Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sap Imunisasi.

Sap Imunisasi.

Ratings: (0)|Views: 310|Likes:
Published by Cecep Amd

More info:

Published by: Cecep Amd on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2013

pdf

text

original

 
SATUAN PELAJARANTopik : ImunisasiHari / Tanggal :Waktu :Tempat :I. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TIU)
Setelah mendapatkan penjelasan tentang imunisasi ibu-ibu diharapkan dapatmemotivasi keluarga untuk membawa anak balitanya ke posyandu gunamebdapatkan imunisasi lengkap.
II. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK)
1. Setelah mendapatkan penjelasan tentang imunisasi ibu-ibu dapat :2. Menjelaskan pengertian imunisasi / vaksinasi.3. Menjelaskan tujuan imunisasi.4. Menjelaskan penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi.5. Menjelaskan jenis-jenis imunisasi.6. Mnejelaskan jadwal pemberian imunisasi.7. Menjelaskan cara pemebrian imunisasi.8. Menjelaskan kapan imunisasi tidak boleh diberikan.9. Menjelaskan keadaan yang timbul setelah imunisasi.10. Menjelaskan tempat pelayanan imunisasi.
III. MATERI PELAJARAN
1. Pengertian imunisasi2. Tujuan imunisasi3. Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.4. Jenis-Jenis imunisasi.5. Sasaran imunisasi.6. Jadwal pemberian imunisasi.7. Cara pemeberian imunisasi.8. Kapan imunisasi tidak boleh diberikan.9. Keadaan yang timbul setelah imunisasi.10. Tempat pelayanan imunisasi.11. Perawatan yang diberikan setelah imunisasi.
 
V. PESERTA
1.2.
V. METODE
1. Ceramah2. Diskusi3. Demonstrasi
VI. MEDIA
1. Poster 2. Leaflet3. Flip Chart
VII. EVALUASI
1. Ibu-ibu dapat menyebutkan pengertian imunisasi.2. Ibu-ibu dapat menyebutkan tujuan imunisasi.3. Ibu-ibu dapat menyebutkan jenis-jenis imunisasi.4. Ibu-ibu dapat menyebutkan sasaran imunisasi.5. Ibu-ibu dapat menyebutkan jadwal pemberian imunisasi.6. Ibu-ibu dapat menjelaskan cara pemberian imunisasi.7. Ibu-ibu dapat menjelaskan kapan imunisasi tidak boleh diberikan.8. Ibu-ibu dapat menjelaskan keadaan yang timbul setelah imunisasi.9. Ibu-ibu dapat menjelaskan tempat pelayanan imunisasi.10. Ibu-ibu dapat melakukan perawatan setelah pemberian imunisasi.
VIII. PENGORGANISASIAN & URAIAN TUGAS
1. Protokol / Pembawa acaraUraian tugas :a. Membuka acara penyuluhan, memperkenalkan diri dan tim kepada peserta. b. Mengatur proses dan lama penyuluhan.c. Menutup acara penyuluhan.2. Penyuluh / Pengajar Uraian tugas :
 
Menjelaskan materi penyuluhan dengan jelas dan dengan bahasa yang mudah dipahamioleh peserta.Memotivasi peserta untuk tetap aktif dan memperhatikan proses penyuluhan.Memotivasi peserta untuk bertanya.3. Fasilitator Uraian tugas :a. Ikut bergabung dan duduk bersama di antara peserta. b. Mengevaluasi peserta tentang kejelasan materi penyuluhan.c. Memotivasi peserta untuk bertanya materi yang belum jelas.d. Menginterupsi penyuluh tentang istilah/hal-hal yang dirasa kurang jelas bagi peserta.4. Observer Uraian tugas :a. Mencatat nama, alamat dan jumlah peserta, serta menempatkan diri sehinggamemungkinkan dapat mengamankan jalannya proses penyuluhan. b. Mencatat pertanyaan yang diajukan peserta.c. Mengamati perilaku verbal dan non verbal peserta selama proses penyuluhan.d. Mengevaluasi hasil penyuluhan denga rencana penyuluhan.e. Menyampaikan evaluasi langsung kepada penyuluh yang dirasa tidak sesuaidenganrencana penyuluhan.
SUMBER :
1. Direktorat Jenderal PPM dan PLP,
 Pelaksanaan Imunisasi Modul Latihan Petugas Imunisasi,
Jakarta, (1985).2. Departemen Kesehatan,
 Bercakap Dengan Ibu-Ibu-Petunjuk Bagi Kader Dalam Rangka Promosi Posyandu,
Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Jakarta,1988.3. Tim Pengelola UPGK Tk. Pusat,
 Buku petunjuk Untuk Latihan Kader,
Jakarta,1988.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->