Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah

makalah

Ratings: (0)|Views: 440|Likes:
Published by irfanbombom
Tugas klp Analisis model interaksi edukatif
Tugas klp Analisis model interaksi edukatif

More info:

Published by: irfanbombom on Nov 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
1
Tugas kelompok Mata Kuliah: Strategi Belajar Mengajar Biologi
ANALISIS MODELINTERAKSI EDUKATIF
 
Oleh:KELOMPOK VI
Marfiati (11B13037)Yusniar Rasjid (11B13039)Fatmawati R (11B13044)Saenal (11B13052)Rizka Fardha (11B13055)
PENDIDIKAN BIOLOGIPASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR2011
 
2
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Interaksi edukatif adalah sebuh interaksi yang tidak pernah sepi darimasalah. Perencanaan yang di anggap selesai dengan baik, ternyata dalampelaksanaannya terkadang ditemui masalah yang tak terduga sebelumnya. Di sisilain, permasalahan juga muncul pada anak didik kurang mampu menerapkanperolehannya, baik berupa pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai kedalam situasi yang nyata dan berlainan. Kebanyakan anak didik hanya menerimainformasi dan kurang dapat memahami hubungan dengan dunia lingkungannya.Hal ini di sebabkan bahan pelajaran yang di berikan oleh guru dalambentuk penjelasan kurang atau tidak di kaitkan dengan situasi lingkungan nyata.Sebanyak apapun bahan yang di berikan kepada anak didik, maka anak didik akankurang mampu menerapkan perolehannya itu, bila guru menjelaskan bahanpelajaran tidak dikaitkan dengan situasi nyata yang sedang dihadapi dan dirasakanoleh anak didik.
1.2 Rumusan Masalah
2.1 Pengertian Interaksi Edukatif 2.2 Prinsip
 – 
prinsip Interaksi Edukatif 2.3 Tahap
 – 
tahap Interaksi Edukatif 2.4 CBSA dalam Interaksi Edukatif 2.5 Pola Pelaksanaan Ketempilan Proses dan CBSA2.6 Keberhasilan Interkasi Edukatif 
1.3 Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dari pembahasan ini yaitu agar kita bisa mengetahui caramendidik yang baik.dengan cara melakukan interaksi eduktif antara guru dengananak didik dalam rangka mencapai tujuan.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian Interaksi Edukatif 
Interaksi edukatif adalah sebuah interaksi belajar mengajar, yaitusebuahproses interaksi yang menghimpun sejumlah nilai (norma) yang merupakansubstansi sebagai medium antara guru dengan anak didik dalam rangka mencapaitujuan.Dalam interaksi edukatif ada dua buah kegiatan yakni kegiatan guru disatu pihak dan kegiatan anak didik di lain pihak. Guru mengajar dengan gayanyasendiri dan anak didik belajar dengan gayanya sendiri. Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga belajar memahami suasana psikologi anak didik dan kondisi kelas.Dalam mengajar, guru perlu memahami gaya-gaya belajar anak didik.Kerelevansian gaya-gaya mengajar guru dengan gaya-gaya belajar anak didik akan memudahkan guru menciptakan interaksi edukatif yang konsif. N.AAmetembun, (1985) mengatakan bahwa suatu interaksi yang harmonis terjadi biladalam prosesnya tercipta keselarasn, keseimbangan, keserasian antara keduakomponen itu, yaitu guru dan anak didik.Banyak kegiatn yang harus guru lakukan dalam interaksi edukatif,diantaranya memahami prinsip-prinsip interaksi edukatif, menyiapkan bahan dansumber belajar, memilih metode, alat, dan alat bantu pelajaran, memilihpendekatan, dan mengadakan evaluasi setelah akhir kegiatan pelajaran. Semuakegiatan yang di lakukan guru harus di dekati dengan pendekatan sistem. Sebabpengajaran adalah suatu sistem yang melibatkan sejumlah komponen pengajaran.Tidak ada satu pun dari komponen itu dapat guru abaikan dalam perencanaanpengajaran, karena semuanya saling terkait dan saling menunjang dalam rangkapencapaian tujuan pengajaran.Interaksi edukatif adalah hubungan dua arah antara guru dan anak didik dengan sejumlah norma sebagai mediumnya untuk mencapai tujuan pendidikan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->