Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Mdgs

Program Mdgs

Ratings: (0)|Views: 101 |Likes:
Published by Helfia Gusvita

More info:

Published by: Helfia Gusvita on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

 
PROGRAM MDGS ( MILLENNIUM DEVELOPMENT GOALS )
Millennium Development Goals (MDGs) atau Tujuan Pembangunan Milenium,adalah sebuah paradigma pembangunan global, dideklarasikan Konperensi Tingkat TinggiMilenium oleh 189 negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York padabulan September 2000. Dasar hukum dikeluarkannya deklarasi MDGs adalah ResolusiMajelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa Nomor 55/2 Tangga 18 September 2000,(A/Ris/55/2 United Nations Millennium Development Goals).Semua negara yang hadir dalam pertemuan tersebut berkomitment untuk mengintegrasikan MDGs sebagai bagian dari program pembangunan nasional dalam upayamenangani penyelesaian terkait dengan isu-isu yang sangat mendasar tentang pemenuhanhak asasi dan kebebasan manusia, perdamaian, keamanan, dan pembangunan. Deklarasi inimerupakan kesepakatan anggota PBB mengenai sebuah paket arah pembangunan global yangdirumuskan dalam beberapa tujuan yaitu:1.
 
 
 
 
 
 
 
 
Membangun Kemitraan Global untuk Pembangunan.Setiap tujuan menetapkan satu atau lebih target serta masing-masing sejumlah indikatoryang akan diukur tingkat pencapaiannya atau kemajuannya pada tenggat waktu hingga tahun2015. Secara global ditetapkan 18 target dan 48 indikator. Meskipun secara glonal ditetapkan
 
48 indikator namun implementasinya tergantung pada setiap negara disesuaikan dengankebutuhan pembangunan dan ketersediaan data yang digunakan untuk mengatur tingkatkemajuannya. Indikator global tersebut bersifat fleksibel bagi setiap negara.Deklarasi MDGs merupakan hasil perjuangan dan kesepakatan bersama antara negara-negara berkembang dan maju. Negera-negara berkembang berkewajiban untuk melaksanakannya, termasuk salah satunya Indonesia dimana kegiatanMDGs diIndonesiamencakup pelaksanaan kegiatanmonitoring MDGs.Sedangkan negara-negara maju berkewajiban mendukung dan memberikan bantuan terhadap upaya keberhasilan setiaptujuan dan target MDGs.
CONTOH PROGRAM UNTUK MENCAPAI KEBERHAILAN MDGS1.
 
BERSAMA BSM MENUJU WAJAR DIKDAS 9 TAHUN DI KABUPATENWONOGIRI
 Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri berupaya menurunkan angka drop out/putussekolah melalui Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi siswa pendidikan dasar.Disamping itu, untuk memberikan motivasi siswa agar dapat meningkatkan prestasipendidikannya, sehingga dapat menghilangkan kesenjangan antara yang kaya dan yangmiskin.Untuk mencegah terjadinya anak putus sekolah yang disebabkan faktorketidakmampuan ekonomi dan sekaligus menarik anak usia sekolah yang tidak sekolahagar masuk sekolah serta dalam rangka pemberian akses yang lebih besar kepadakelompok masyarakat yang selama ini kurang terjangkau oleh pendidikan.
 
Adapun dalam menyeleksi dan menetapkan usulan siswa penerima Bantuan BeasiswaSiswa Miskin dengan kriteria sebagai berikut:
 
Siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu
 
Jarak tempat tinggal jauh dari sekolah
 
Pertimbangan lain (misalnya kelainan fisik, korban musibah berkepanjangan, anak dari korban PHK, dan indikator lokal lainnya)
 
Diutamakan siswa yang memiliki Kartu Miskin atau Kartu Program KeluargaHarapanDana BSM dapat dimanfaatkan untuk :
 
Pembelian perlengkaprn ( buku pelajaran, alat tulis, sepatu, dan lain lain)
 
Biaya transportasi siswa ke sekolah
 
Uang saku siswa untuk sekolahBerdasarkan hal tersebut, pelaksanaan program Bantuan Beasiswa Siswa Miskinmenjadi sangat penting karena program ini menjangkau masyarakat dari keluarga kurangmampu/miskin yang selama ini agak terabaikan diharapkan program bantuan BantuanBeasiswa Siswa Miskin ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuanpendidikan tercapai menuju Wajar Dikdas 9 Tahun.
2.
 
PENDATAAN PENDIDIKAN DASAR ONLINE 2012 DI KABUPATENWONOGIRI
 Sistem Pendataan Pendidikan Dasar adalah Pendataan yang dilakukan untuk seluruhentitas data pokok pendidikan yang bersifat individual dan terintegrasi dari 3 entitas datapendidikan (Satuan Pendidikan, PTK dan Peserta Didik) untuk jenjang dasar (SD, SDLB,SMP, SMPLB).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->