Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 3-Aljabar Boolean Dan Teknik Reduksi Bagian 1edit

Bab 3-Aljabar Boolean Dan Teknik Reduksi Bagian 1edit

Ratings: (0)|Views: 390|Likes:
Published by Widya Tanti

More info:

Published by: Widya Tanti on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
ANDHI SETIAWAN, S.Pd
BAB 3BAB 3ALJABAR BOOLEAN DANALJABAR BOOLEAN DANTEKNIK REDUKSITEKNIK REDUKSI GERBANG LOGIKAGERBANG LOGIKA
Dalam praktek, anda akan menjumpai kenyataan bahwa gerbang-gerbang dasar seperti AND, OR, NAND, NOR, INVERT, XOR, DAN XNORtidak cukup untuk diterapkan pada sistem digital yang kompleks.Artinya sebuah permasalahan sebenarnya tidak dapat dipecahkanhanya dengan menggunakan satu gerbang AND saja, satu gerbang ORsaja ataupun gerbang-gerbang yang lain. Hal ini terjadi mengingatvariabel-variabel yang harus diperhitungkan dalam memecahkan suatupermasalahan jumlahnya banyak dan kompleks. Gerbang dasardipakai sebagai building blok untuk gerbang logika yang lebihkompleks yang diterapkan dengan menggunakan kombinasi gerbang-gerbang tersebut. Kombinasi gerbang-gerbang dasar yang membentuksuatu fungsi logika tertentu disebut juga sebagai logika kombinasi.Logika kombinasi merupakan suatu rangkaian digital yangmempergunakan 2 atau lebih gerbang-gerbang logika. Kombinasibeberapa gerbang logika dapat menjadi suatu rangkaian digital yangsangat komplek. Pada dasarnya kompleksitas suatu rangkaian digitaldapat diserderhanakan sehingga rangkaian digital tersebut dapatmemanfaatkkan gerbang yang lebih sedikit.Penyederhanaan rangkaian digital tersebut dikenal sebagaiteknik reduksi. Teknik Reduksi yang akan dibahas dalam bab ini antaralain : Teknik reduksi menggunakan aljabar Bolean, Teknik reduksimenggunakan teorema de morgan, dan teknik reduksi menggunakanpeta karnough.
 
ANDHI SETIAWAN, S.Pd
Selain itu, sebelum membahas teknik reduksi lebih mendalam,dalam bab ini akan dibahas konversi rangkaian digital menjadi suatupersamaan logika dan konversi suatu persamaan logika menjadi suaturangkaian digital.
3.1 Rangkaian Digital dan Persamaan Digital
Dalam sub bab ini, kita akan mempelajari konversi rangkaiandigital menjadi suatu persamaan logika dan konversi suatu persamaanlogika menjadi suatu rangkaian digital. Sebagai dasar menyusun danmenyederhanakan rangkaian.Suatu rangkaian digital sebenarnya merupakan realisasi sistemyang bekerja secara digital, sistem digital secara sederhana dapatdinyatakan sebagai suatu sistem ON/OFF yaitu sistem yang bekerjadengan 2 kondisi, yaitu HIDUP atau MATI.
Contoh Soal 3-1:
Suatu sistem alarm rumah, mempunyai sistem kerja sebagai berikut :Sistem alarm (AL) akan aktif bila: Jika di dalam rumah ada asap (A) dan suhu naik (S) dari kondisi suhurata-rata. Asap di dalam rumah dideteksi oleh sensor asap, sedangkansuhu dideteksi oleh sensor suhu.Atau Jika Sistem kunci rumah aktif (K) dan ada jendela yang terbuka (J).
Penyelesaian:
Dengan mengingat pembahasan simbol dalam bab 2, maka kondisi diatas dapat diterjemahkan sebagai berikut ;Kondisi 1 : ada asap (A) DAN suhu naik (S)
A . SKondisi 2 : Kunci aktif (K) DAN jendela terbuka (J)
K . J
 
ANDHI SETIAWAN, S.Pd
Sistem alarm aktif (AL) jika kondisi 1 ATAU kondisi 2
kondisi 1 +kondisi 2 Jadi AL = kondisi 1 + kondisi 2AL= A . S + K . J Jadi pernyataan di atas dapat diterjemahkan menjadi persamaan AL =A . S + K . JPersamaan di atas merupakan rangkaian sederhana yangmemanfaatkan 2 gerbang AND dan 1 gerbang OR. Persamaan di atasdapat digambarkan menjadi :Gambar 3.1 Rangkaian gerbang untuk penyelesaian contoh 1
3.2 Aljabar Boolean
Salah satu teori dasar teknik reduksi adalah aljabar Boolean.Seperti halnya matematika aljabar, aljabar boolean mempunyaihukum-hukum dan aturan-aturan. Dalam aljabar Boolean ada 3 hukumdan 10 aturan yang digunakan.
3.2.1 Hukum Aljabar Boolean
Hukum aljabar Boolean antara lain :
1. Hukum Komutatif 
Pada perkalianA . B = B . AA.B.C = B.A. C
 A K  J  A
.
 J  K 
.
 J  K  A AL
..
+=

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->