Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASKEP Penyakit Jantung Rematik.doc

ASKEP Penyakit Jantung Rematik.doc

Ratings: (0)|Views: 108 |Likes:

More info:

Published by: Reza Syahbandi Jasma Wijaya on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2013

pdf

text

original

 
PENYAKIT JANTUNG REMATIK 
I.DEFINISI
Demam Reumatik / penyakit jantung reumatik adalah penyakitperadangan sistemik akut atau kronik yang merupakan suatureaksi autoimun oleh infeksi Beta Streptococcus HemolyticusGrup A yang mekanisme perjalanannya belum diketahui, dengansatu atau lebih gejala mayor yaitu Poliarthritis migrans akut,Karditis, Korea minor, Nodul subkutan dan Eritema marginatum.
II.ETIOLOGI
Demam reumatik, seperti halnya dengan penyakit lainmerupakan akibat interaksi individu, penyebab penyakit danfaktor lingkungan. Penyakit ini berhubungan erat dengan infeksisaluran nafas bagian atas oleh Beta Streptococcus HemolyticusGrup A berbeda dengan glomerulonefritis yang berhubungandengan infeksi streptococcus dikulit maupun disaluran nafas,demam reumatik agaknya tidak berhubungan dengan infeksistreptococcus dikulit.Faktor-faktor predisposisi yang berpengaruh pada timbulnyademam reumatik dan penyakit jantung reumatik terdapat padaindividunya sendiri serta pada keadaan lingkungan.
Faktor-faktor pada individu :
1.Faktor geneti
Adanya antigen limfosit manusia ( HLA ) yang tinggi. HLAterhadap demam rematik menunjkan hubungan denganaloantigen sel B spesifik dikenal dengan antibodi monoklonaldengan status reumatikus
2.Jenis kelamin
Demam reumatik sering didapatkan pada anak wanitadibandingkan dengan anak laki-laki. Tetapi data yang lebihbesar menunjukkan tidak ada perbedaan jenis kelamin,
 
meskipun manifestasi tertentu mungkin lebih seringditemukan pada satu jenis kelamin.
3.Golongan etnik dan ras
Data di Amerika Utara menunjukkan bahwa seranganpertama maupun ulang demam reumatik lebih seringdidapatkan pada orang kulit hitam dibanding dengan orangkulit putih. Tetapi data ini harus dinilai hati-hati, sebabmungkin berbagai faktor lingkungan yang berbeda padakedua golongan tersebut ikut berperan atau bahkanmerupakan sebab yang sebenarnya.
4.Umu
Umur agaknya merupakan faktor predisposisi terpenting padatimbulnya demam reumatik / penyakit jantung reumatik.Penyakit ini paling sering mengenai anak umur antara 5-15tahun dengan puncak sekitar umur 8 tahun. Tidak biasaditemukan pada anak antara umur 3-5 tahun dan sangat jarang sebelum anak berumur 3 tahun atau setelah 20 tahun.Distribusi umur ini dikatakan sesuai dengan insidens infeksistreptococcus pada anak usia sekolah. Tetapi Markowitzmenemukan bahwa penderita infeksi streptococcus adalahmereka yang berumur 2-6 tahun.
5.Keadaan gizi dan lain-lain
Keadaan gizi serta adanya penyakit-penyakit lain belum dapatditentukan apakah merupakan faktor predisposisi untuktimbulnya demam reumatik.
6.Reaksi autoimun
Dari penelitian ditemukan adanya kesamaan antarapolisakarida bagian dinding sel streptokokus beta hemolitikusgroup A dengan glikoprotein dalam katub mungkin inimendukung terjadinya miokarditis dan valvulitis padareumatik fever
Faktor-faktor lingkungan :
1.Keadaan sosial ekonomi yang buru
Mungkin ini merupakan faktor lingkungan yang terpentingsebagai predisposisi untuk terjadinya demam reumatik.
 
Insidens demam reumatik di negara-negara yang sudah maju, jelas menurun sebelum era antibiotik termasuk dalamkeadaan sosial ekonomi yang buruk sanitasi lingkungan yangburuk, rumah-rumah dengan penghuni padat, rendahnyapendidikan sehingga pengertian untuk segera mengobatianak yang menderita sakit sangat kurang; pendapatan yangrendah sehingga biaya untuk perawatan kesehatan kurangdan lain-lain. Semua hal ini merupakan faktor-faktor yangmemudahkan timbulnya demam reumatik.
2.Iklim dan geografi
Demam reumatik merupakan penyakit kosmopolit. Penyakitterbanyak didapatkan didaerah yang beriklim sedang, tetapidata akhir-akhir ini menunjukkan bahwa daerah tropis punmempunyai insidens yang tinggi, lebih tinggi dari yangdiduga semula. Didaerah yang letaknya agak tinggi agaknyainsidens demam reumatik lebih tinggi daripada didataranrendah.
3.Cuaca
Perubahan cuaca yang mendadak sering mengakibatkaninsidens infeksi saluran nafas bagian atas meningkat,sehingga insidens demam reumatik juga meningkat.
III.PATOGENESIS
Demam reumatik adalah penyakit radang yang timbul setelahinfeksi streptococcus golongan beta hemolitik A. Penyakit inimenyebabkan lesi patologik jantung, pembuluh darah, sendi dan jaringan sub kutan. Gejala demam reumatik bermanifestasi kira-kira 1 – 5 minggu setelah terkena infeksi. Gejala awal, seperti juga beratnya penyakit sangat bervariasi. Gejala awal yangpaling sering dijumpai (75 %) adalah arthritis. Bentuk poliarthritisyang bermigrasi. Gejala dapat digolongkan sebagai kardiak dannon kardiak dan dapat berkembang secara bertahap.Demam reumatik dapat menyerang semua bagian jantung.Meskipun pengetahuan tentang penyakit ini serta penelitianterhadap kuman Beta Streptococcus Hemolyticus Grup A sudah

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->