Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASKEP GAGAL JANTUNG

ASKEP GAGAL JANTUNG

Ratings: (0)|Views: 2 |Likes:

More info:

Published by: Reza Syahbandi Jasma Wijaya on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
GAGAL JANTUNG (HEART FAILURE)A.Pengertian.
Suatu kegagalan jantung dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhantubuh (Purnawan Junadi, 1982).Kegagalan jantung kongestif adalah suatu kegagalan pemompaan (di manacardiac output tidak mencukupi kebutuhan metabolik tubuh), hal ini mungkin terjadisebagai akibat akhir dari gangguan jantung, pembuluh darah atau kapasitas oksigenyang terbawa dalam darah yang mengakibatkan jantung tidak dapat mencukupikebutuhan oksigen pada erbagai organ (Ni Luh Gede Yasmin, 1993).
B.Insiden
Gagal jantung dapat di alami oleh setiap orang dari berbagai usia. Misalnyaneonatus dengan penyakit jantung kongenital atau orang dewasa dengan penyakit jantung arterosklerosis, usia pertengahan dan tua sering pula mengalami kegagalan jantung (Ni Luh Gede Yasmin, 1993)..
C.Patofisiologi
Jantung yang normal dapat berespons terhadap peningkatan kebutuhanmetabolisme yang menggunakan mekanisme kompensasi yang bervariasi untuk mempertahankan kardiak output. Ini mungkin meliputi: respons sistem syaraf simpatetik terhadap baro reseptor atau kemoreseptor, pengencangan dan pelebaranotot jantung untuk menyesuikan terhadap peningkatan volume, vasokonstyrinksiarteri renal dan aktivasi sistem renin angiotensin serta respon terhadap serum-serum sodium dan regulasi ADH dari reabsorbsi cairan.Kegagalan mekanisme kompensasi di percepat oleh adanya volume darahsirkulasi yang di pompakan untuk menentang peningkatan resisitensi vaskuler oleh pengencangan jantung. Kecepatan jantung memperpendeka waktu pengisianventrikel dan arteri koronaria, menurunnya kardiak ouput menyebabkan berkurangnya oksigenasi pada miokard.Peningkatan tekanan dinding pembuluh darah akibat dilatasi menyebabkan peningkatan tunutan oksigen dan pembesaran jantung (hipertropi) terutama pada jantung iskemik atau kerusakan, yang menyebabkan kegagalan mekanisme pemompaan.
 
Secara skematis dapat digambarkan sebagai berikut:Kegaglan jantung dapat di nyatakan sebagai kegagalan sisi kiri atau sisikanan jantung. Kegagalan pada salah satu sisi jantung dapat berlanjut dengankegagalan pada sisi yang lain dan manifestasi klinis yang sering menampakankegagalan pemompaan total. Manifestasi klinis dari gagal jantung kanan adalah:edema, distensi vena, asites, penambahan berat badan, nokturia, anoreksia, peningkatan tekanan atrium kanan, peningkatan tekanan vena perifer.Manifestasi klinis dari gagal jantung sisi kiri adalah: dispnea on effort, orthopnea,sianosis, batuuk, dahak berdarah, lemah, peningkatan tekanan pulmonari kapiler, peningkatan tekanan atrium kiri.
D.Mekanisme hipertensi meningkatkan resiko
Bila kebanyakan pembacaan tekanan diastole tetap pada atau di atas 90 mmHgsetelah 6-12 bulan tanpa terapi obat, maka orang itu di anggap hipertensi dan resikotambahan bagi penyakit jantung koroner.Secara sederhana di katakan peningkatan tekanan darah mempercepatarterosklerosis dan arteriosklerosis sehingga ruptur dan oklusi vaskuler terjadisekitar 20 tahun lebih cepat daripada orang dengan normotensi. SebagianPeningkatan metabolismetubuhJantung menggunakanmekanisme kompensasiuntuk mempertahankankardiak outputMekanisme kompensasiyang digunakan antara lain:1.Peningkatan HR.2.Hipertropi miokard.3.Pengaktifan sistem reninangiotensin.4.Regulasi ADH danreabsorbsi cairan.
 
Peningkatan beban kerja jantung oleh karena peningkatan SVR Jantung bekerja lebih kerasdengan meningkatkan HR Memperpendek waktu pengisian ventrikel danarteri koronariaMenimbulkan injury daniskemi pada miokardMenimbulkan injury daniskemi pada miokardMenimbulkan kegagalanmekanisme pemompaan
 
mekanisme terlibat dalam proses peningkatan tekanan darah yang mengkibatkan perubahan struktur di dalam pembuluh darah, tetapi tekanan dalam beberapa caraterlibat langsung. Akibatnya, lebih tinggi tekanan darah, lebih besar jumlahkerusakan vaskular.
E.Asuhan Keperawatan Pada Klien Dengan Gagal Jantung
1.Pengkajiana.Aktivitas dan istirahatKelemahan, kelelahan, ketidakmampuan untuk tidur (mungkin di dapatkanTachycardia dan dispnea pada saat beristirahat atau pada saat beraktivitas). b.SirkulasiMempunyai riwayat IMA, Penyakit jantung koroner, CHF, Tekanan darah tinggi,diabetes melitus.Tekanan darah mungkin normal atau meningkat, nadi mungkin normal atauterlambatnya capilary refill time, disritmia.Suara jantung , suara jantung tambahan S
3
atau S
4
mungkin mencerminkanterjadinya kegagalan jantung/ ventrikel kehilangan kontraktilitasnya.Murmur jika ada merupakan akibat dari insufisensi katub atau muskulus papilarisyang tidak berfungsi.Heart rate mungkin meningkat atau menglami penurunan (tachy atau bradi cardia).Irama jantung mungkin ireguler atau juga normal.Edema: Jugular vena distension, odema anasarka, crackles mungkin juga timbuldengan gagal jantung.Warna kulit mungkin pucat baik di bibir dan di kuku.c.EliminasiBising usus mungkin meningkat atau juga normal.d.NutrisiMual, kehilangan nafsu makan, penurunan turgor kulit, berkeringat banyak, muntahdan perubahan berat badan.e.Hygiene perseoranganDispnea atau nyeri dada atau dada berdebar-debar pada saat melakukan aktivitas.f.Neoru sensori Nyeri kepala yang hebat,
Changes mentation
.g.KenyamananTimbulnya nyeri dada yang tiba-tiba yang tidak hilang dengan beristirahat ataudengan nitrogliserin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->