Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
alat ukur

alat ukur

Ratings: (0)|Views: 718|Likes:
Published by Djefri Makarawung

More info:

Published by: Djefri Makarawung on Nov 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
Alat Ukur
 
Jenis
 – 
jenis alat ukur dan fungsinya
1
Djefri Y. Makarawung
Mistar Baja
Mistar baja adalah alat ukur yang terbuat dari baja tahan karat. Permukaan dan bagian sisinya rata danhalus, di atasnya terdapat guratan-guratan ukuran, ada yang dalam satuan inchi, sentimeter dan adapula yang gabungan inchi dan sentimeter/milimeter.Fungsi lain dari penggunaan mistar baja antara lain: - mengukur lebar - mengukur tebal serta, -memeriksa kerataan suatu permukaan benda kerja. Di samping itu mistar baja (steelrule) dapatdipergunakan untuk mengukur dan menentukan batas-batas ukuran juga biasa dipergunakan sebagalpertolongan menarik garis pada waktu menggambar pada permukaan benda pekerjaan. Setiapmenarik. garis hanya dilakukan satu kali, lihat Gambar:Mistar baja juga dapat digunakan untuk mengukur diameter luar secara kasar. Dalam pelaksanaannyaharus dibantu dengan menggunakan alat ukur lain seperti jangka bengkok dan bagian diameter dalamdiperlukan bantuan jangka kaki.
 
Alat Ukur
 
Jenis
 – 
jenis alat ukur dan fungsinya
2
Djefri Y. Makarawung
Meteran Lipat
Meteran lipat ini biasanya terbuat dari bahan aluminium atau baja. Dilihat dari segi konstruksinyasebelumnya merupakan gabungan dan mistar baja dengan sambungan engsel pada setiap ujungnya.Mengingat kemungkinan ausnya engsel dan ketidaktirusan garis pengukuran sewaktu melakukanpengukuran, maka meteran lipat tidak akan memberikan hasil yang Iebih baik dibandingkan denganpengukuran mistar baja biasa.
 
Alat Ukur
 
Jenis
 – 
jenis alat ukur dan fungsinya
3
Djefri Y. Makarawung
Meteran Gulung
Mal ukur ini dibuat dan pelat baja yang Iebih tipis dari ada mistar baja. Sifatnya lemas/lentur sehinggadapat digunakan untuk mengukur bagian-bagian yang cembung dan menyudut seperti: mengukurpanjang, keliling bidang Iengkung (bundar). Sepanjang mistar ini terdapat ukuran-ukuran satuan inchidan metrik. Meteran gulung dapat digunakan dari 1 meter sampai 30 meter. Pada ujungnya terdapatkait yang gunanya untuk mengait ujung benda kerja sehingga mendapat ukuran yang tepat.Penggunaan alat ukur ini tidak untuk pengukuran yang tepat sekali (presisi).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->