Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
hedonisme

hedonisme

Ratings: (0)|Views: 122 |Likes:
Published by dolphinzegers

More info:

Published by: dolphinzegers on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
1.1
 
LATAR BELAKANG
 Perilaku hedonisme kini telah merekat pada kehidupan pada kehidupan DewanPerwakilan Rakyat kita yang terhormat . Meskipun tidak semua anggota dewan dan pejabatyang senang pamer kekayaan karena sudah terjangkit
virus penyakit „OKB‟ alias orang kaya
baru. Manusiawi memang ketika manusia hidup untuk mencari kesenangan dan kepuasan,karena itu merupakan sifat dasar manusia. Manusia memang selalu ingin mengejarkebahagiaan. Miris memang apabila kita melihat potret kehidupan antara para anggota dewanyang terhormat, dengan kehidupan rakyat miskin yg hanya bisa tinggal di gubuk derita ataukolong jembatan. Ilustrasi ini memang bagaikan suatu jurang pemisah diantara keduannya.DPR sudah lari dari fungsi yang diamanatkan rakyat. Mereka sudah terjebak pada gaya hiduphedonis, tanpa memikirkan bagaimana cara rakyat mensejahterakan rakyat.Kini banyak proyek-proyek mewah yang diajukan anggota DPR. Banyaknya proyek mewah yang memakan anggaran besar di DPR RI mengundang banyak kritikan. AnggotaDPR dinilai sudah terjebak gaya hedonis yang gemar akan kemewahan. Proyek-proyek yangmemakan dana besar tersebut sebenarnya tidak diperlukan. Masyarakat menganggap DPRdinilai bukan lagi lembaga yang bekerja untuk rakyat, namun hanya untuk kepentingangolongan tertentu saja.
1.2
 
RUMUSAN MASALAH
 1.
 
Apakah yang dimaksud dengan hedonisme ?2.
 
Bagaimanakah potret kemewahan dan sikap hedonism anggota DPR di Indonesia ?3.
 
Apakah yang menyebabkan para anggota DPR bersikap Hedonisme ?4.
 
Bagaimanakah perilaku hedonisme anggota DPR jika ditinjau dari norma kesusilaan ?5.
 
Bagaimanakah cara menghindari sikap hedonisme ?
1.3
 
TUJUAN
 1.
 
Mengetahui pengertian hedonisme.2.
 
Mengetahui potret kemewahan dan sikap hedonisme anggota DPR di Indonesia.3.
 
Mengetahui penyebabkan para anggota DPR bersikap Hedonisme.
 
4.
 
Mengetahui perilaku hedonisme anggota DPR jika ditinjau dari norma kesusilaan.5.
 
Mengetahui cara menghindari sikap hedonisme.
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
2.1 PENGERTIAN HEDONISME
 
Hedonisme
adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadibahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindariperasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwakesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.Kata hedonisme diambil dari BahasaYunani
ἡδονισμός
hēdonismos
dari akar kata
ἡδονή
hēdonē 
, artinya "kesenangan". Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yangmemuaskan keinginanmanusiadan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu.
Latar belakang
 Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitartahun 433 SM.Hedonisme inginmenjawab pertanyaanfilsafat"apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?" Hal ini diawalidengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhirmanusia. LaluAristipposdariKyrene(433-355 SM)menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masakecilnya selalu mencari kesenangan dan bila tidak mencapainya, manusia itu akan mencarisesuatu yang lain lagi. Pandangan tentang 'kesenangan' (hedonisme) ini kemudian dilanjutkanseorangfilsuf Yunani lain bernamaEpikuros(341-270 SM).Menurutnya, tindakan manusia yang mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Meskipun demikian, hedonismeEpikureanlebih luas karena tidak hanya mencakup kesenangan badani saja --seperti Kaum Aristippos--,melainkan kesenangan rohani juga, seperti terbebasnya jiwa dari keresahan.
 
2.2
POTRET KEMEWAHAN ANGGOTA DPR
 
Gaya Hidup Hedonistis Pejabat Negara
 
Tidak pantas rasanya kalau kita melihat gaya hidup mewah yang ditampilkan olehpara pejabat negara di Indonesia. Bagaimana tidak, ditengah kondisi bangsa kita yangsebagian besar masyarakatnya berada dibawah garis kemiskinan, mereka masih tetapmemperlihatkan sikap hedonistis yang terkadang merugikan masyarakat.
 
Salah satu faktor terlihatnya gaya hidup mewah yang demikian karena peraturanpemerintah yang sudah ada, seperti standar penggunaan mobil dinas untuk para menteridan pejabat negara lainnya, adanya fasilitas rumah dinas dan pengawalan keamanan yangketat. Sebenarnya tidak perlu para pejabat negara berpergian dengan pengawalan yangberlebihan sehingga menyebabkan terhambatnya lalu lintas. Dengan menggunakan mobilmewah saja sudah menunjukkan sikap hedonistis mereka, ditambah lagi denganpengawalan seperti itu.
Banyak Proyek Mewah, Anggota DPR Terjebak Gaya Hedonisme
 Banyaknya proyek mewah yang memakan anggaran besar di DPR RI mengundangbanyak kritikan. Anggota DPR dinilai sudah terjebak gaya hedonis yang gemar akankemewahan. DPR sudah lari dari fungsi yang diamanatkan rakyat. Mereka sudah terjebak pada gaya hidup hedonis, tanpa memikirkan bagaimana cara rakyat mensejahterakan rakyat.
Tak Ada yang Spesial di Kalender DPR Rp 1,3 M
 Kalender tahun 2012 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah dicetak dengan anggaranRp 1,3 miliar. Seperti apa bentuknya?Tak ada yang spesial dari kalender 2012 yang dibuatkhusus untuk anggota DPR ini. Kalender ini dibuat sebanyak 13 halaman dengan kertaskalender mengkilat yang cukup tebal.Setiap lembar kalender berisi foto-foto kegiatan pimpinan DPR. Beberapa kegiatan SekjenDPR juga ada di bagian atas kalender. Sedangkan di bagian bawah, seperti layaknyakalender, berisi tanggal.Setiap anggota Dewan mendapat 20 eksemplar kalender spesial ini.Jika dihitung total untuk 560 anggota DPR adalah 11200 eksemplar.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
johari liked this
johari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->