Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Dan Perubahannya

Materi Dan Perubahannya

Ratings: (0)|Views: 106 |Likes:
Published by Novie Ryantii

More info:

Published by: Novie Ryantii on Nov 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

 
PRAKTIKUM KIMIA UMUM I
MATERI DAN PERUBAHANNYA
OLEH :
NAMA : NOVI RYANTI SIAHAANNIM : 4122111031JURUSAN : MATEMATIKAKELAS : DIK A 2012
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUANALAMUNIVERSITAS NEGERI MEDAN2012
 
3
MATERI DAN PERUBAHANNYA
I. Pengertian Materi
Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang(mempunyai volume ). Segala benda di alam semesta, termasuk tubuh kita merupakanmateri. Semua benda yang kita temui tersusun oleh materi. Makin besar massa suatubenda, makin banyak materinya dan sebaliknya. Massa adalah jumlah zat atau materi yangterkandung dalam suatu benda.
II. Klasifikasi Materi
Materi terdapat 3 macam wujud: Liquid( cair ), solid ( padat ), dan gas. Berikutpenjelasan dari masing-masing wujud zat :
Padat
 Setiap zat padat memiliki bentuk dan volume yang tetap, sebab partikel zat padatsaling berdekatan dan terikat kuat oleh gaya antar partikel tersebut. Hal ini menyebabkanvolume zat padat tidak dapat dimampatkan menjadi lebih kecil. Partikel-partikel itumampu menggetarkan tetangga dekatnya, namun partikel-partikel itu tidak mempunyaienergi yang cukup untuk keluar dari posisisnya atau melepaskan diri dari ikatannya.Zat padat dapat berupa kristal atau amorf. Pada kebanyakan zat padat, partikel-partikelnya tertata secara teratur dan berulang. Zat padat yang demikian disebut kristal.Jenis zat padat yang berbeda, mempunyai bentuk kristal yang berbeda pula. Beberapa zazat padat, seperti gelas dan beberapa jenis plastik dan lilin, memiliki susunan partikel yangtidak teratur. Zat padat semacam ini disebut amorf. Susunan zat padat dapat diamatidengan difraksi sinar-X.
Cair
Seperti halnya zat padat, zat cair tidak dapat dimampatkan sehingga volumenyamenjadi lebih kecil. Seperti jika kita menekan ke bawah satu liter air dengan tangan kita,volumenya akan tetap satu liter. Zat cair yang dituangkan ke dalam suatu wadah maka zatcair tersebut akan berbentuk seperti wadah tempat zat cair tersebut dituangkan.Menurut teori kinetik zat hal ini disebabkan partikel-partikel zat cair juga salingberdekatan dan merapat. Berbeda dengan zat padat, partikel-partikel zat cair mempunyaienergi yang cukup untuk berpindah atau mengembara. Gerak partikel tersebutmenyebabkan zat cair mengalir dan mengambil bentuk seperti wadahnya.
Gas
 Berbeda dengan zat padat maupun zat cair, gas dapat dimampatkan untuk mengisiruang yang lebih kecil. Gas memiliki bentuk dan volume yang tidak tetap. Gas juga dapatmemuai dan menyusut mengikuti ruang yang tersedia. Hal ini dapat dijelaskan melaluiteori kinetik zat, partikel-partikel gas mempunyai energi yang cukup untuk memisahkandiri dari pertikel-partikel lainnya. Oleh karena itu partikel-partikel itu bebas bergerak kesegala arah sampai gas menyebar merata ke seluruh wadahnya. Karena partikel-partikelgas tidak saling berdekatan dan merapat, maka partikel-partikel itu dapat jugadimampatkan ke dalam ruangan yang lebih kecil.
 
4
III. Ciri-ciri Molekul Zat
Setiap molekul zat memiliki cirinya masing-masing, yaitu :1. Ciri Khas Molekul Zat Padat- Gaya tarik menarik sangat kuat- Susunannya berdekatan satu sama lain- Tidak bisa bergerak bebas- Gerak partikel bersamaan- Memiliki volume dan bentuk yang tetap- Tidak mempunyai sifat mengalir2. Ciri Khas Molekul Zat Cair- Gaya tarik menarik tidak begitu kuat atau lemah- Susunannya tidak beraturan- Jarak antar partikel berdekatan- Bergerak bebas berpindah-pindah tempat secara bersama- Memiliki volume tetap- Bentuk berubah- Mempunyai sifat mengalir3. Ciri Khas Molekul Zat Gas- gaya tarik menarik sangat kecil- susunannya sangat tidak teratur- letak antar partikel saling berjauhan- bergerak sangat bebas secara individu- bentuk dan volume berubah- mempunyai sifat mengalir
IV. Perubahan Wujud
Ada beberapa perubahan wujud suatu zat yaitu melebur, membeku, menguap,menyublim dan mengembun.
 1. Peleburan
 Peleburan adalah suatu peristiwa perubahan wujud zat padat menjadi zat cair.Contoh peleburan dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti ketika kita memasukkan eske dalam air hangat maka kita akan mengamati bahwa es itu segera mencair setelahdimasukkan.
2. Pembekuan
 Pembekuan adalah suatu peristiwa perubahan wujud zat cair menjadi zat padat.Contoh pembekuan dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti ketika kita memasukkan airke dalam ruang pembeku almari es dan kita tunggu berapa jam maka kita akan mengamatibahwa air yang kita masukkan telah berubah menjadi es batu.
3. Penguapan
 Penguapan adalah suatu peristiwa perubahan wujud zat cair menjadi gas. Contohpenguapan dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti ketika kita merebus. Air yang kita

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->