Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
radiologi - stroke

radiologi - stroke

Ratings: (0)|Views: 26|Likes:
Published by Finidya Septiani
refarat radiologi
refarat radiologi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Finidya Septiani on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANI.1Latar Belakang
Cerebro Vascular Desease (CVD) atau stroke merupakan penyakit ketiga yangmenyebabkan kematian dibeberapa negara berkembang setelah jantung dan kanker. Setiaptahunnya sekitar 4,5 juta orang meninggal karena stroke. Stroke sebagai salah satu penyebabkematian dan kecacatan neurologi yang utama di Indonesia. Serangan otak ini merupakankegawatdaruratan medis yang harus ditangani secara cepat, tepat, dan cermat.
1,2
 Data di Indonesia menunjukkan kecenderungan peningkatan kasus stroke baik dalam halkematian, kejadian dan kecacatan. Insiden stroke 51,6/100.000 penduduk dan kecacatan 1,6%tidak berubah dan 4,3% semakin memberat.
3
Angka kematian berdasarkan umur sebesar 15,9%(usia 45-55 tahun), 26,8% (usia 55-64 tahun), dan 23,5% (usia >65 tahun).
4
Stroke dapat terjadi pada semua umur tapi sebagian dialami oleh orang yang berusia lebih dari 70 tahun.
5
Otak mengontrol fungsi tubuh kita, bagaimana kita berpikir, melihat, berbicara, dan bergerak. Sinyal-sinyal ke dan dari otak yang ditransmisikan melalui medulla spinalis ke seluruhtubuh. Sisi kanan otak mengendalikan sisi kiri tubuh, dan sisi kiri otak mengendalikan sisikanan tubuh.
6
 Suplai darah ke otak berasal dari arteri karotis dan arteri vertebralis yang berasal darimedulla spinalis. Ketika area otak kehilangan atau terhentinya suplai darah dan bagian tubuhyang dikendalikan juga berhenti bekerja, hal inilah yang menjadi penyebab stroke atau CVD.
6
Penyebab stroke didominasi oleh plak arteriosklerotik yang terjadi pada satu atau lebih arteriyang memberi aliran darah berupa nutrisi dan makanan ke otak. Plak biasanya mengaktifkanmekanisme pembekuan darah, dan menghasilkan bekuan untuk membentuk dan menghambatarteri, dengan demikian menyebabkan hilangnya fungsi otak secara akut pada area yangterlokalisasi.
7
Adapun seiring dengan berjalannya waktu pemeriksaan penunjang yang dilakukan pada pasien yang diduga stroke dan juga untuk membedakan jenis stroke tersebut menggunakanComputed Tomography (CT). Dalam investigasi serangan stroke iskemik dan transien (TIA) pencitraan digunakan untuk membedakan lesi vaskular dari non-vaskular, seperti tumor atau
1
 
infeksi, stroke iskemik atau hemoragik, dan membedakan stroke sirkulasi anterior dan posterior untuk menentukan apakah stenosis karotis terdapat gejala atau tidak.Dalam pencitraan masa depan dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat jaringanyang dapat diselamatkan pada stroke akut sebelum pengobatan. Pencitraan harus digunakanuntuk mengarahkan manajemen. Investigasi harus diatur untuk menyelesaikan spesifik,sebaiknya diartikulasikan, dilema manajemen. Ini mungkin termasuk pencitraan untumengklarifikasi dan mengetahui prognosis.
I.2Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian di atas dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut :
1.
Apa definisi dari Cerebro Vascular Disease/Stroke?
2.
Bagaimana gambaran radiologis pada pasien dengan Cerebro Vascular Disease/ Stroke?
I.3Tujuan Penulisana.Tujuan Umum
Tujuan umum penulisan referat ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan gambaranradiologi mengenai CVD (Cerebro Vascular Desease).
b.Tujuan Khusus
Tujuan khusus penulisan referat ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang berhubungandengan CVD (Cerebro Vascular Desease), yaitua.Anatomi pembuluh darah ota b.Definisic.Klasifikasid.Faktor resiko
e.
Gejala dan tanda klinisf.Diagnosisg.Gambaran Radiologih.Penatalaksanaani.Komplikasi
 j.
Prognosis
2
 
I.4Manfaat Penulisana.Bagi Institusi Pendidikan
Diharapkan refrat ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan memberikan wawasanilmu pengetahuan kedokteran khususnya radiologi.
b.Bagi Penulis
Penulisan refrat yang dilakukan menambah pengetahuan penulis mengenai GambaranRadiologi Cerebro Vascular Disease (CVD / Stroke).
c.Bagi Pembaca
Penulisan ini diharapkan menambah ilmu pengetahuan dan diharapkan menambahkeingintahuan pembaca tentang Radiologi.
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->