Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tujuan dan manfaat auditing

tujuan dan manfaat auditing

Ratings: (0)|Views: 87 |Likes:
Published by ayunina_1937
tujuan dan manfaat auditing
tujuan dan manfaat auditing

More info:

Published by: ayunina_1937 on Nov 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
Tujuan pelaksanaan audit produksi menurut Bayangkara (2008:178) adalah untuk mengetahui:1. Apakah produk yang dihasilkan telah mencerminkan kebutuhan pelanggan(pasar)2. Apakah strategi serta rencana produksi dan operasi sudah secara cermatmenghubungkan antara kebutuhan untuk memuaskan pelanggan denganketersediaan sumber daya serta fasilitas yang dimiliki pemsahaan.3. Apakah strategi, rencana produksi dan operasi telah mempertimbangkankelemahan-kelemahan internal, ancaman lingkungan eksternal serta peluangyang dimiliki perusahaan.4. Apakah proses transformasi telah berjalan secara efektif dan efisien.5. Apakah penempatan fasilitas produksi dan operasi telah mendukung berjalannya proses secara ekonomis, efektif, dan efisien.6. Apakah pemeliharaan dan perbaikan fasilitas dan operasi telah berjalan sesuaidengan jadwal yang telah ditetapkan dalam mendukung dihasilkannya produk yang sesuai dengan kuantitas, kualitas, dan waktu yang telah ditetapkan.7. Apakah setiap bagian yang terlibat dalam proses produksi dan operasi telahmelaksanakan aktivitasnya sesuai dengan ketentuan serta aturan yang telahditetapkan perusahaan.Audit fungsi produksi dan operasi dapat membantu manajemen dalam menilai bagaimanafungsi produksi berjalan dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan secarakeseluruhan, secara rinci manfaat yang diberikan oleh audit produksi adalah sebagai berikut:1. Dapat memberikan gambaran kepada pihak yang berkepentingan tentangketaatan dan kemampuan fungsi produksi dan operasi dalam menerapkankebijakan serta strategi yang telah ditetapkan.2. Dapat memberikan informasi tentang usaha-usaha perbaikan proses produksidan operasi yang telah dilakukan perusahaan serta hambatan-hambatan yangdihadapi.3. Dapat menentukan area permasalahan yang masih dihadapi dalam mencapaitujuan produksi dan operasi serta tujuan perusahaan secara keseluruhan.4. Dapat menilai kekuatan dan kelemahan strategi produksi dan operasi sertakebutuhan perbaikannya dalam meningkatkan kontribusi fungsi produksiterhadap pencapaian tujuan perusahaan.http://www.fourseasonnews.com/2012/06/tujuan-dan-manfaat-audit-produksi.html
 
PENGERTIAN AUDIT PRODUKSI DAN OPERASI
Audit produksi dan operasi melakukan penilaian secara komprehensif terhadapkeseluruhan fungsi produksi dan operasi untuk menentukan apakah fungsi ini telah berjalandengan memuaskan (ekonomis, efektif dan efisien). Audit ini dilakukan tidak hanyaterbatas pada unit produksi tetapi juga berperan melengkapi fungsi pengendalian kualitas.Alasan yang mendasari perlu dilakukannya audit antara lain :1.
 
Proses produksi dan operasi harus berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.2.
 
Kekurangan/kelemahan yang terjadi harus ditemukan sehingga segera dapat diperbaiki.3.
 
Konsistensi berjalannya proses harus diungkapkan.4.
 
Pendekatan proaktif harus menjadi dasar dalam peningkatan proses.5.
 
Berjalanya tindakan korektif harus mendapat dorongan dan dukungan dari berbagai pihak yang terkait.
AUDIT OPERASIONAL TERHADAP FUNGSI PRODUKSI
Audit operasional terhadap fungsi produksi atau sering disebut dengan audit produksi merupakan suatu bentuk audit yang dilaksanakan perusahaan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan dibidang produksi.Selain itu, produksi juga berfungsi untuk mengukur seberapa baik manajemenmenjalankan fungsi perencanaan, organisasi, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan produksi dan seberapa efektifkah manajemen dalam membuat keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan produksi yang telah ditetapkan.Audit produksi melakukan penilaian secara komprehensif terhadap keseluruhanfungsi produksi dan operasi untuk menentukan apakah fungsi ini telah berjalan denganmemuaskan (ekonomis, efektif, dan efisien). Beberapa alasan yang mendasari perlunyadilakukan audit produksi, antara lain:1.
 
Proses produksi dan operasi hams berjalan sesuai dengan prosedur yang telahditetapkan.2.
 
Kekurangan/kelemahan yang terjadi hams ditemukan sehingga segera dapatdiperbaiki3.
 
Konsistensi berjalannya proses hams diungkapkan
 
4.
 
Pendekatan proaktif haras menjadi dasar dalam peningkatan proses.5.
 
Berjalannya tindakan korektif hams mendapat dorongan dan dukungan dari berbagai pihak yang terkait.
PRINSIP – PRINSIP UMUM AUDIT :
1.
 
Tujuan utama audit adalah untuk menentukan apakah proses produksi dan operasi yang berjalan saat ini sudah sesuai dengan criteria (peraturan,kebijakan, tujuan, rencana, standar)yang telah ditetapkan untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan konsisten denganstandar kualitas yang telah ditetapkan serta mengidentifikasikan wilayah (bagian) yangmasih memerlukan perbaikan.2.
 
Auditor harus secara objektif dan sistematis mengumpulkan dan menganalisis data yangcukup dan relevan sebagai dasar penilaian terhadap ketaatan perusahaan dalam menerapkancriteria yang telah ditetapkan.3.
 
Auditor harus mengklarifikasikan ketidaksesuaian yang terjadi antara aktifitas produksidan operasi dengan kebutuhan criteria (standar) yang telah ditetapkan dan membuatrekomendasi untuk peningkatan.
TUJUAN AUDIT OPERASIONAL :
1.Untuk menilai kinerja dari manajemen dan berbagai fungsi dalam badan usaha.2.Untuk menilai apakah sumber daya (manusia,mesin, dana, harta lainnya ) yangdimiliki badan usaha telah dugunakan efisien dan ekonomis.3.Untuk menilai efektifitas badan usaha dalam mencapai tujuan yang telahditetapkan.4.Memberikan rekomendasi kepada manajemen puncak untuk memperbaikikelemahan kelemahan terhadap penerapan struktur pengendalian internal, system pengendalian manajemen dan produser operasional badan usaha, dalam rangkameningkatkan efisien, keekonomisan, dan efektivitas kegiatan operasi badan usaha.
MANFAAT AUDIT OPERASIONAL :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->