Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karakteristik Fisik Dan Kimia Limbah Cair

Karakteristik Fisik Dan Kimia Limbah Cair

Ratings: (0)|Views: 1,254|Likes:
Published by Herman Yosef

More info:

Published by: Herman Yosef on Nov 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/19/2014

pdf

text

original

 
Dalam melakukan pengolahan limbah industri terutama limbah cair lebih baik dilakukan
analisa
terhadap jenis dan karaktersistik limbah terlebih dahulu agar bisa dilakukan
penanganan
 dengan efektif dan efisien. Untuk mengetahui karakteristik limbah cair bisa dilakukan beberapaanalisa sehingga kita mengetahui air limbah yang dihasilkan suatu industri sudah aman bagilingkungan atau tidak. Ada beberapa karakteristik limbah cair yang mudah dikenali baik secarafisik maupun kimia.Limbah cair memiliki 2 karakteristik yaitu karakteristik fisik dan kimia. Adapaun karakterfisiknya antara lain :1.
 
Padatan
: pada limbah cair terdapat padatan organic dan nonorganik yang mengendapdan tersuspensi sehingga bisa mengendap dan menyebabkan pendangkalan.2.
 
Kekeruhan
: kekeruhan menunjukkan sifat optis di dalam air karena terganggunyacahaya matahari saat masuk ke dalam air akibat adanya koloid dan suspensi3.
 
Bau
: bau dikarenakan karena adanya mikroorganisme yang menguraikan bahan organic.4.
 
Suhu
: limbah cair memiliki suhu yang berbeda dibandingkan dengan air biasa, biasanyasuhunya lebih tinggi karena adanya proses pembusukanSedangkan karakter kimia dari limbah cair yaitu :1.
 
Keasaman
: keasaman limbah cair dipengaruhi oleh adanya bahan buangan yang bersifatasam atau basa. Agar limbah tidak berbahaya, maka limbah diupayakan untuk memilikipH netral.2.
 
Logam berat beracun
: Cadmium dari industri tekstil, merkuri dari pabrik cat, raksa dariindustri perhiasan dan jenis logam berat yang lainnya.3.
 
Nitrogen
: umumnya terdapat sebagai bahan organic dan diubah menjadi ammonia olehbakteri sehingga menghasilkan bau busuk dan bisa menyebabkan permukaan air menjadipekat sehingga tidak bisa ditembus cahaya matahari.4.
 
Fenol
: salah satu bahan organic yang berasal dari industri tekstil, kertas, minyak danbatubara sehingga menyebabkan keracunan.5.
 
BOD
: kebutuhan oksigen yang dibutuhkan untuk menguraikan senyawa organic yangada di dalam air.6.
 
COD
: kebutuhan oksigen yang diperlukan mikroba untuk menghancurkan bahan organik 
Karakteristik Kimia Limbah Cair
Kata Kunci: 
Bahan kimia yang terdapat dalam air akan menentukan sifat air baik dalam tingkat keracunanmaupun bahaya yang ditimbulkan. Semakin besar konsentrasi bahan pencemar dalam air
 
semakin terbatas penggunaan air. Karakteristik kimia terdiri dari kimia anorganik dan kimiaorganik. Secara umum sifat air ini dipengaruhi oleh kedua macam kandungan bahan kimiatersebut.
Keasaman Air
 Keasaman air diukur dengan pll meter. Keasaman ditetapkan berdasarkan tinggi rendahnyakonsentrasi ion hidrogen dalam air, Air buangan yang mempunyai pH tinggi atau rendahmenjadikan air steril dan sebagai akibatnya membunuh mikroorganisme air yang diperlukan.Demikian juga makhluk lain, misalnya ikan tidak dapat hidup,Air yang mempunyai pH rendahmembuat air menjadi korosif terhadap bahankonstruksi seperti besi. Buangan yang bersifat alkalis (basa) bersumber dari buanganmengandung bahan anorganik seperti senyawa karbonat, bikarbonat dan hidroksida. Buanganasam berasal dari bahan kimia yang bersifat asam, misalnya buangan mengandung582asam khlorida, asam sulfat dan lain-lain.
Alkalinitas
 Tinggi rendahnya alkalinitas air ditentukan senyawa karbonat, bikarbonat, garam hidroksida,kalium, magnesium dan natrium dalam air. Semakin tinggi kesadahan suatu air semakin sulit airmembuih. Penggunaan air untuk ketel selalu diupayakan air yang mempunyai kesadahan rendahkarena zat tersebut dalam konsentrasi tinggi menimbulkan terjadinya kerak pada dinding dalamketel maupun pada pipa pendingin. Oleh sebab itu untuk menurunkan kesadahan air dilakukanpelunakan air. Pengukuran alkalinitas air adalah pengukurankandungan ion CaCO3, ion Ca, ion Mg, bikarbonat, karbonat dan lain-lain.
Besi dan Mangan
 Besi dan mangan yang teroksida dalam air berwarna kecoklatan dan tidak larut, menyebabkanpenggunaan air menjadi terbatas. Air tidak dapat dipergunakan untuk keperluan rumah tanggadan industri. Kedua macam bahan ini berasal dari larutan batu-batuan yang mengandungsenyawa Fe atau Mn seperti pyrit, kematit, mangan dan lain-lain. Dalam limbah industri, besiberasal dari korosi pipa-pipa air, materiallogam sebagai hasil reaksi elektro kimia yang terjadi pada permukaan. Air yang mengandungpadatan larut mempunyai sifat mengantarkan listrik dan ini mempercepat terjadinya korosi.
Chlorida
 Chlorida banyak dijumpai dalam pabrik industri kaustik soda. Bahan ini berasal dari proseselektrolisa, penjernihan garam dan lain-lain. Chlorida merupakan zat terlarut dan tidak menyerap. Sebagai Chlor bebas berfungsi desinfektans, tapi dalam bentuk ion yang bersenyawadengan ion natrium menyebabkan air menjadi asin dan merusak pipa-pipa instalasi.
Phosphat
 Kandungan phosphat yang tinggi menyebabkan suburnya algae dan organisme lainnya. Phosphatkebanyakan berasal dari bahan pembersih yang mengandung senyawa phosphat. Dalam industrikegunaan phosphat terdapat pada ketel uap untuk mencegah kesadahan. Maka pada saatpenggantian air ketel, buangan ketel ini menjadi sumber phosphat. Pengukuran kandunganphosphat dalam air limbah berfungsiuntuk mencegah tingginya kadar phosphat sehingga tidak merangsang pertumbuhan tumbuh-
 
