Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH Assembly Rouf Munir

MAKALAH Assembly Rouf Munir

Ratings: (0)|Views: 609 |Likes:
Published by Risywan Mochammed

More info:

Published by: Risywan Mochammed on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

 
MAKALAHIMPLEMENTASI BAHASA ASSEMBLY PADAMIKROKONTROLER 
Oleh :Abdur Rouf (2008.69.04.0076)Misbahul Munir (2010.69.04.0044)
FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKAUNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
 
2012
BAB IPENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANGBahasa pemrograman assembly adalah bahasa pemrograman dasar yang pertamadikenal untuk menghubungkan programmer dengan mesin. Sifatnya yang mendekati bahasamesin memberikan keistimewaan tersendiri, yaitu kecepatan akses. secara umum, semakindekat bahasa pemrograman dengan mesin, semakin tinggi pula kecepatannya. Pemrograman bahasa assembly menawarkan kelebihan ini. Walaupun saat ini sudah banyak bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language), bahasa pemrograman assembly masih tetap banyak digunakan terutama pada pemrograman perangkat mikrokontroler clan robotik.Makalah ini membahas secara rinci bahasa pemrograman assembly dari mulai konsep dasar,instruksi, hingga aplikasinya.B.RUMUSAN MASALAHAdapun beberapa pokok permasalahan yang melatarbelakangi disusunnya makalahimplemetasi bahasa assembly pada hhh:1.Bagaimanakah implemetasi bahasa assembly pada mikrokontroler ?C.TUJUANBerdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuannya adalah sebagai berikut :1.Mengetahui dan memahami tentang implemetasi bahasa assembly padamikrokontroler.
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.Mikrokontroler Mikrokontroler adalah sebuah system computer sederhana yang dimuat dalam satuchip, biasanya disebut computer on chip. Kata mikro menunjukkan bahwa perangkatnya berukuran kecil dan kata kontroler menunjukkan bahwa perangkat kecil tersebut dapatdigunakan untuk mengontrol/ mengendalikan perangkat lain. Sering juga diistilahkan sebagaiembedded microcontroller, bersifat sebagai perangkat pendukung dan biasanya ditanamkan kedalam perangkat yang dikontrolnya.Pada mikrokontroler terdapat bagian hardware dan software. Programmer dapatmemasukkan program ke dalam mikrokontroller sehingga berfungsi sesuai dengan yangdiinginkan oleh pengguna. Salah satu kelebihan mikrokontroler adalah kesederhanaan danukurannya yang relative kecil. Disamping kelebihan tersebut, terdapat kekurangan yaitu dayamuat memori yang relative rendah sehingga programmer dituntut untuk lebih hemat dalammembuat program. Komponen yang terdapat dalam mikrokontroler adalah prosesor ROM,RAM, dan I/O.Prosesor berperan sebagai otak dari system.ROM adalah memori hardware yang menyimpan rangkaian program inti.RAM adalah memori untuk menyimpan program yang disisipkan oleh programmer. RAMadalah bagian yang dapat diubah oleh pengguna sesuai dengan program yang dibuat.I/O adalah bagian yang menghubungkan mikrokontroler dengan dunia luar.
3
ProsesorROM (ReadOnlyMemory)RAM (ReadaccessMemory)Perangkat Input/OutputKomponen Pendukung

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->