Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mengganti Kampas Rem Roda Depan

Mengganti Kampas Rem Roda Depan

Ratings: (0)|Views: 43 |Likes:
Published by Suhartono Mbell

More info:

Published by: Suhartono Mbell on Nov 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/19/2013

pdf

text

original

 
http://maruzar.blogspot.com/2012/01/mengganti-kampas-rem-roda-depan-pada.html
Mengganti Kampas Rem Roda Depan
Instruksi bergambar ini adalah cara mengganti kampas rem roda depan. Pada kendaraan rodaempat, kampas rem (brake pad) roda depan lebih cepat habis daripada roda belakang. Karenapada saat pengereman, roda depan lebih banyak menyerap energi kinetik dalam mengurangikecepatan kendaraan. Juga karena roda depan menggunakan rem cakram (disc brake) yangmempunyai kampas rem yang lebih kecil dari pada rem tromol (drum brake).Kelebihan rem cakram adalah lebih cepat kering jika basah terkena air dari pada rem tromol.Pada rem cakram lapisan air akan terlempar karena gaya sentrifugal saat roda berputar, sehinggasemakin cepat laju kendaraan semakin cepat pula rem mengering dan berfungsi normal kembali.Rem cakram dapat didesain dengan sudu-sudu fan pada bagian tengahnya yang berfungsimengalirkan udara pendingin, sehingga rem cakram lebih cepat dingin daripada rem tromol.Gambar dibawah memperlihat rem cakram yang baru dicuci dengan air sebelum digantikampasnya.Pada rem tromol, karena bentuk tromol tersebut maka air cenderung mengumpul pada bagiandalam tromol sehingga sulit mengering. Untuk mengeringkan tromol rem yang basah, misalsehabis melewati jalan banjir, maka injak rem setengah atau rem tangan ditarik setengah sambilmenjalankan kendaraan, air pada tromol akan menguap karena panas gesekan kampas remdengan tromol. Rem tromol mempunyai kampas rem yang jauh lebih besar sehingga lebihpakem, walau dengan gaya tekan rem yang lebih kecil, karena itulah piston pada rem tromol jauhlebih kecil daripada piston rem cakram. Kampas rem tromol (sepatu rem, brake shoe, brakelining) jauh lebih awet dari kampas rem cakram.Karena pertimbangan diatas itulah saat ini didesain kendaraan dengan rem tromol dibagianbelakang, rem tromol bekerja baik walau dengan gaya tekan rendah sehingga cocok sebagai remparkir. Rem tromol umumnya berharga lebih murah dari rem cakram, sehingga harga kendaraanakan lebih terjangkau. Sedangkan rem cakram ditempatkan di roda depan agar selalu pakemwalaupun baru saja terkena air.Kampas rem depan diganti apabila ketebalannya sudah menipis dibawah 3 mm atau 1/8 inchi.Pada beberapa kendaraan, kampas rem mempunyai pelat yang jika menyentuh dan bergesekandengan cakram akan menimbulkan bunyi seperti ada plat bergesek saat kendaraan berjalan.Bunyi inilah digunakan sebagai peringatan untuk segera mengganti kampas rem.
 
 Pada kendaraan yang diambil fotonya disini, penggantian kampas rem dilakukan pada 70.150km, atau sekitar 44.000 mile, kampas rem belum pernah diganti sejak kendaraan ini masih baru.Pemakaian kampas rem bergantung kondisi operasional.Ketebalan kampas rem juga dapat diintip dari celah-celah roda (wheel spokes), sebagaimanagambar dibawah panah kuning menunjukkan kampas rem yang sudah aus.Gambar dibawah memperlihatkan kampas rem yang sudah aus disebelah kiri, dan kampas remyang masih baru di sebelah kanan. Jika masih baru ketebalan kampas sekitar 10 mm atau 3/8inchi. Pelat yang terpasang pada kedua kampas rem (di foto di bagian atas) adalah pelat indikatoryang akan berbunyi jika menyentuh dan bergesekan dengan cakram untuk menandakan kampasrem sudah harus diganti. Kampas yang mempunyai pelat indikator adalah kampas untuk posisibagian dalam atau kampas yang langsung ditekan piston.Kadang terjadi keausan yang tidak sama pada kampas rem, hal ini bisa terjadi karena adanyakotoran yang membuat mekanisme kaliper macet. Sehingga salah satu kampas selalu tertekandan menggesek cakram.Berikut ini adalah prosedur untuk mengganti kampas rem roda depan yang diterapkan padaHonda City i-DSI. Tapi dengan sedikit penyesuaian, bisa diterapkan pada kendaraan lain.Parkirkan kendaraan, ganjal roda untuk membantu rem parkir. Dongkrak roda depan yang akandiganti kampas remnya. Pastikan keamanannya, sebaiknya menambahkan jackstand karenadongkrak bisa rubuh. Bisa juga dengan masukkan atau roda yang sudah dilepas kebawahkendaraan agar jika dongkrak rubuh maka roda akan menahan kendaraan agar tidak rubuh, lihatgambar di bawah ditempat kayu diatas roda dibawah body kendaraan untuk membantu dongkrak.
 
 Sesudah roda terlepas, check jika ada kebocoran minyak rem, ditandai dengan adanya komponenyang basah oleh tetesan minyak rem. Jika ada kebocoran pada seal piston maka akan terlihatlembab atau basah di sekitar rumah piston, karena tetesan minyak rem jatuh ke bawah maka akanterlihat basah di bagian bawah rumah piston. Kebocoran juga bisa terjadi pada nipel, dansambungan saluran rem, periksa apakah ada bagian yang basah pada komponen-komponentersebut.Kebocoran minyak rem juga dapat terjadi pada master cylinder atau silinder pedal.Bersihkan spakbor dan semua komponen roda termasuk suspensi dan steering dengan semprotanair agar memudahkan pekerjaan.Gambar paling atas menunjukkan rem cakram yang baru saja dibersihkan dengan air, terlihatbeberapa bagian masih basah. Rem cakram bekerja dengan menekan atau menjepit kampas dikedua sisi cakram. Kampas selalu menyentuh permukaan cakram, saat pengereman maka pistonakan menekan kedua kampas menjepit sisi kiri dan sisi kanan cakram. Jadi pada rem cakram,kampas rem nyaris tidak bergerak, hanya tekanan jepitannya saja yang dinaikkan disaatpengereman.Sedangkan pada rem tromol, sepatu rem tidak selalu menyentuh tromol. Saat pengereman, pistonmendorong sepatu rem untuk bergerak keluar dan menyentuh sisi dalam tromol, lalu tekananpiston pada sepatu rem akan menentukan kekuatan pengereman. Jika sepatu rem tromol selalumenyentuh permukaan di dalam tromol, maka rem akan menjadi panas dan macet. Itulahsebabnya rem tromol memerlukan penyetelan.Sesudah roda dilepas, dari lubang yang ada dibagian penjepit rem (caliper) dapat terlihat kampasrem yang sudah tipis sebagaimana foto dibawah yang ditunjuk panah kuning, ketebalan kampasdapat diukur melalui lubang ini untuk memastikan penggantian.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->