Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH EKONOMI KOPERASI

MAKALAH EKONOMI KOPERASI

Ratings: (0)|Views: 108 |Likes:
Published by Novia Arimi

More info:

Published by: Novia Arimi on Nov 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

 
~ 1 ~
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telahmemberikan berkah, anugrah dan karunia yang melimpah, sehingga saya dapatmenyelesaikan makalah ini. Dalam makalah ini, saya membahas tentang peranan koperasidalam pembangunan social dan ekonomi. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada pengarang buku maupun artikel yang telah membantu saya dengan tulisannya.Saya sebagai penyusun makalah ini, dengan kerendahan hati mohon dibukakan pintu maaf apabila dalam makalah ini terdapat kesalahan dan kekhilafan yang disengaja maupun tidak sengaja.Bekasi , 7 November 2012(Novia Arimi)
 
~ 2 ~
I.
 
PERANAN KOPERASI DI NEGARA YANG SEDANG BERKEMBANG
Pembentukan organisasi koperasi yang mandiri dan otonom telah diterima dengan alasan-alasan sebagai berikut :
 
Organisasi koperasi relatif terbuka dan demokrasi, mempunyai perusahaanyangdimiliki bersama dan dapat mewujudkan keuntungan-keuntungan yang bersifatsocial/ekonomis dari kerja sama bagi kemanfaatan para anggotanya.
 
Melalui pembentukan perusahaan yang dimiliki secara bersama, para anggotamemperoleh peningkatan pelayanan dengan pengadaan secara langsung barang dan jasa yang dibutuhkannya atas dasar persyaratan yang lebih baik dibandingkan denganyang diperoleh di pasar umum atau disediakan Negara.
 
Stuktur dasar dari tipe organisasi kopersi yang bersifat social ekonomis cukupfleksibel untuk diterapkan pada berbagai kondisi social ekonomis tertentu.
 
Para anggota yang termaksud golongan
 penduduk yang social ekonominya “lemah”,
dapat memanfaatkan sarana swadaya yang terdapat pada organisasi koperasi untuk memperbaiki situasi ekonomi/sosialnya, dan untuk mengintegrasikan dirinya dalamproses pembangunan social ekonomis.Usul-usul mengenai peranan koperasi dalam pembangunan ekonomi social Negara-negarayang sedang berkembang, Konferensi Umum Internasional Labour Organization danInternational Labour Office, melalui Rekomendasi 127 yang menyatakan dengan tegas,bahwa :1.
 
Pembentukan dan pertumbuhan kopersasi harus merupakan salah satu alat yangpenting bagi pembangunan ekonomi, social, dan budaya, serta kemajuan manusia diNegara-negara sedang berkembang.2.
 
Secara khusus, kopersai harus dididrikan dan dikembangkan sebagai sarana :
 
untuk memperbaiki situasi ekonomi, social, dan budaya, dari mereka yangmemiliki sumber daya dan kesempatan yang terbatas, demikian pula untuk mendorong semangat mereka untuk berprakasa.
 
untuk meningkatkan sumber daya modal pribadi dan nasional melalui usaha-usahayang mengarah kepada pembentukan simpanan, menghilangkan riba danpemanfaatan kredit secara sehat.
 
untuk memberikan kontribusi kepada perekonomian melalui peningkatan langkah-langkah pengawasan secara demokratis atas kegiatan-kegiatan ekonomi dan ataspembagian hasil usaha secara adil.
 
untuk meningkatkan pendapatan nasional, penerimaan ekspor dan penciptaanlapangan kerja dengan memanfaatkan sumber daya secara penuh.
 
untuk memperbaiki kondisi social, dan menunjang pelayanan social dibidang-bidang seperti perumahan, kesehatan, pendidikan, dan komunikasi.
 
untuk membantu meningkatkan pengetahuan umum dan teknik dari paraanggotanya.
 
~ 3 ~
3.
 
Pemerintah-pemerintah, Negara-negara sedang berkembang agar merumuskan danmelaksanakan suatu kebijakan yang memungkinkan koperasi memperoleh bantuandan dorongan yang bersifat ekonomi, keuangan, teknik, hokum atau yang lain, tanpamempengaruhi kemandiriannya.4.
 
Dalam menerapkan kebijakan semacam itu peril dipertimbangkan kondisi-kondisiekonomi dan social sumber daya yang tersedia dan peranan yang dapat dimainkanoleh koperasi dalam pembangunan Negara yang bersangkutan.b. Kebijakan itu perlu diintegrasikan kedalam rencana pembangunan sepanjang hal itusesuai dengan cirri-ciri pokok koperasi.5.
 
Kebijakan itu perlu selalu ditinjau dan disesuaikan dengan perubahan-perubahankebutuhan ekonomi dan social, dan dengan kemajuan teknologi.6.
 
Gerakan koperasi perlu dilibatkan dalam perumusan dan jika mungkin dalampelaksanaan pembangunan social/ekonomi.
 
Pemerintah yang bersangkutan sebaiknya melibatkan kopersi atas dasar yangsama seperti organisasi-organisasi yang lain dalam perumusan rencana ekonominasional dan tindakan-tindakan pada umumnya.
 
Seperti yang ditetapkan dalam pasal 7 dan pasal 9, ayat ( 1 ) yangmerekomendasikan bahwa kopersi perlu memiliki kewenangan untuk mewakilikepentingan koperasi anggotanya baik ditingkat local, regional maupun ditingkatnasional.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->