tumbuhan dalam air. Sebab pertumbuhan subur akan menghalangi kelancaran arus air. Padadanau suburnya tumbuh-tumbuhan airakan mengakibatkan berkurangnya oksigen terlarut dankesuburan tanaman lainnya.
Sulfur
 Sulfat dalam jumlah besar akan menaikkan keasaman air. Ion sulfat dapat terjadi secara prosesalamiah. Sulfur dioxida dibutuhkan pada sintesa. Pada industri kaustik soda ion sulfat terdapatsewaktu pemurnian garam. Ion sulfat oleh bakteri direduksi menjadi sulfida pada kondisianaerob dan selanjutnya sulfida diubah menjadi hidrogen sulfida. Dalam suasana aerob hidrogensulfida teroksidasi secarabakteriologis menjadi sulfat. Dalam bentuk H2S bersifat racun dan berbau busuk. Pada prosesdigester lumpur gas H2S yang bercampur dengan metan CH4 dan CO2 akan bersifat korosif.H2S akan menghitamkan air dan lumpur yang bila terikat dengan senyawa besi membentuk Fe2S.
Nitrogen
 Nitrogen dalam air limbah pada umumnya terdapat dalam bentuk organik dan oleh bakteriberubah menjadi amonia. Dalam kondisi aerobik dan dalam waktu tertentu bakteri dapatmengoksidasi amonia menjadi nitrit dan nitrat. Nitrat dapat digunakan oleh algae dan tumbuh-tumbuhan lain untuk membentuk protein tanaman dan oleh hewan untuk membentuk proteinhewan. Perusakan protein tanaman dan hewan oleh bakteri menghasilkan amonia. Nitritmenunjukkan jumlah zat nitrogen yang teroksidasi. Nitrit merupakan hasil reaksi dan menjadiamoniak ataudioksidasi menjadi nitrit. Kehadiran nitrogen ini sering sekali dijumpai sebagainitrogen nitrit.
Logam Berat dan Beracun
 Logam berat pada umumnya seperti cuprum (tembaga), perak, seng, cadmium, air raksa, timah,chromium, besi dan nikel. Metal lain yang juga termasuk metal berat adalah arsen, selenium,cobalt, mangan dan aluminium. Cadmium ditemukan dalam buangan industri tekstil, elektroplating, pabrik kimia. Chromium dijumpai dalam 2 bentuk yaitu chrom valensi enam dan chromvalensi tiga. Chrom valensi enam ditemukan pada buangan pabrik aluminium dan cat, sedangchrom trivalen ditemukan pada pabrik tekstil, industri gelas dan keramik.Plumbum terdapat dalam buangan pabrik baterai, pencelupan dolt cat. Logam ini dalamkonsentrasi tertentu membahayakan bagi manusia.
Fenol
 Istilah fenol dalam air limbah tidak hanya terbatas pada fenol (C6H5
 – 
OH) tapi bermacam-macam campuran organik yang terdiri dari satu atau lebih gugusan hidroxil. Fenol yang dengankonsentrasi 0,005/liter dalam air minum menciptakan rasa dan bau apabila bereaksi dengan chlor

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Inah Goreng liked this
Nurifa Handayani liked this
Ayu Wulan liked this
Aliyyudin Ikhsan liked this
Hasanah Rohmatul liked this
Irma Betty liked this
Budi Santony liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->