Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul

Modul

Ratings: (0)|Views: 30 |Likes:
Published by BuddyDeep

More info:

Published by: BuddyDeep on Nov 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
Bab 12 - Keanekaragaman Makhluk Hidup
139
Standar Kompetensi:
Memahami keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
Keanekaragaman Makhluk Hidup
Pengklasifikasian makhlukhidupOrganisasi kehidupan
Ć
Tata nama makhluk hid-up
Ć
Sel
Ć
Jaringan
Ć
Organ
Ć
Sistem organ
Ć
Individu
Peta Konsep
Modul
KeanekaragamanMakhluk Hidup
 
Pernahkah kamu memperhatikan hewan dan tumbuhan disekitarmu? Coba kamu perhatikan pohon mangga dan pohon durian.Walaupun kedua pohon tersebut sama-sama besar, tapi bentuk daun,buah, berbeda. Hal ini membuktikan bahwa tumbuhan dan hewanyang ada di sekitar kita beraneka ragam. Mengapa hal ini terjadi?Karena keberagaman makhluk hidup sangatlah banyak, maka paraahli membuat pengklasifikasiannya agar kita dapat mengamatinyadengan mudah.
A. Pengklasifikasian Makhluk Hidup
Makhluk hidup di dunia ini sangat beragam. Hal ini mendorong paraahli mencari cara untuk mempelajarinya, yaitu dengan menggunakansuatu sistem tertentu yang disebut klasifikasi.Ilmu tentang pengelompokkan makhluk hidup ini disebuttaksonomi. Dasar pengelompokkan makhluk hidup ini adalah adanyapersamaan dan perbedaan ciri-ciri morfologi, anatomi, fisiologi, tingkahlaku, dan lain-lain.
1. Tata Nama Makhluk Hidup
Klasifikasi dilakukan berdasarkan kesamaan morfologi, anatomi,fisiologi, dan cara perkembangbiakannya. Dengan klasifikasi akanterbentuk kelompok-kelompok makhluk hidup yang disebut takson.Setelah diklasifikasikan, suatu makhluk hidup diberi namaberdasarkan kelompok yang dimilikinya. Sistem tata nama yangdipakai saat ini adalah sistem tata nama biner yang disebut binomialnomenclature yang diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus yang dijulukiBapak Taksonomi.Pemberian nama ilmiah makhluk hidup menggunakan bahasaLatin, dan terdiri dari dua kata yang menunjukkan nama genus danspesies. Huruf pertama pada kata pertama ditulis kapital atau huruf besar, dan pada kata kedua ditulis dengan huruf kecil. Kedua kata iniditulis miring. Contohnya: Oryza sativa (padi) dan Gnetum gnemon(melinjo).Jika nama makhluk hidup lebih dari dua kata, maka kata keduaharus disatukan atau diberi tanda penghubung dan ditulis miring.Contohnya, kembang sepatu bisa ditulis Hibiscus rosasinensis atauHibiscus rosa-sinensis.Berdasarkan taksonomi yang dikembangkan Linnaeus, duniatumbuhan dan hewan dibagi menjadi beberapa takson, yaitu kingdom(kerajaan), filum (keluarga besar), class (kelas), ordo (bangsa), family(suku), genus (marga), dan spesies (jenis). Urutan dari kingdom ke spesiesberdasarkan persamaan ciri-ciri yang paling umum, kemudian makin kebawah persamaan ciri-ciri makin khusus dan perbedaan makin kecil.
Gambar 12.1Carolus Linnaeus
   S  u  m   b  e  r  :   i  m  a  g  e .  g  o  o  g   l  e .  c  o .   i   d
2
Modul Biologi untuk SMP/MTs Kelas VII
 
2. Klasifikasi Makhluk Hidup
Pada 1969, ilmuwan Biologi R. H. Whittaker, membagi makhluk hidupmenjadi lima kingdom, yaitu kingdom monera, protista, fungi, plantae, dananimalia. Sistem ini banyak digunakan para ilmuwan biologi.Pembagian lima kingdom ini didasarkan pada susunan sel dancara hidup dalam pemenuhan kebutuhan makanan. Klasifikasi tersebutadalah sebagai berikut.a. MoneraCiri-ciri monera adalah uniseluler (bersel tunggal), sel prokariotik (tidakmemiliki membran inti), dan memiliki reproduksi secara aseksual.1) BakteriBakteri memiliki sel uniseluler dan prokariotik. Umumnya tidak memilikiklorofil, namun ada yang memiliki klorofil sehingga dapat mela-kukanfotosintesis. Ukuran bakteri sangat kecil, hanya beberapa mikron.a) Berdasarkan bentuknya, bakteri dibagi menjadi tiga macam, yaitu:(1) Kokus (bulat)Contoh: Staphylococcus aureus (penyebab radang paru-paru)
   S  u  m   b  e  r  :   i  m  a  g  e .  g  o  o  g   l  e .  c  o .   i   d
Dunia Hewan (Animalia) Dunia Tumbuhan (Plantae)Filum Divisio (divisi)Classis (kelas) Classis (kelas)Ordo (bangsa) Ordo (bangsa)Famili (suku) Famili (suku)Genus (marga) Genus (marga)Spesies (jenis) Spesies (jenis)
Pikirkanlah
Coba kamu perhatikantumbuhan dan hewan dilingkungan rumah atausekolahmu! Kemudian,kamu cari nama latinnyadi buku referensi danbagaimana tingkatantaksonnya. Tulislahdalam bentuk tabel, lalukumpulkan ke gurumuuntuk dinilai!
!  
Urutan takson dari tingkat yang paling tinggi sampai yang palingrendah dapat kamu lihat pada tabel berikut.Tabel 12.1 Urutan Takson dari yang Tertinggi
Gambar 12.2 Staphylococcus aureus
S
ahabatku,Ilmuwan
Carolus Linnaeus
(1707 - 1778) adalahseorang ilmuwandari Swedia yangmengembangkan tatanamabinomial untuk membuatklasifikasi hewan dantumbuhan. Sistemklasifikasinya sangatsederhana, yaitu dengancara memberi namapada setiap organismeberdasarkan persamaan cirifisiknya. Banyak dari sistemklasifikasinya tetap berlakusampai sekarang tanpamengalami perubahan.
3
Modul Biologi untuk SMP/MTs Kelas VII

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->