercantum dalam dokumen tersebut nyata? Bagaimanamembuktikan bahwa fakta tersebut nyata?Metode dokumen dibandingkan dengan metode observasi, utamanya dalam hal keunggulannya.Dokumen mencakup detil dan hal-hal khusus tentang aktivitas hubungan sosial yang sukar ataumustahil dapat ditangkap dengan metode observasi. Seorang ahli ilmu-ilmu sosial yang hendak melakukan studi komparasi perlu menggunakan bahan dokumen dengan menerapkanmetodologi kritik historis. Hal tersebut cukup beralasan, bahwa gejala sosial tidak dapat diadakan secara eksperimental atau diciptakan untuk diteliti. Oleh karena itu untuk memperoleh gambaran proses sosial dan struktur umum perlu dilakukan kajian secara historis.Dokumen historis digunakan untuk menjawab permasalahan tentang apa, kapan, dan dimana.Dokumen historis perlu: 1) disajikan sebagai suatu kompleks dari kekuatan-kekuatan sosial; 2)
 
Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Sosial Semester 1
 
3
 
digambarkan sebagai suatu proses sosial yang unik; 3) digambar sedemikian rupa sehinggatampak hubungan antara sektor-sektor ekonomis, sosial, politik, dan keagamaannya.Satu lagi, arti penting suatu dokumen dalam penelitian adalah data yang tercantum dalamdokumen terkadang merupakan satu-satunya alat untuk mempelajari permasalahan tertentu,antara lain karena fenomena tertentu tidak dapat diobservasi lagi dan/atau tidak dapat diingat lagi.1.
 
JENIS-JENIS BAHAN DOKUMENa)
 
OtobiografiOtobiografi dibagi menjadi tiga jenis, yakni otobiografi komprehensif, tematik, danotobiografi yang diedisikan. Otobiografi komprehensif adalah otobiografi yang panjangdan ditinjau dari berbagai segi kehidupan, apabila isinya pendek dan bersifat khususmaka itu disebut otobiografi tematik. Sedangkan otobiografi yang diedisikan adalahotobiografi yang disusun oleh pihak lain.Otobiografi berguna untuk mengetahui keadaan masyarakat yang mengelilingikehidupan seseorang yang ditulis dalam otobiografi, selain itu dapat juga diketahuitentang kelompok sosialnya, struktur dari stratifikasi sosialnya, struktur kekuasaan sertagolongan elitnya, konflik sosial, mobilitas sosialnya, dan fakta-fakta lain yang menyertaiperjalanan hidup seseorang.Pemanfaatan otobiografi juga perlu dikritisi menggunakan metodologi historis, apa pusat perhatian penulisnya, jenis sumber yang digunakan, dan apa alasan penulis menyusunotobiografi seseorang. Perlu dicermati juga motivasi peribadi penulis, apakah penulisbermaksud membela sesuatu, mencari keuntungan tertentu, hoby menulis, inginterkenal, apakah ingatan penulis masih baik, atau ada kecenderungan mengidealisasikanatau meromantikkan masa lampau.Saat ini banyak bermunculan buku-buku otobiografi yang menceritakan perjalanantokoh tertentu, baik itu tokoh-tokoh yang fenomenal, kontroversial, inspiratif, maupuntokoh-tokoh politik. Perlu dicermati apa motiv dibalik penulisan otobiografi tersebut sebelum digunakan sebagai bahan dokumen dalam penelitian. Apa tujuan sebenarnyapenulisan otobiografi tersebut? Apakah hanya sekedar politik pencitraan? Apakah yangmenulis otobiografi merupakan anggota partai atau pendukung dari tokoh yang ditulis?b)
 
Surat Pribadi, Buku atau Catatan Harian dan MemoarAspek-aspek penting dari surat pribadi sebagai bahan dokumen adalah: 1) hubungandidaktik; 2) pokok pembicaraan yang menyangkut hubungan dan lembaga sosial; 3) tatasusila atau adat-istiadat yang tercermin dalam bentuk serta bahasa surat tersebut. Darisurat-surat pribadi juga dapat diketahui sutuasi dan kondisi saat surat tersebut ditulis.Surat-surat pribadi, buku, dan catatan harian terkadang memuat pikiran-pikiran,perasaan-perasaan, struktur bahasa, gejala-gejala sosial yang timbul, catatan peristiwa,dan interpretasi tentang kejadian-kejadian serta situasi lingkungan sekitar penulisnya.Memoar berbeda dengan ketiga hal diatas, memoar merupakan uraian tentang soal-soalumum, biasanya lebih berupa kisah-kisah perjalanan, gambaran tentang keadaan daerah,kota, atau negara tertentu, lebih sering merupakan uraian tentang keadaan fisik sepertigedung-gedung, jalan, dan alam sekitarnya. Aspek-aspek sosial kurang mendapat perhatian khusus.c)
 
Surat KabarSurat kabar menyajikan data yang sangat luas, dari lingkup lokal, nasional, daninternasional. Isinya mencakup bidang kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik,hukum, dan lain sebagainya. Surat kabar selain menunjukkan fakta, termasuk didalamnya terdapat opini, interpretasi, dan pikiran spekulatif. Jadi, ada fungsi lain surat kabar sebagai penyebar informasi, yakni sebagai media yang tepat untuk memberikanpengaruh pada publik. Fakta ini menunjukkan bahwa ada aspek subjektivitas dalamsurat kabar, jadi dalam memanfaatkan surat kabar sebagai bahan dokumen perluditelaah secara kritis. Keuntungan penggunaan surat kabar adalah informasi-informasi

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
kara_semangat liked this
guntherrem248 liked this
guntherrem248 liked this
sayku liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->