Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
09 11-A Panduan Desain Dan Rab Jalan Desa

09 11-A Panduan Desain Dan Rab Jalan Desa

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Ridho_Muskat_2239

More info:

Published by: Ridho_Muskat_2239 on Nov 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

 
Panduan Singkat Desain & RAB Jalan Desa Halaman
1
 
dari 13
 
PANDUAN SINGKAT DESAIN DAN RAB JALAN DESA
I.GAMBAR DESAIN
Syarat gambar desain adalah jelas dan bermutu, agar pengawas lapangandapat mengimplementasikan dilapangan sesuai dengan maksud perancang.Gambar ini diperlukan untuk menunjukkan lokasi jalan, trase jalan (jalur jalanyang dijadikan proyek), cara konstruksi, jenis bahan dan volume bahan,selain itu juga dapat disesuaikan dengan penjelasan seperti :
Denah:
1.Titik awal proyek2.Titik akhir proyek3.Lokasi pemukiman di sekitar jalan4.Sungai yang dilewati (bila ada)5.Lokasi jalan lain disekitrnya6.Penggunaan lahan disekitar jalan7.Lokasi jembatan yang ada (dengan panjangnya)8.Gorong-gorong atau jembatan yang dibutuhkan (dengan panjang jembatan)9.Tempat yang ada masalah teknis, misalnya tanjakan, masalahdrainase.
Gambar Detail:D
igunakan untuk melihat bentuk, dimensi, bahan dan cara konstruksi semuabangunan baru.1.Tampang melintang yang tipikal digambar dengan skala besauntuk memperlihatkan bentuk jalan, selokan pinggir, kemiringan tebing,dsb.2.Detail perkerasan dan bahu3.Detail gorong-gorong (termasuk bak pembuangan danpemasukan)
 
Panduan Singkat Desain & RAB Jalan Desa Halaman
2
 
dari 13
 
II.VOLUME DAN STANDAR PRODUKTIVITAS
Dimaksudkan untuk memudahkan estimasi kebutuhan tenaga kerja, yangdinyatakan dalam HOK (Hari Orang Kerja). Satu hari orang kerja adalah jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang biasa dalam waktu satuhari biasa, (biasanya minimal 6 – 7 jam kerja)
Cara Menggunakan Standar Produktivitas adalah :
1.Jenis kegiatan disesuaikankebutuhan
2.
Target volume dihitungberdasar Survei Antar Patok pada formulir Volume Antar Patok, yangdibuat satu lembar per satu kilometer jalan dan dihitung untuk setiapkegiatan di setiap bagian antar patok.3.Angka produktivitas(kemampuan kerja) diambil dari table produktivitas untuk setiap kegiatan.4.Angka non standar dapatditurunkan atau dinaikkan bila keadaan dilapangan sangat sulit(diturunkan) atau sangat mudah (dinaikkan) disbanding keadaanbiasa/normal.5. Kemampuan kerja diestimasiberdasar kemampuan kerja tenaga biasa dalam enam jam kerja per hari.6.Kebutuhan tenaga kerjadihitung pada formulir Mandays Antar Patok, dengan rumus volumedisbanding kemampuan.7.Jumlah tenaga untukpengangkutan dari sumber ke proyek dihitung secara patok demi patok,dan target keseluruhan dicari dengan penjumlahan seluruh perkalian jarakdikali volume, kemudian dibagi 100 m supaya satuan volume berbentuksekian meter kubik kali 100 meter.
Kegiatan Kerja dan Cara menghitung Target Volume
1.
Penebasan;dikerjakan di tempat banyak semak belukar dan pohon. Bilabanyak penebangan pohon, HOK diperkirakan secara khusus.Luas penebasan dihitung dengan rumus panjang dikali lebar rata-rata.Target penebasan < dari target pembersihan.
2.
Pembersihan ; sebelum kegiatan galian atau timbunan dan setelahkegiatan penebasan. Pembersihan antara lain meliputi pembersihanlokasi dari sampah, akar, dan termasuk pembabatan rumpur, pengupasan
 
Panduan Singkat Desain & RAB Jalan Desa Halaman
3
 
dari 13
 
(stripping) tanah organic (humus) dengan jarak s.d 50 m, dan yang tidaktermasuk kegiatan penebasan.Rumusnya panjang dikali lebar rata-rata tempat yang perlu dibersihkan.Untuk jalan baru mungkin harus dibersihkan sepanjang dan lebar jalan,tapi untuk jalan lama hanya dibersihkan di luar badan jalan lama.
3.
Galian Tanah Biasa ; termasuk pembuangan dan pengangkutan (biladiperlukan untuk timbunan) sampai jarak 50 m. Jenis galian ditentukanberdasar keadaan lapangan.Rumusnya luas penampang rata-rata dikali panjang untuk setiap bagian jalan, misalnya menghitung volume antar dua patok.
4.
Galian Tanah Keras ; digunakan bila galian sangat susah atau tanahnyaberbatu. Hasil galian ini dapat dimanfaatkan untuk timbunan.Produktivitasnya termasuk pengangkutan dan pembuangan s.d 50 m.Volume dihitung seperti galian lain.
5.
Galian Tanah Rawa atau Lumpur ; hasil galian ini tidak bisa dimanfaatkanuntuk timbunan. Angka produktivitas dan rumus perhitungan volumenyasama seperti galian yang lain.
6.
Timbunan ; termasuk pemadatan tanah manual, lapis demi lapis denganketebalan tiap lapisan maksimal 10 cm sebelum dipadatkan. Angkaproduktivitasnya tidak termasuk pengadaan dan atau pengangkutansampai lokasi proyek.Rumusnya luas penampang rata-rata dikali panjang.
7.
Standar Pengadaan Bahan ; digunakan untuk kegiatan pengumpulan batu,galian pasir, galian sirtu, dan pengangkutannya sampai 50 meter.Rumusnya didasarkan pada perhitungan volume bahan untuk tiap bagian jalan, dengan perkalian tebal, lebar, dan panjang. Volume adalah volumebahan yang sudah jadi, termasuk faktor pemadatannya.
8.
Galian Batu ; untuk pengadaan batu yag harus digali sendiri, terutamauntuk batu perkerasan jalan. Angka produktivitasnya sudah termasukangkutan sampai 50 meter. Bila jalan tanah sudah dibuat galian batuuntuk pekrjaan batu yang harus dibuang dari trase jalan.Rumus volumenya dengan mengalikan luas penampang rata-rata denganpanjangnya, dengan volume yang disesuaikan dengan kebutuhan batuuntuk perkerasan.
9.
 Angkutan ; meliputi semua kegiatan angkutan yang dipakai dalampemindahan bahan secara tenaga manusia dengan jarak lebih dari 50meter. Produktivitasnya tidak termasuk angkutan jarak (kurang dari) < 50meter.Rumusnya volume bahan dikali jarak rata-rata dari
Quarry 
ke lokasi jalan .Jarak dan volume bahan didasarkan pada kebutuhan dan keadaandilapangan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->