Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 135|Likes:
Published by Yogi Aee
this doc is my work of programmer
this doc is my work of programmer

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Yogi Aee on Nov 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang Masalah
Teknologi Informasi (TI) kini berkembang pesat, hal ini memacumanusia untuk berpikir lebih maju dan praktis. Manusia menginginkan segalasesuatu dilaksanakan dengan cepat dan tepat. Dengan alasan itulah perusahaanmenggunakan teknologi komputer sebagai alat bantu manusia dalam melakukanaktifitasnya. Teknologi Komputer makin banyak digunakan, mengingat semakinrumitnya proses pengolahan data, dan untuk mempermudah proses-proses yangdilakukan, maka dibuat suatu perencanaan sistem yang mengacu pada pengolahandata secara efisien dan efektif yang diimplementasikan pada suatu programdengan tujuan agar para pengguna dapat mudah dalam pengolahan data untuk mendapatkan suatu informasi yang cepat dan tepat.Dari uraian diatas, merasakan bahwa pengolahan data-data yang ada padasistem masih terdapat suatu keterbatasan dalam pendisposisian surat pada BiroUmum Sekretariat Daerah (SETDA) Provinsi JATIM akan menghambat dalam pengerjaan tugas. Untuk mengatasi hal tersebut, akan diperlukan perubahan secaramenyeluruh terhadap keterbatasan sistem yang ada menjadi sistem kerja yangsedikit dinamis.Pada Biro Umum SETDA Provinsi JATIM adalah salah satu instansi pemerintahan yang terletak di Jl. Pahlawan No.110 Surabaya yang mempunyaitugas pokok yaitu mewakili segala urusan yang terkait dengan Gubernur sesuaidengan Perda Nomor 20 tahun 2000.Sistem pendisposisian surat pada Biro Umum SETDA Provinsi JATIMmasihlah kurang sempurna. Pendisposisian kurang dinamis, seperti penambahan pada tujuan dan klasifikasi surat dan juga laporan disposisi surat. Jika terdapat penambahan pada tujuan atau klasifikasi pada disposisi surat, harus memanggil programmer untuk menambah datanya, sehingga akan memakan waktu lama danmenambah biaya. Dalam hal pembuatan laporan, pada Biro Umum SETDA1
 
2Provinsi JATIM ini belum terdapat sistem pelaporan, sistem yang ada disanahanya sistem
 searching 
saja, yaitu hanya mencari surat yang dicari kemudianmengetahui status dari surat tersebut, apakah sudah terdiposisi ataukah tidak.Sistem pengembangan pendisposisian surat yang dibuat ini diharapkandapat menutupi kekurangan atau permasalahan yang ada, yaitu dapatmempercepat dalam proses pendisposisian surat dan itu dapat memberikan sebuahlaporan atau informasi yang dibutuhkan pada instansi tertentu.1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat diperoleh suatu rumusanmasalah, yaitu :1.Bagaimana pembuatan sistem informasi pendisposisian surat yang dapatmenambah tujuan dan klasifikasi surat.2.Bagaimana pembuatan sistem yang dapat memberikan suatu informasi suratyang masuk perharinya atau informasi asal surat yang sudah masuk dalam pendisposisian surat.
1.3.Batasan Masalah
Batasan masalah dalam pembuatan sistem pendisposisian surat ini adalahsebagai berikut :1.Sistem dibuat dengan platform berbasis webdan menggunakan database
 Mysql 
dalam pembuatan sistem pendisposisiansurat, dengan menggunakan bahasa pemograman
 PHP 
.2.Sistem ini hanya mengolah disposisi suratmasuk dengan menampilkan disposisi surat yang dibutuhkan.3.Sistem ini menampilkan data laporan suratmasuk pada tanggal tertentu, informasi jumlah surat masuk dan total suratkeseluruhan.
1.4.Tujuan
Adapun Tujuan dari pembuatan sistem aplikasi Pendisposisisn Surat iniadalah sebagai berikut:
 
31.Membuat sebuah sistem yang dinamis, yaitu dapat menambahkantujuan dan klasifikasi dalam pendisposisian surat.2.Membuat sebuah sistem yang dapat memberikan informasi surat yang masuk  perharinya atau informasi asal surat yang sudah masuk dalam pendisposisiansurat.
1.5.Manfaat
Kontribusi yang diharapakan dalam pembuatan sistem aplikasi pendisposisian surat adalah:1.Pihak Biro Umum dan pihak luar Biro Umum dapat mengetahui informasidisposisinya dengan cepat.2.Mempermudah proses penambahan data master seperti tujuan, kota, asalataupun klasifikasi surat.3.Pihak Biro Umum dapat informasi mengenai jumlah surat dispsisi yangmasuk pada hari yang diminta dan juga mendapatkan informasi berdasarkanasal surat yang masuk, apakah surat tersebut terdisposisi ataukah belum.
1.6.Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan terdiri dari dalam lima bab, yaitu pendahuluan,gambaran umum perusahaan, landasan teori, deskripsi pekerjaan dan pembahasanserta penutup. Berikut penjelasan masing-masing bab beserta sub bahasannya :
BAB I: PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi tentang hal yang menjadi latar belakang permasalahan, inti dari permasalahan disebutkan pada perumusanmasalah, pembatasan masalah yang menjelaskan tentang batasanmasalah dari sistem yang dibuat agar tidak keluar dari ketentuan yangditetapkan, tujuan dari penelitian ini diharapkan mendapatkan pengalaman dan hasil yang dicapai.
BAB II:GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Pada bab ini berisi tentang gambaran umum atau sejarah daripada BiroUmum SETDA Provinsi JATIM SURABAYA serta struktur organisasinya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->