Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH – MASYARAKAT

MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH – MASYARAKAT

Ratings: (0)|Views: 137 |Likes:

More info:

Published by: Megayana Yessy Maretta on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH – MASYARAKAT
Disusun oleh :Lidia LushintaR0109018Megayana Yessy MR0109019Meryanna R. SimanjuntakR0109020Morinda Daru M. LubisR0109021 ABSTRAKI.PENDAHULUAN A.Latar BelakangKeberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh prosespendidikan di sekolah dan tersedianya sarana prasarana saja, tetapi jugaditentukan oleh lingkungan, keluarga, dan masyarakat. Pendidikanmerupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah (sekolah),keluarga, dan masyarakat. Hal ini berarti mengisyaratkan bahwa orang tuamurid dan masyarakat mempunyai tanggung jawab untuk berpartisipasi,turut memikirkan, dan memberikan bantuan dalam penyelenggaraanpendidikan di sekolah.Sekolah dan masyarakat adalah faktor pendidikan yang salingmempengaruhi. Keduanya mempunyai hubungan timbal balik yang tidakdapat dipisahkan. Seorang anak didik setelah mendapat pendidikan dikeluarganya akan segera berlanjut untuk mencari ilmu di sekolah. Dalamlingkungan yang baru ini peserta didik diberi berbagai macam ilmupengetahuan yang berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Setelahitu ia akan beranjak ke lingkungan berikutnya, yaitu masyarakat, di sinilahia akan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatnya ketika melakukanpendidikan di sekolah. Akan tetapi sering kali pendidikan yang diterimapeserta didik di sekolah tidak sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.Sehingga perlu diketahui sejauh mana pengaruh sekolah sebagai ladangpendidikan (formal) dalam mencetak generasi yang siap terjun ke tengahmasyarakat, karena tidak jarang antara sekolah dan masyarakat tidaksaling berinteraksi. Partisipasi yang tinggi dari orang tua murid dalampendidikan di sekolah merupakan salah satu ciri dari pengelolaan sekolahyang baik, artinya sejauh mana masyarakat dapat diberdayakan dalamproses pendidikan di sekolah, karena pemberdayaan masyarakat dalampendidikan merupakan sesuatu yang esensial bagi penyelenggaraansekolah yang baik.Oleh karena berbagai faktor di atas, lembaga pendidikan dituntut untukmemiliki team work yang solid antara pihak sekolah dengan pihak luar baikinstansi atasan dan masyarakat yang dapat terwujud dengan adanyamanajemen hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat yang baik.Makalah ini akan membahas tentang manajemen hubungan sekolah danmasyarakat yang penting dipelajari terutama oleh calon pendidik agar mampu menjalin kerja sama yang baik dengan masyarakat.
 
B.Rumusan Masalah1.Apakah yang dimaksud dengan manajemen?2.Apakah yang dimaksud dengan humas?3.Apakah yang dimaksud dengan manajemen humas?4.Apa sajakah tugas pokok sekolah dan masyarakat dalam pendidikan?5.Apa sajakah jenis-jenis hubungan sekolah dengan masyarakat?6.Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung hubungan sekolah denganmasyarakat?7.Bagaimanakah teknik-teknik hubungan sekolah dengan masyarakat?8.Apakah fungsi hubungan sekolah dan masyarakat?9.Apakah peran masyarakat dalam sekolah?10.Bagaimanakah model hubungan kerjasama antara sekolah denganmasyarakat?C.Tujuan1.Untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian manajemen2.Untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian humas3.Untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian manajemenhumas4.Untuk mengetahui dan memahami tugas pokok sekolah danmasyarakat dalam pendidikan5.Untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis hubungan sekolahdengan masyarakat6.Untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor yang mendukunghubungan sekolah dengan masyarakat7.Untuk mengetahui dan memahami teknik-teknik hubungan sekolahdengan masyarakat8.Untuk mengetahui dan memahami fungsi hubungan sekolah danmasyarakat9.Untuk mengetahui dan memahami peran masyarakat dalam sekolah10.Untuk mengetahui dan memahami model hubungan kerjasama antarasekolah dengan masyarakat
 
D.ManfaatDapat memberikan tambahan wawasan serta referensi bagi pesertadidik tentang manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dalampendidikanII.PEMBAHASAN A.Pengertian ManajemenDefinisi Manajemen menurut para ahli, antara lain :
1.
Menurut
Dr. Sp. Siagian
dalam buku “Filsafat Administrasi”,
Manajemen dapat didefinisikan sebagai “kemampuan atauketerampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaiantujuan melalui orang lain”.
Dengan demikian dapat pula dikatakanbahwa manajemen merupakan inti daripada administrasi karenamemang manajemen merupakan alat pelaksana utama daripadaadminsitrasi”
2.
Menurut
Ordway Tead
yang disadur oleh
Drs. HE. Rosyidi
dalambuku “Organisasi dan Management“, definisi
Manajemen adalah“proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukanarah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkantujuan yang telah ditetapkan “.
Jadi dapat disimpulkan Manajemen adalah proses kegiatan denganmelalui orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu serta dilaksanakansecara berurutan berjalan ke arah suatu tujuan.
B.
Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat Adapun pengertian manajemen humas adalah suatu proses dalammenangani perencanaan, pengorganisasian, mengkomunikasikan sertapengkoordinasian yang secara serius dan rasional dalam upayapencapaian tujuan bersama dari organisasi atau lembaga yang diwakilinya.Dan untuk merealisasikan itu semua banyak hal yang harus dilakukan olehhumas dalam suatu lembaga pendidikan.Hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proseskomunikasi dengan tujuan meningkatkan pengertian warga masyarakattentang kebutuhan dan praktik pendidikan serta berupaya dalammemperbaiki sekolah. Hubungan dengan masyarakat yang jugadisebut
 public relation
adalah sebuah proses penetapan kebijakan,pelayanan serta tindakan-tindakan nyata berupa kegiatan yang melibatkanorang banyak agar orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebutmemiliki kepercayaan terhadap lembaga yang menyelenggarakankegiatan-kegiatan tersebut.Sejalan dengan perkembangan keilmuan, fungsi – fungsi manajementelah mengalami penyederhanaan dalam pelaksanaannya, yaitu :1.Perencanaan progam hubungan sekolah dan masyarakatPerencanaan meliputi kegiatan apa yang ingin dicapai, untukmencapai tujuan tersebut dalam proses perencanaan manajemen

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->