Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jalur Metabolisme Protein

Jalur Metabolisme Protein

Ratings: (0)|Views: 1,432|Likes:

More info:

Published by: Lira Pramitha Saadjad on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Protein, berasal dari kata proteus (bahasa Yunani), yang berarti “utama”.Manfaatnya bagi tubuh manusia, sesuai arti katanya sungguh sangat besar. Berkat protein, tubuh manusia bisa tumbuh dan terpelihara. Ia membentuk sel-sel dan jaringan baru tubuh dan memelihara pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh yangaus. Protein juga membantu pengaturan asam basa di dalam tubuh, serta membentuk hormon dan enzim yang kemudian berperan dalam berbagai proses kimia tubuh.Protein juga bisa menjadi bahan bahan untuk energi bila keperluan tubuh akan hidratarang dan lemak tidak terpenuhi.Bila kita mengkonsumsi makanan berprotein, tubuh akan menyerap proteindalam bentuk asam amino. Asam amino ini terbagi dalam asam amino nonesensialdan asam amino esensial. Asam amino esensial inilah yang mesti diperoleh darimakanan, karena tubuh tidak bisa membuatnya sendiri. Asam amino esensial terdiriatas isoleusin, leusin, lisin, methionin, femialanin, threonin, triptofan, dan valin.Jumlah konsumsi protein bagi setiap orang berbeda, tergantung pada umur, berat badan, jenis kelamin, dan mutu protein. Tabel di atas memperlihatkan berapa banyak  protein yang dibutuhkan seseorang dalam sehari.Jadi kalau Anda seorang wanita berusia 16 tahun, dengan berat badan 50 kg,kebutuhan protein Anda 51 gram sehari. Ini bisa didapatkan bila Anda memakanmakan pagi dengan menu: mi rebus dengan susu satu gelas (11 gram); makan siang:
 Jalur Metabolisme Protein
1
 
nasi,daging sapi, sop kacang merah dan tempe (26 gram); makan malam: nasi, baksodaging dan 1 potong tahu (14 gram). Jumlah protein: 51 gram.
Sumber protein
Yang diketahui dan dikomsumsi banyak orang selama ini adalah sumber  protein hewani yaitu daging, ikan, ayam, telur dan susu. Protein yang berasal darihewan ini memiliki semua asam amino esensial, hingga disebut protein lengkap.Sumber protein lainnya adalah padi-padian, biji-bijian,dan kacang-kacangan. Namun sumber protein jenis ini yang disebut protein nabati atau proteintidak lengkap, senantiasa mempunyai kekurangan satu atau lebih asam aminoesensial. Sebab itu cara mengkonsumsinya harus dikombinasikan agar salingmelengkapi. Perbedaan kelengkapan itu mengakibatkan ia hanya mampu memelihara jaringan tubuh, sedangkan protein hewani mampu memelihara jaringan tubuh danmenjamin pertumbuhannya.Agar asam aminonya layak disebut sebagai protein lengkap, protein nabati bisa dikomsumsi dengan sesamanya. Misalnya padi-padian (kaya dengan methionin)dengan biji-bijian (kaya dengan lisin dan triptofan). Dalam hal ini terdapat pada nasidengan tahu atau perkedel jagung. Namun toh protein hewani tetap penting bagi tubuh dan tak dapat digantikanseratus persen oleh protein nabati. Jika dianggap terlalu mahal, cukup mengkonsumsisehari sekali, misalnya ikan dan telur.
 Jalur Metabolisme Protein
2
 
Kelebihan protein tidak baik, karena dapat mengganggu metabolisme protein yang berada di hati. Ginjal pun akan terganggu tugasnya, karena bertugasmembuang hasil metabolisme protein yang tidak terpakai.Kekurangan protein akan membuat Anda mudah merasa lelah, tekanandarah turun, dan daya tahan terhadap infeksi menurun. Pada anak-anak, selain mudahterserang penyakit kwasiorkor, juga pertumbuhan dan tingkat kecerdasannya akanterganggu.
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Protein merupakan nutrisi yang bertanggung jawab untuk membangun,menyiapkan dan memelihara jaringan dalam tubuh kita, termasuk otot, organ dalam,tulang, kulit dan darah.Diperkirakan ada ribuan protein yang berbeda pada tubuhmanusia. Protein berada pada tiap sel pada tubuh.
[1]
Protein tersusun dari substansi kecil yang disebut dengan asam amino yang bergabung memebntuk rantai yang disebut peptide. Dua asam amino bergabungmembentuk dipeptida. Tiga asam amino akan membentuk tripeptida. Ketika empatatau lebih asam amino bergabung membentuk rantai akan membentuk polipeptida.Protein merupakan molekul kompleks yang tersusun dari gabungan asam amino.
[1]
 Jalur Metabolisme Protein
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->