Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

Ratings: (0)|Views: 215|Likes:
Published by Moh Fadli Adhie

More info:

Published by: Moh Fadli Adhie on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
TEKNOLOGI INFORMASI DANPERUBAHAN SOSIAL
(
 
Keunggulan dan Dampaknya Terhadap Manusia Dan Lingkungan )
Komentar
Teknologi informasi merupakan teknologi masa kini yang dapat menyatukan ataumenggabungkan berbagai informasi, data dan sumber untuk dimanfaatkan sebagai ilmu bagikegunaan seluruh umat manusia melalui penggunaan berbagai media dan peralatantelekomunikasi modern. Dengan menggunakan berbagai media, peralatan teelekomunikasi dancomputer canggih, Teknologi Informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan yang  sangat penting dalam kehidupan dan peradaban umat manusiadi seluruh dunia. Kemajuan peradaban manusia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad informasi ini teelahmemudahkan manusia berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Keunggulan atau dampak  positif dari kemajuan teknologi informasi sangat besar manfaatnya. Tetapi, tidak dapat dielakkan juga bahwa dampak negatif yang dihasilkan oleh teknologi informasi ini juga muncul.
A.Pendahuluan
Tulisan ini mencoba untuk mengeenali lebih dekat teknologi informasi yang barangkalisering kita dengar, seperti telematik, televideomatik, internet dan sebagainya. Keunggulan dankecanggihan teknologi informasi ini secara langsung mampu menggeser bahkan merubah sistem pola hidup manusia. Dalam perkembangannya teknologi informasi mampu memicu gejala-gejalasosial yang dapat dikatakan baru. Gejala tersebut antara lain, jarak dan waktu bukan lagi kendalayang utama, munculnya sistem pembelian dengan cara on-line, dan gejala yang sering terjadiadalah perubahan dalam bidang hukum, perundangan dan nilai-nilai budaya.Era Informasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi berkembang dengan cepat, jugaarus informasi berjalan dan menyebar dengan kecepatan tinggi seolah-olah tanpa batas. Setiapinformasi penting dari negara manapun akan dapat tersebar dan diketahui oleh penduduk diseluruh dunia yang sudah dapat mengakses informasi. Segala macam informasi akan berlalulalang dihadapan manusia. Menghadapi hal semacam ini setiap orang harus dapat menentukansikap dan mengambil keputusan agar dapat memilih informasi yang tepat bagi dirinya.
 
Pada dasarnya informasi yang ada baik atau buruk, benar atau salah pada hakekatnya bersifat netral. Artinya akibat dan efek informasi bagi seseorang atau masyarakat tergantung padakepandaian dan kepiawaian seseorang atau masyarakat untuk menggunakan informasi tersebut.Pada saat ini sumber informasi sangat banyak, beragam dan tersebar dimana-mana. Sangat sulituntuk membatasi atau membentengi suatu informasi untuk tidak samapai kepada suatumasyarakat tertentu. Langkah yang terbaik bukannya menghalangi kehadiran informasi karenahal itu tidak mungkin, yang tepat adalah menyiapkan masyarakat untuk bisa menangani,menerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi yang tersedia. Penyiapan kondisi psikologis bagi masyarakat untuk menerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi bagidiri mereka sendiri akan lebih efektif dan mendewasakan masyarakat untuk bisa mengelolainformasi dengan baik. Dengan kemajuan teknologi informasi seseorang atau masyarakat akanmendapat kemudahan akses untuk menggunakan dan memperoleh informasi.
B.Perkembangan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi telah merambah ke seluruh sektor kehidupan, mulai dari digunakannyaTeknologi Informasi ini hanya sebagai pengganti mesin ketik sampai dengan yang sudahmendukung dalam pengambilan keputusan manajemen. Teknologi Informasi telah berkembang begitu pesat. Hal ini tentu saja membawa dampak perubahan seluruh sektor kehidupan manusia.Pada dasarnya Teknologi informasi adalah perangkat yang berharga karena dapatmemberikan berbagai manfaat baik langsung maupun tidak langsung. Pengetahuan tentangTeknologi informasi ini sangat penting, hal ini disebabkan karena :a.Teknologi Informasi berada dimana-mana b.Teknologi Informasi dapat membantu manusia menjadi lebih produktif c.Teknologi Informasi itu menggairahkan dan dapat memberikan perubahand.Teknologi Informasi dapat mempertinggi karie.Teknologi Informasi dapat memberikan kesempatan luas kepada manusia di dunia ini.Teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Lebih rinci,teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi enam teknologi, yaitu teknologi komunikasi,teknologi masukan, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpan, dan teknologi mesin pemproses.
 
Sejak dasawarsa terakhir, perkembangan teknologi dan akses internet memperkuatmasyarakat kita dalam bidang informasi. Dengan temuan pangkalan data (
database
) komputer, jaringan, dan inovasi teknologi lain yang memfasilitasi temu kembali informasi, penyimpananinformasi telah diperkuat pada tingkat yang sangat tinggi.
C.Pengertian Informasi
Ada banyak arti dan makna informasi. Oleh karena itu perlu didefinisikan pengertianinformasi agar dapat dijadikan sebagai acuan dalam memahami informasi. Dalam bukunyaJeffrey A Hoffer informasi dijelaskan sebagai , ”
 Information as data that has been processed in such a way that it can increase the knowledge of the person who uses it.
Informasi adalah datayang diproses sedemikian rupa sehingga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagiorang yang menggunakan informasi tersebut. Untuk menjadi informasi harus melalui proses pengolahan dari sejumlah data yang ada.Setiap informasi yang berguna bagi orang yang memerlukan pada saat dan tempat yangtepat. Oleh karena itu penyedia informasi pada pusat-pusat informasi seharusnya dapatmemahami dan mengetahui apa sesungguhnya yang dicari oleh para pengguna dan pencariinformasi. Menurut Pawit M. Yusuf, informasi merupakan catatan atau rekaman suatu fenomenayang dapat diamati atau berupa keputusan-keputusan penting. Informasi adalah sesuatu yang berupa pengetahuan lisan atau tertulis. Di masa sekarang dan masa yang akan datang informasitertulis atau informasi rekaman akan mempunyai nilai yang tinggi dan berguna bagi kehidupanmasyarakat. Jadi informasi yang dihasilkan merupakan sesuatu yang bermakna bagi penggunainformasi, bagi penyedia informasi, dan juga bagi suatu sistem pengetahuan dalam masyarakat.Dengan demikian informasi adalah suau data, pengetahuan, suara, gambar, dari yang sederhanasampai yang kompleks yang dapat digunakan oleh pemakai informasi dan hal-hal tersebutmempunyai nilai dan arti dalam arus lalu lintas informasi.Secara umum dapat dikatakan bahwa informasi adalah suatu data, keterangan, pengetahuan, berita yang bermakna dan berguna baik bagi penyedia informasi maupun bagi penggunainformasi. Sebuah informasi dapat dikomunikasikan, dapat ditransfer atau dapat diakses oleh para pengguna informasi. Informasi yang benar akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi para pengguna informasi. Dengan melihat kenyataan itu, suatu informasi yang bernilai, kaya dan bermutu mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->